Cara Memilih Mesin Cuci Sesuai dengan Selera dan Budget yang Dimiliki

Gambar
Di jaman modern ini setiap orang memiliki kesibukan yang cukup padat sehingga tidak memiliki waktu yang cukup untuk melakukan kegiatan dasar rumah tangga, misalnya mencuci. Dengan kehadiran mesin cuci tentu hal ini sangat membantu dan meringankan beban khususnya beban ibu-ibu rumah tangga dalam mencuci. Tahu mesin cuci kan?

13 Rutinitas yang Bisa Dilakukan Saat Karantina

13 aktivitas yang bisa dilakukan saat karantina


Tahun 2020 adalah tahun pandemi. Kita semua tentu tidak asing lagi dengan istilah karantina. Karantina artinya kita diisolasi atau mengisolasi diri sendiri dari lingkungan sekitar. Tidak tanggung-tanggung, isolasi yang dilakukan paling tidak 14 hari sampai 1 bulan lamanya.

Kita semua tentu harus mematuhi aturan seperti ini agar rantai penyebaran virus corona ini segera berakhir. Setiap individu harus patuh dan sadar, serta berpartisipasi dalam menekan penyebaran virus corona ini, sehingga pandemi segera berakhir.


Tinggal di dalam rumah berhari-hari, tidak berinteraksi dengan lingkungan sekitar tentu sangat membosankan. Saya sudah mengalami hal seperti ini, dan mungkin teman-teman yang membaca tulisan ini juga sudah mengalami. Untuk menghindari kebosanan dalam suasana isolasi ini, tentu kita harus melakukan aktivitas-aktivitas yang bermanfaat.


Nah pada tulisan saya kali ini saya ingin berbagi tentang beberapa aktivitas yang bisa dilakukan selama karantina, baik karantina mandiri di rumah maupun di fasilitas karantina pemerintah. Ok langsung saja.


BANGUN LEBIH AWAL

Dalam suasana karantina artinya anda tidak melakukan aktivitas keluar rumah. Artinya tidak ada tekanan untuk bangun lebih awal, anda bisa bangun jam berapapun yang anda mau. Namun bukan itu yang harus anda lakukan. Anda harus tetap dan selalu bangun lebih awal. 


Dengan bangun lebih awal anda akan memiliki waktu yang lebih banyak dalam melakukan aktivitas harian. Apalagi jika anda seorang muslim, tentu itu sudah kewajiban bangun subuh untuk melakukan shalat subuh bukan? 


Jadi, tetap biasakan diri untuk bangun lebih awal.


WARMING UP / OLAHRAGA

Karena tidak akan pergi kemana-mana, tentu anda tidak akan dikejar waktu. Nah manfaatkan waktu setelah bangun tidur untuk berolahraga atau sekedar warming up. Berolahraga bisa dilakukan dimana saja bukan? Tidak harus jogging keluar rumah. Minimal di beranda rumah/kamar olahraga juga bisa dilakukan, begitu juga di dalam kamar. 


Olahraga yang bisa dilakukan di dalam ruangan seperti push up, sit up, lari di tempat, skipping dan olahraga lainnya. Paling tidak minimal anda harus melakukan olahraga selama 30 menit. Namun juga jangan melakukan olahraga yang berlebihan, bukannya stamina tambah sehat, bisa-bisa malah sakit keesokan harinya. Jadi tetap ada batasan-batasan waktu yang harus diikuti.

  

MANDI

Nah ini wajib. Selesai olahraga wajib mandi ya. Namun sebelum mandi pastikan keringat kering dulu setelah olahraga. Artinya agar tubuh cooling down dulu. Jika setelah badan berkeringat setelah olahraga dan langsung mandi, itu juga tidak baik untuk kesehatan tubuh. 


SEMBAHYANG

Sembahyang adalah aktivitas yang juga wajib dilakukan, apalagi saat anda melakukan karantina. Tidak karantina saja kita wajib sembahyang ya. Ya kan kita semua mesti berdoa agar pandemi ini segera berakhir dan kita semua, baik anda, saya dan orang-orang di sekitar kita bisa beraktivitas normal seperti sedia kala, ya kan?


Kalau teman-teman muslim bahkan sembahyang dilakukan subuh ya, artinya sudah dilakukan di awal. 

 

YOGA

Nah setelah sembahyang, sebelum sarapan wajib melakukan yoga dan pranayama. Anda tentu tahu yoga asana adalah aktivitas meregangkan tubuh dengan melakukan berbagai pose yang disertai dengan tarikan dan hembusan nafas yang teratur. Yoga asana biasanya akan lebih mantap jika diikuti dengan melakukan pranayama. Mengapa yoga dilakukan setelah mandi dan sembahyang? Mengapa tidak dilakukan setelah bangun tidur?


Jadi dalam melakukan yoga dibutuhkan pikiran yang segar dan tubuh yang bersih, serta tubuh yang tidak kaku. Sebelum melakukan yoga wajib untuk melakukan warming up atau pemanasan tubuh, khususnya agar sendi-sendi pada tubuh menjadi lentur. 


Juga, mengapa yoga dilakukan sebelum makan/sarapan? Karena yoga sangat ideal jika dilakukan dalam kondisi perut kosong. Lakukan yoga paling tidak 1 jam saja. Itu sudah lebih dari cukup. Setiap pose yoga asana minimal dilakukan minimal 2 kali. 


Tidak tahu pose-pose yoga? Buka saja youtube, di sana  banyak sekali video panduan melakukan yoga.


