Cara Memilih Mesin Cuci Sesuai dengan Selera dan Budget yang Dimiliki

Gambar
Di jaman modern ini setiap orang memiliki kesibukan yang cukup padat sehingga tidak memiliki waktu yang cukup untuk melakukan kegiatan dasar rumah tangga, misalnya mencuci. Dengan kehadiran mesin cuci tentu hal ini sangat membantu dan meringankan beban khususnya beban ibu-ibu rumah tangga dalam mencuci. Tahu mesin cuci kan?

Cara Mengecek Adaptor Laptop, Router atau Perangkat Lainnya Yang Rusak

Adaptor adalah komponen penting dalam sistem listrik yang digunakan untuk mengalirkan daya listrik ke perangkat elektronik seperti laptop, router, dan perangkat lainnya. Kegagalan adaptor dapat menyebabkan perangkat tidak dapat dihidupkan dan dapat merusak perangkat secara permanen. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mengecek apakah adaptor laptop atau router mati atau hidup. 

Berikut adalah beberapa cara untuk mengecek adaptor laptop atau router yang mati atau hidup:

Periksa indikator lampu pada adaptor

Sebagian besar adaptor laptop dan router dilengkapi dengan indikator lampu yang menunjukkan apakah adaptor hidup atau mati. Jika lampu indikator menyala, itu menunjukkan bahwa adaptor hidup dan menyediakan daya ke perangkat. Namun, jika lampu indikator tidak menyala, itu menunjukkan bahwa adaptor mungkin mati atau tidak menyediakan daya ke perangkat. Pastikan bahwa adaptor terhubung dengan benar ke sumber listrik dan perangkat sebelum memeriksa indikator lampu.

Gunakan multimeter

Multimeter adalah alat yang digunakan untuk mengukur tegangan listrik, arus, dan resistansi dalam sebuah rangkaian. Anda dapat menggunakan multimeter untuk mengukur tegangan yang dikeluarkan oleh adaptor laptop atau router. Pastikan bahwa adaptor terhubung dengan benar ke sumber listrik dan perangkat sebelum mengukur tegangan. Untuk mengukur tegangan, hubungkan probe merah pada terminal positif adaptor dan probe hitam pada terminal negatif adaptor. Jika tegangan yang terukur sama dengan tegangan yang tertera pada adaptor, itu menunjukkan bahwa adaptor berfungsi dengan baik.

Tes dengan perangkat lain

Anda dapat menguji adaptor dengan menggunakan perangkat lain yang memerlukan daya yang sama. Misalnya, jika Anda mencurigai adaptor laptop mati, Anda dapat mencoba menghubungkan adaptor ke perangkat lain yang memerlukan daya yang sama seperti ponsel atau kamera digital. Jika perangkat lain berhasil dihidupkan dengan adaptor, itu menunjukkan bahwa adaptor bekerja dengan baik. Namun, jika perangkat lain tidak berhasil dihidupkan, itu menunjukkan bahwa adaptor mungkin mati atau tidak berfungsi dengan baik.

Tes dengan baterai

Jika Anda mencurigai adaptor laptop mati dan tidak dapat menghubungkannya ke perangkat lain, Anda dapat mencoba melepas baterai laptop dan menghubungkan adaptor langsung ke laptop. Jika laptop dapat dinyalakan dengan adaptor, itu menunjukkan bahwa adaptor bekerja dengan baik dan masalah mungkin terletak pada baterai laptop.

Dalam kesimpulan, mengecek apakah adaptor laptop atau router mati atau hidup dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti memeriksa indikator lampu, menggunakan multimeter, menguji dengan perangkat lain, atau menguji dengan baterai. Jika Anda mencurigai bahwa adaptor tidak berfungsi dengan baik, sebaiknya segera ganti dengan adaptor baru agar perangkat Anda tetap berfungsi dengan baik.

Studi Kasus

Saya memiliki router TP-Link MR3220 yang tiba-tiba mati. Karena hal ini mau tidak mau saya harus mengecek apa kerusakannya. Maka langkah awal yang saya lakukan adalah dengan mengecek adaptornya untuk memastikan apakah adaptornya masih normal atau tidak.

Metode yang saya lakukan adalah dengan mengecek menggunakan multitester/multimeter. Caranya:

  • Hubungkan adaptor ke sumber daya.
  • Set multimeter ke voltase DC dengan tegangan 20 Volt (karena tegangan adaptor 9 Volt), jadi harus di atas tegangan yang dimiliki adaptor.
  • Masukkan pin merah multitester ke dalam lobang konektor dan pin hitam tempelkan di luar konektor.
  • Lihat di multitester hasilnya, apakah ada perubahan angka voltase.

Jika ada arus maka multitester akan menunjukkan nilai tertentu, dalam kasus saya seharusnya menunjukkan tegangan 9 Volt, tapi tidak ada indikasi tegangan.

Nah bisa diasumsikan router yang saya miliki tidak bisa menyala karena adaptornya yang bermasalah. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk teman-teman yang memiliki permasalahan serupa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini