Cara Memilih Mesin Cuci Sesuai dengan Selera dan Budget yang Dimiliki

Gambar
Di jaman modern ini setiap orang memiliki kesibukan yang cukup padat sehingga tidak memiliki waktu yang cukup untuk melakukan kegiatan dasar rumah tangga, misalnya mencuci. Dengan kehadiran mesin cuci tentu hal ini sangat membantu dan meringankan beban khususnya beban ibu-ibu rumah tangga dalam mencuci. Tahu mesin cuci kan?

Mengganti DVD Drive di Laptop dengan Port USB 3.0, apakah bisa?

Sebuah ide muncul dalam benak saya beberapa hari terakhir ini. Ide ini adalah mengganti dvd drive laptop dengan usb 3.0. Terdengar aneh ya? ya memang demikian. Namun tidak ada salahnya dicoba. 

Jadi jika teman-teman mengikuti blog ini, tentu sudah tahu bahwa saya selalu berkutat dengan acer aspire 4736z. Ya saya selalu setia dengan laptop ini karena ya memang laptop ini masih layak dipakai. Walaupun sebenarnya sudah bergonta-ganti part, namun layak dipertahankan karena untuk mendapatkan part-nya cukup mudah.

Baca tulisan sebelumnya: Mengganti Motherboard Acer Aspire 4736Z dengan Acer 4736

Ide ini terinspirasi dari sebuah video di youtube dimana youtuber tersebut memang storage tambahan di laptopnya tetapi tidak menggunakan hdd caddy. Seperti kita ketahui bersama jika ingin menambahkan storage di laptop maka storage yang ditambahkan dipasang melalui slot dvd dengan menggunakan hdd caddy. 

Nah yang dilakukan oleh youtuber ini adalah dengan membongkar dvd drive laptopnya dan memasang hardisk di dalamnya. Tentu saja cara ini melibatkan solder-menyolder, artinya dibutuhkan skill soldering. Namun bagi saya hal ini sangat menarik untuk dilakukan. 

Saya berasumsi jika untuk memasang ekstra hardisk bisa dilakukan cara seperti itu maka bisa juga jika ingin menambahkan usb port tambahan, khususnya usb port 3.0. Bagaimana caranya?

Ya tentu saja paham mengenai jalur data dan power pada slot dvd dan pada kabel usb. Jika sudah paham maka sudah pasti bisa dicoba ya. Saya sempat membaca di salah satu website yang membahas mengenai jenis sata yang dipakai pada slot dvd laptop. Jika diamati secara fisik slot sata untuk dvd ini berbeda dengan slot sata pada slot sata utama. Oleh karena itu hardisk tidak bisa dipasang langsung di slot sata ini.

Video di bawah ini adalah referensi yang menginspirasi saya untuk ingin menambah port usb di laptop saya.


Juga termasuk video di bawah ini.


Jika merujuk pada dua video di atas, maka bukan hal yang mustahil jika kita bisa menambahkan port usb tambahan di laptop dengan cara mengambil slot dvd.

Saya bahkan sudah melakukan pencarian di marketplace mengenai jenis usb 3.0 apa yang bisa saya tambahkan. Sederhananya saya berfikir, maka usb hub adalah pilihan yang tepat. Jadi yang mungkin bisa dilakukan adalah dengan membeli usb hub yang tipis, memiliki ketebalan yang sama atau lebih tipis dari dvd room laptop sehingga bisa masuk di sana.

Kurang lebih gambaran usb port yang mendekati perkiraan saya adalah yang seperti gambar di bawah ini.
Jadi yang perlu dilakukan adalah tinggal potong saja ujung kabel usb male-nya kemudian solder di slot sata milik dvd room, tentu saja mengikuti panduan jalur data dan power pada dvd room. 

Pertanyaannya, apakah bisa?


Saya juga tidak tahu, karena baru berangan-angan saja. Masih perlu diuji coba dengan trial dan error. Jika ada teman-teman pembaca ingin mencoba, maka monggo dicoba duluan ya.

Bagaimana jika bisa?

Wah sangat keren sekali. 
Semoga tulisan ini memberi inspirasi.


Komentar

Postingan populer dari blog ini