SARAPAN SEHAT DAN TEPAT WAKTU

Nah ini juga tidak kalah penting. Sarapan pagi wajib sarapan sehat ya. Usakaan lebih banyak makan sayuran agar asupan protein di dalam tubuh terjaga dan meningkat. Selebihnya saya yakin anda lebih tahu menu sarapan sehat yang anda butuhkan, karena setiap orang memiliki standar berbeda-beda dalam menu makanannya ya.

 

MEMBACA

Sehabis sarapan bingung mau ngapain? Saya sarankan untuk membaca. Membaca apa saja boleh, untuk menyegarkan pikiran dan mencari ide-ide, sehingga merangsang kreatifitas anda untuk melakukan sesuatu. Siapa tahu kan dengan rajin membaca, tiba-tiba anda mendapatkan ide bisnis yang keren, ataupun ide-ide lainnya. 


Setiap orang tentu memiliki batasan sendiri-sendiri dalam lamanya membaca. Ada yang bisa membaca sampai berjam-jam, ada pula yang baru membaca 30 menit saja sudah bosan. 


Untuk mengatasi kebosanan membaca, sebaiknya pakai skema waktu 30 10. Membaca selama 30 menit dan istirahat 10 menit. Ulangi skema seperti ini, pasti anda akan betah membaca dalam durasi yang lama.


MENULIS

Dengan membaca saya yakin anda akan mendapat sebuah atau dua buah atau tiga buah manfaat dari buku yang anda baca. saat nya menulis. Coba tuliskan kembali hal-hal yang anda ingat dari topik yang dibaca sebelumnya. Menuliskan kembali apa yang sudah dibaca adalah metode yang bagus untuk belajar. Khususnya untuk anda yang masih pelajar, baik SD, SMP, SMA maupun mahasiswa perguruan tinggi. 


Atau bisa juga anda mulai menulis sesuatu dari ide-ide yang didapatkan karena merenung. Untuk memulai menulis tidak harus dengan topik-topik yang berat. Mulai saja dari topik-topik yang ringan. Pokoknya tuliskan saja, jangan khawatir dengan kesalahan yang dibuat selama menulis. Di akhir nanti bisa diperbaiki setelah semua hal yang ada di kepala tertulis.


Yang lebih penting, menulis tidak harus melulu langsung di komputer atau di laptop. Tuliskan saja drafnya di sepucuk kertas atau di buku, atau di smartphone. Gimana? Siap mencoba?


MENONTON FILM KESUKAAN

Nah refreshing juga diperlukan setelah dua atau tiga jam melakukan aktivitas yang produktif. Untuk bagian refreshing ini bisa diisi dengan menonton film kesukaan atau mungkin film terbaru. 

Bukankah sekarang banyak tuh layanan nonton film streaming. Atau jika tidak mau keluar uang untuk menonton layanan film streaming seperti netflix atau layanan lainnya, bisa juga download di beberapa website yang menyediakan link untuk mendownload film. 


Sebenarnya refreshing tidak harus melulu dengan menonton film, bisa juga dilakukan dengan mendengarkan musik kesukaan anda, atau mendengarkan musik-musik instrumen yang lembut.


MAIN MUSIK

Jika anda punya keahlian memainkan salah satu atau beberapa alat musik, maka bakat itu saatnya digunakan untuk membunuh waktu. Bukankah sangat menyenangkan punya waktu untuk bermain musik. 


OLAHRAGA SORE

Selain pagi hari, olahraga juga bisa dilakukan sore hari. Jadi tidak ada salahnya untuk melakukan olahraga lagi pada sore hari. Tidak harus lama-lama, maksimal 1 jam saja sudah cukup kok untuk membuat badan anda berkeringat. 


MENJAGA KEBERSIHAN RUANGAN

Ini yang sangat-sangat perlu untuk dilakukan, yaitu menjaga kebersihan ruangan atau rumah yang ditempati. 


Karena tidak keluar rumah, tentu anda memiliki cukup banyak waktu luang. Nah waktu ini bisa dimanfaatkan juga untuk membersihkan ruangan. 


Misalnya dengan membersihkan jendela, menyapu, mengepel dan aktivitas bersih-bersih lainnya.


MEMASAK

Jika anda memiliki hobi memasak maka tidak ada salahnya mengasah hobi memasak tersebut dengan mencoba menu-menu baru. Anda tentu sudah tahu bukan, di internet banyak sekali bertebaran resep masakan yang bisa anda coba di rumah sambil karantina. Ini jika anda karantina mandiri ya.


O ya tips-tips ini menyesuaikan ya dengan tempat anda di karantina. Untuk beberapa tips tentu bisa hanya dilakukan jika anda melakukan karantina mandiri di rumah masing-masing. Namun jika karantina di fasilitas pemerintah atau misalnya di rumah sakit, tentu tidak semua tips ini bisa diikuti. Jadi menyesuaikan saja. 


Misalnya untuk beberapa hal seperti bangun lebih awal, warming up, mandi, yoga, membaca, menulis tentu bisa dilakukan di mana saja. 


Akhirnya yang paling penting adalah jangan lupa untuk makan makanan yang sehat dan tepat waktu. Serta tidak lupa berdoa dan bersyukur atas semua karunia Tuhan yang diterima. Berdoa untuk semua umat manusia agar pandemi ini segera berakhir.


Bagaimana dengan saya, apa yang saya lakukan untuk mengisi waktu pada saat saya karantina? Nah di bawah ini saya sertakan video mengenai aktivitas yang saya lakukan untuk mengisi waktu selama karantina. Silahkan di tonton, siapa tahu memberi inspirasi.





Komentar

Postingan populer dari blog ini