Cara Memilih Mesin Cuci Sesuai dengan Selera dan Budget yang Dimiliki

Gambar
Di jaman modern ini setiap orang memiliki kesibukan yang cukup padat sehingga tidak memiliki waktu yang cukup untuk melakukan kegiatan dasar rumah tangga, misalnya mencuci. Dengan kehadiran mesin cuci tentu hal ini sangat membantu dan meringankan beban khususnya beban ibu-ibu rumah tangga dalam mencuci. Tahu mesin cuci kan?

Cara Memotong Acrylic dengan Cutter

Acrylic lembaran. (kaskus)

Sudah membaca tulisan saya tentang tempat membeli akrilik (acrylic) apa belum? Kalau belum silakan mampir ke postingan Dimana Membeli Acrylic di Jogja. Jika sudah maka lanjutkan membaca di sini.

Jadi ada banyak cara untuk memotong acrylic. Memotong acrylic bisa menggunakan laser, gergaji besi, gergaji triplek, gerinda maupun menggunakan cutter khusus acrylic. Namun ternyata memotong acrylic dengan cutter tidak harus menggunakan cutter khusus acrylic. Memotong acrylic bisa juga menggunakan cutter biasa alias cutter kertas yang biasa kita gunakan sehari-hari.

Nah yang ingin saya bagikan pada tulisan ini adalah bagaimana memotong acrylic dengan menggunakan cutter biasa, yang bisa kita temukan di toko-toko kelontong.

Memotong acrylic dengan cutter tidaklah sulit alias gampang. Peralatang pendukung yang dibutuhkan adalah selain cutter sebagai peralatan utama yaitu penggaris. Penggaris baik itu yang plastik maupun penggaris besi. Saya sendiri pada saat memotong acrylic menggunakan bantuan penggaris besi.

Yang terpenting adalah teman-teman harus tahu bagian dari mata cutter. Jadi seperti kita ketahui bersama mata cutter memiliki dua bagian yaitu bagian tajam dan bagian tumpul.  Pasti teman-teman lebih sering menggunakan bagian yang tajam saja bukan?

Nah dalam memotong acrylic kita akan menggunakan kedua-duanya. Jadi pada bagian punggung atau bagian tumpul mata cutter memiliki lekukan di bagian ujungnya. Nah lekukan inilah yang akan digunakan untuk memotong acrylic.

Bagaimana tahapannya? Begini:

  • Ukur dulu acrylic yang akan dipotong sesuai dengan kebutuhan. Akan lebih mudah mengukurnya jika acrylic masih terbungkus kertas.
    Ukur sesuai kebutuhan
  • Buat garis atau bisa langsung tanpa garis. 
  • Tempelkan penggaris pada bagian yang akan dipotong.
  • Gunakan mata cutter yang tajam untuk memotong kertas yang menyelimuti acrylic. Goreskan sekali atau dua kali.
    Buat goresan pada acrylic dengan lekukan pada punggung cutter
  • Kemudian gunakan lekukan pada punggung mata cutter untuk memotong acrylic.
  • Goreskan cutter 20 sampai 30 kali pada acrylic. Saya melakukan sebanyak itu ya, jika mau mencoba di bawah itu, ya silakan dicoba.
  • Pastikan memegang penggaris dengan stabil.
  • Setelah selesai menggoreskan cutter sekitar 30 kali, posisikan acrylic di ujung meja tepat di bawah garis goresan pada acrylic.
    Tekan acrylic sampay menjadi dua di sudut meja
  • Kemudian pegang dengan stabil dan tekan permukaan acrylic pada sudut satunya sampai acrylic terbagi dua. 
  • Acrylic akan terbagi dua tepat pada garis goresan cutter.

Nah kurang lebih seperti itu cara memotong acrylic dengan cutter biasa. Tidak sulit bukan? Selamat mencoba.


Komentar

  1. nais inpo. matur nuwun mas :

    BalasHapus
  2. Nah ini yang saia cari, makasi infonya gan :))

    BalasHapus
  3. Menarik juga blog nya👍👍👍

    BalasHapus
  4. Kalau potong di bagian tengah apakah harus berkali kali hingga cutternya tembus?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau untuk membuat lubang di tengah, susah dengan cara seperti ini mas. Bagusnya pakai laser cutting.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini