Cara Memilih Mesin Cuci Sesuai dengan Selera dan Budget yang Dimiliki

Gambar
Di jaman modern ini setiap orang memiliki kesibukan yang cukup padat sehingga tidak memiliki waktu yang cukup untuk melakukan kegiatan dasar rumah tangga, misalnya mencuci. Dengan kehadiran mesin cuci tentu hal ini sangat membantu dan meringankan beban khususnya beban ibu-ibu rumah tangga dalam mencuci. Tahu mesin cuci kan?

Cara Memperbaiki Partisi Hardisk dari RAW ke NTFS Tanpa Format Total

Sesuai dengan judul, pada tulisan ini saya akan membahas cara memperbaiki partisi hardisk yang berubah menjadi format RAW agar bisa menjadi partisi NTFS lagi tanpa melakukan format jadi dan data-data juga tidak hilang. Jadi tidak pakai lama lah, singkat dan tidak membuang-buang waktu berharga kamu.

Apa yang saya tuliskan ini berdasarkan pengalaman menghadapi permasalahan seperti ini. Jadi untuk tahu permasalahan dan apa yang sudah saya lakukan dalam berusaha menyelesaikannya silahkan mampir ke postingan saya sebelumnya.

Baca ini juga ya: Cara Recovery Data dari Partisi Hardisk yang Rusak

Baiklah langsung saja ya. 

Untuk mengembalikan format partisi hardisk dari RAW ke NTFS tanpa melakukan format ulang, maka kamu membutuhkan aplikasi yang namanya Mini Tool Partition Wizard. Saya sempat mencoba menggunakan EasyUS Partition Master, namun sayang sekali saya tidak mendapatkan menu yang bisa saya pakai untuk memperbaiki partisi hardisk, karena aplikasi ini sudah terinstal di laptop saya. Jadi mau tidak mau saya harus menggunakan Mini Tool Partition Wizard. 

Wah saya kan belum punya aplikasinya? 

Ya download saja dulu, ketik di google dengan kata kunci Mini Tool Partition Wizard, maka kamu akan dapat link downloadnya. Silakan di download dulu, kemudian install. Pakai versi gratis tidak apa-apa, bisa kok dipakai. Kalau saya sendiri menggunakan Hiren's Boot Usb disk, jadi Hiren's boot CD yang sudah saya masukkan ke flashdisk. 

Sudah terintsal Mini Tool Partition Wizardnya? Okay jika sudah langsung saja kita mulai ya.

Pertama

Buka aplikasi Mini Tool Wizard. Jika sudah terbuka maka akan menampilkan daftar hardisk beserta partisinya. Nah di sinilah kita harus memilih partisi yang akan diperbaiki. Kurang lebih tampilannya seperti gambar di bawah ini.


Kedua

Jika sudah melihat tampilan seperti di atas, selanjutnya pilih partisi yang akan diperbaiki. Misalnya dalam kasus yang saya hadapi partisi yang akan diperbaiki adalah partisi E pada disk 2. Kemudian pada sebelah kiri dari aplikasi, dimana terdapat banyak menu, pilih menu dengan nama Chek File System, maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.

Ketiga

Pada tampilan di atas, pilih radio box bagian bawah yang bertuliskan Check & Fix detected Error dan klik menu Start, selanjutnya tunggu sampai proses scanning dan fixing sampai selesai. Tidak akan memakan waktu yang lama kok, jadi kamu masih sempat untuk buat kopi dan duduk menunggu proses perbaikan selesai. 

Selama proses scanning, menu Start dan Cancel tidak akan aktif dan jika sudah selesai maka menu Start dan Cancel akan aktif lagi.

Keempat

Jika menu Start sudah aktif lagi artinya proses perbaikan sudah selesai. Jendela ini bisa ditutup dan aplikasi Mini Tool Partition Wizard juga bisa di tutup. Kamu bisa cek langsung File Explorer untuk memastikan partisi yang tidak bisa diakses sudah bisa di akses seperti gambar di bawah ini.


Perhatikan pada bagian partisi E yang disorot dengan kursor, terlihat bahwa partisi sudah bisa kembali seperti semula. Artinya partisi ini sudah bisa diakses lagi dan file-file tidak hilang.

Nah itulah cara mengembalikan atau memperbaiki partisi hardisk yang berubah menjadi RAW menjadi kembali ke format NTFS tanpa kehilangan file dan tanpa format. Cara ini juga bisa diterapkan pada usb drive dan pada card reader juga lho. 

Jadi kamu jika mengalami masalah dimana partisi hardisk kamu menjadi format RAW dan tidak bisa diakses sama sekali, sebaiknya kamu jangan panik. Ikuti saja langkah-langkah yang saya tuliskan pada tulisan ini, semoga media penyimpanannya bisa kembali normal tanpa format total.

Semoga tulisan ini bermanfaat, silakan tonton video ini agar lebih paham.


Komentar

  1. Saat remot kunci mobil macet tidak perlu bingung karena bisa memanggil montir dengan menggunakan software repair

    BalasHapus
  2. Halo kak, apakah ada kontak yang dapat dihubungi untuk pengajuan kerja sama?
    Terima kasih

    BalasHapus
  3. masssss terimakasih yaaaa ... jazakaahu kheirrr .. semoga Allah balas kebaikan mas .. aamiin ...

    BalasHapus
  4. Saya sudah mencobanya. Namun yang muncul CHDSK Aborted. Mohon pencerahannya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini