Upgrade Prosesor Acer Aspire 4736Z

Laptop telanjang
Jika sudah hobi maka apapun akan dilakukan untuk memnuhi hobi tersebut. Tidak hanya anda namun juga termasuk saya. Jika anda pemakai Acer Aspire 4726Z maka lanjutkan membaca sampai selesai. Jika laptop anda selain laptop ini, anda boleh berhenti samapi disini saja, dan jika anda lanjut membaca sampai selesai saya sangat berterimakasih.


Nah berkaitan dengan hobi, maka beberapa bulan yang lalu saya melakukan upgrade prosesor laptop jadul yang saya miliki. Kebetulan laptop jadul saya adalah Acer Aspire 4736Z.

Sebelumnya laptop ini hanya membawa spesifikasi yang terbatas. Adapun Spesifikasinya adalah:
Layar LED 16:9 14 inchi
Prosesor Intel Pentium T4500 2.3 Ghz 800 Mhz FSB
VGA Intel GMA 4500M
2GB RAM
640 GB HDD
Baterai 6 Cell
DVD Multi
Wifi
Bluetooth, de el el.

Nah itulah sekilas spesifikasi Acer 4736Z yang saya miliki. Kerusakan pertama yang saya alami adalah hardisknya jebol karena kecerobohan saya. Kerusakan hardisk dikarenakan saya mengendarai motor  dengan agak ngawur. Tanpa memperdulikan kondisi jalan saya asal terobos saja, sehingga laptop yang menggantung di punggung saya saat itu kerap kali terbentur ke punggung. Sampai akhirnya OS memberikan notifikasi bahwa ada masalah pada hardisk.

Kerusakan kedua adalah pada keyboard. Kerusakan ini tidak tahu juga apa penyebabnya. Namun yang jelas setelah dipakai oleh teman saya dengan agak brutal, yaitu mengetik denganmenekan tombol keyboard dengan tekanan-tekanan yang cukup keras, maka keesokan harinya keyboard menjadi error.Setelah coba diperbaiki beberapa kali namun gagal, maka mau tida mau harus dibelikan penggantinya.

Kerusakan selanjutnya adalah webcam dan mikrofon. Entah dari mana, tidak ada hujan tidak ada angin tiba-tiba saja webcam menghasilkan gambar yang amburadul. Begitu juga dengan mikrofon tidak bisa dipakai untuk merekam suara,  karena menghasilkan noise yang cukup tinggi. Kedua kerusakan ini sampai saat ini masih bertahan. Ini dikarenakan agak susah mencari modul camera dan mikrofon intuk laptop jadul ini.

Kembali ke masalah prosesor, jadi sebelum mengganti prosesor sekitar bulan Oktober 2016 lalu, saya sudah membeli prosesor pengganti setahun sebelumnya. Mengapa sampai 1 tahun? Karena tidak punya cukup waktu untuk melakukan penggantian.

Nah bagaimana saya mengganti prosesor laptop jadul ini, silahkan tonton langsung saja di video di bawah ini. Kebetulan saat bongkar-bongkar saya sempatkan untuk merekam videonya.


O ya tambahan lagi. Laptop ini sudah mengalami drop baterai juga. Sudah lama sekali. Saat itu sebagai cadangan saya membeli baterai baru seharga 240 ribu rupiah jika tidak salah ingat. Kemudian setahun selanjutnya saya membeli cell baterai saja.

Jadi baterai asli bawaan laptop saya refill dengan cell baterai yang baru. Jadi bisa dikatakan saat ini laptop saya memiliki 2 baterai. Mengapa harus punya dobel baterai? Karena di tempat saya tinggal sekarang, listrik byarpet adalah kendala utama. Jadi punya baterai extra untuk laptop sangat-sangat membantu sekali.

Jadi spek laptop saya saat ini adalah:
Layar LED 16:9 14 inchi
Prosesor Intel Pentium T6670 2.2 Ghz 800 Mhz FSB
VGA Intel GMA 4500M
8 GB RAM
1 TB HDD
Baterai 6 Cell dobel
DVD Multi
Wifi
Bluetooth, de el el.

Sayangnya adalah VGA laptop ini tidak bisa di upgrade. Jadi VGA masih bertahan di GMA 4500M 64 MB. Kedepannya ada rencana untuk membeli docking VGA eksternal sehingga bisa digunakan untuk main game yang membutuhkan spek VGA tinggi.


Semoga laptop jadul tercinta panjang umur. Jika anda memiliki laptop yang sama dengan saya...berarti kita saudara jauh ya...hehe.

Comments

  1. prosesor diganti bedanya apa om? bisa beli dimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya untuk tingkatkan performa aja mas. Bisa beli online di kaskus. dulu saya beli di kaskus mas

      Delete

Post a Comment