Cara Memilih Mesin Cuci Sesuai dengan Selera dan Budget yang Dimiliki

Gambar
Di jaman modern ini setiap orang memiliki kesibukan yang cukup padat sehingga tidak memiliki waktu yang cukup untuk melakukan kegiatan dasar rumah tangga, misalnya mencuci. Dengan kehadiran mesin cuci tentu hal ini sangat membantu dan meringankan beban khususnya beban ibu-ibu rumah tangga dalam mencuci. Tahu mesin cuci kan?

Mengganti Motherboard Acer Aspire 4736Z dengan Acer 4736

Adakah teman-teman di sini yang menjadi pemilik laptop legend ini, acer aspire 4736z? Jika iya, maka sudah tepat sekali jika kamu mampir di blog ini. Mengapa? karena pada tulisan ini saya akan membahas mengenai penggantian mobo dari laptop acer 4736z ini dengan mobo acer 4736. 

Mengapa di ganti? Nah jika ingin tahu ceritanya, sebaiknya simak video di bawah ini sebelum lanjut membaca.


Gimana, sudah selesai menontonnya? Jika sudah maka yuk lanjut membaca tulisan ini.

Jadi pada intinya laptop saya ini, acer aspire 4736z rusak dikarenakan beberapa minggu tidak dinyalakan sama sekali karena saya karantina covid-19. Sampai akhirnya saya pulang ke Indonesia, laptop ini masih saya bawa. 

Setelah di Indonesia, saya sempat membawa laptop ini ke jasa servis laptop, namun dikarenakan saya harus segera pindah ke Bali, jadi mau tidak mau laptop saya tarik dari jasa servis dan saya bawa ke Bali dengan maksud akan saya servis di Bali saja.

Berdasarkan informasi yang saya dapat dari hasil browsing alias tanya-tanya mbah google, yaitu laptop dengan ciri-ciri mati dengan sendirinya karena sudah tidak dipakai dalam jangka waktu tertentu adalah kerusakan pada IC yang disebut dengan NEC TOKIN. 

Katanya penyakit ini merupakan penyakit umum laptop jadul acer yang memakai NEC TOKIN. Jadi nec tokin ini adalah IC yang memberi daya pada prosesor laptop, karena posisinya juga ada di bawah prosesor. Ya kurang lebih seperti itu gambarannya. Namun bisa saja terjadi pada kerusakan lainnya. 

Karena jika memang kerusakan pada nec tokin saja, seharusnya tukang servis di jogja bisa saja langsung menggantinya, namun pada faktanya, setelah 2 minggu laptop ada di servisan, jasa servis tidak bisa memperbaiki. 

Biaya Servis

Berapa sebenarnya biaya servisnya? Jadi uniknya dari dulu-dulu biaya servis laptop di jogja itu kisaran antara harga 400-500 ribu rupiah. Murah atau mahal ya?

Jadi seperti yang saya bilang di awal, karena saya harus buru-buru ke Bali, saya tarik laptop dari tempat servis. Tidak bayar sih, hanya saja ternyata baterai CMOS laptop saya hilang aka mungkin sempat dilepas sama tukang servisnya dan lupa pasang lagi. 

Pikir saya dengan biaya servis yang cukup mahal bagi saya, saya iseng-iseng browsing mencari penjual mobo laptop yang sama, acer aspire 4736z. Dapatlah saya penjualnya yang menjual dengan harga yang kurang lebih sama dengan biaaya servis. Saya membeli mobo dengan harga 490 ribu rupiah yang di dalamnya sudah ada prosesor Core 2 Duo, heatsink dan ram 1 Gb, lumayan kan.

Setelah saya menerima kiriman mobo acer aspire 4736z dari marketplace, langsung saya coba dirumah dan ternyata sehat. Maka langsung saja saya pasang. Dalam hitungan setengah jam laptop saya sudah menyala. Ternyata prosesor yang disertakan dalam mobo tersebut adalah Core 2 Duo T6500. 

Proses Ganti Mobo

Gimana proses pemasangannya, simak lagi videonya ya, di bawah ini adalah vlog pemasangannya.

  

Review:

Jadi setelah menyala ternyata mobo yang saya dapatkan bukan mobo 4736z, tapi mobo 4736 (tanpa z ya). Kemudian selang beberapa hari laptop dipakai saya bongkar lagi karena saya kurang puas dengan prosesor bawaan mobo ini. Jadi prosesornya saya ganti dengan prosesor yang T6670 yang sudah saya miliki sebelumnya dan prosesor T6500 bawaan mobo yang saya beli saya pensiunkan. 

Sampai hari ini laptopnya lancar-lancar saja tanpa pernah error. Semoga tidak akan rusak lagi. Bahkan setelah saya pakai on dari pagi sampai sore tidak ada masalah. Laptop ini saya pakai untuk edit video juga, walaupun grafisnya kurang mendukung namun lancar-lancar saja. 

Semoga sharing ini bermanfaat. 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini