Cara Memilih Mesin Cuci Sesuai dengan Selera dan Budget yang Dimiliki

Gambar
Di jaman modern ini setiap orang memiliki kesibukan yang cukup padat sehingga tidak memiliki waktu yang cukup untuk melakukan kegiatan dasar rumah tangga, misalnya mencuci. Dengan kehadiran mesin cuci tentu hal ini sangat membantu dan meringankan beban khususnya beban ibu-ibu rumah tangga dalam mencuci. Tahu mesin cuci kan?

Cara Perbaiki Karet Lensa yang Melar

Hello...selamat datang kembali di blog gado-gado jogjaspirit. Postingan kali ini saya akan membahas mengenai cara memperbaiki karet lensa yang melar ya. Jadi lensa maksudnya di sini adalah lensa kamera ya. Mengapa ada bahasan seperti ini?

Jadi beberapa hari lalu saya baru saja memberi lensa bekas yaitu Canon 10-18 mm stm dari salah satu juragan di tokopedia. Jadi lensa yang datang ke saya adalah lensa yang karet ring-nya sudah melar. Karet melar ini sebenarnya tidak terlalu mempengaruhi hasil ya, namun lebih ke kenyamanan saat memakainya saja. 

Jadi biar enak dipegang dan enak dipakai, saya sempat browsing-browsing tentang cara memperbaiki karet lensa yang melar. Sebenarnya ada beberapa cara dalam memperbaiki ini, mulai dari dengan cara menyimpan karet di kulkas selama beberapa menit sampai jam, dengan menambahkan double tape pada lensa dan memasang karet kembali dan dengan cara memotong karet lensa kemudian menempelkannya kembali ke lensa dengan bantuan doubole tape. 

Sebenarnya tidak harus double tape, bisa memakai lem-lem lainnya. Jadi punya banyak pilihan lem untuk menempelkan karet ke lensa.

Namun yang ingin saya bagikan pada tulisan ini adalah tentang cara memperbaiki karet lensa yang melar ini dengan menyimpan karet di dalam kulkas selama beberapa jam, tepatnya saya melakukannya selama 2,5 jam. 

Karena dari video yang saya tonton di youtube, cara ini sangat efektif untuk memperbaiki karet lensa melar tanpa memotong karet tersebut. Jadi saya ingin membuktikannya apakah benar-benar efektif.

Jadi logikanya adalah karet akan melar jika kena panas berlebihan atau secara terus menerus. Untuk karet lensa melar ini bisa karena disimpan di kotak penyimpanan yang terlalu kering sehingga karetnya melar. Namun bisa juga usia pemakaian yang sudah cukup lama, sehingga seiring dengan bertambahnya usia karet lensa menjadi melar.

Jadi dengan disimpan di lemari pendingin karet ini akan menkerut lagi. Nah kurang lebih demikian logikanya.  

Yuk langsung saja.

Pertama; pastikan kamu punya kulkas. Kalau saya, kebetulan di rumah ada kulkas, jadi bisa masuk ke langkah selanjutnya. Namun jika tidak ada kulkas maka bisa alternatif kedua yaitu, numpang ke kulkas tetangga, atau mungkin ke warung terdekat yang punya kulkas, atau lebih bagus lagi jika kamu beli kulkas terlebih dahulu. 

Kulkasnya sudah siap? Ok ayo lanjut ke langkah kedua.

Kedua; Lepas karet lensa dari lensa. Lepas dengan hati-hati ya. Jika sudah terlepas bersihkan karet tersebut jika memiliki debu atau kotoran lainnya yang menempel.

Ketiga; Langsung saja masukkan karet ini ke kulkas. Tunggu misalnya 2 jam. Bahkan katanya 10 menit saja sudah cukup. 

Keempat; Jika sudah dirasa cukup ambil karet dari kulkas. Karet ini perlu di lap sampai kering sebelum dipasang kembali di lensa. Karet yang basang tentu saja tidak bisa dipasang ya. Jika dipaksakan di pasang maka bisa membuat lensa basah dan membuat masalah-masalah lainya.

Kelima; Jika sudah dirasa cukup kering, pasang kembali karet ke lensa. Jika anda beruntung maka karet lensa kembali kencang, tidak kendor lagi.

Namun dari eksperimen yang saya lakukan, tidak ada perubahan. Karet lensa saya masih saya melar seperti sediakala. 

Artinya cara ini tidak memberikan hasil untuk lensa saya. Katanya cara ini tidak efektif untuk karet lensa yang melarnya sudah cukup parah. Namun mungkin efektif untuk lensa yang melarnya tidak terlalu parah. 

Jadi demikian ya. Mungkin cara lainnya akan dicoba lain waktu. Tonton video memberbaiki karet lensa di bawah ini.


 

Komentar

Postingan populer dari blog ini