Cara Memilih Mesin Cuci Sesuai dengan Selera dan Budget yang Dimiliki

Gambar
Di jaman modern ini setiap orang memiliki kesibukan yang cukup padat sehingga tidak memiliki waktu yang cukup untuk melakukan kegiatan dasar rumah tangga, misalnya mencuci. Dengan kehadiran mesin cuci tentu hal ini sangat membantu dan meringankan beban khususnya beban ibu-ibu rumah tangga dalam mencuci. Tahu mesin cuci kan?

Nuansa Upacara Bendera Hari Kemerdekaan India

Nuasa Upacara bendera hari kemerdekaan india

Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia ke 75. Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang nuansa upacara bendera hari kemerdekaan di India. Teman-teman yang mampir ke blog ini pasti ingin tahu bagaimana upacara bendera dilakukan di India dalam rangka memperingati hari kemerdekaan.


Nah teman-teman sudah tahu belum jika hari kemerdekaan India adalah 15 Agustus. Di tahun 2020 ini India merayakan hari kemerdekaan ke-73. Kalau Indonesia tentu teman-teman sudah tahu bahwa negara kita merayakan hari kemerdekaan ke-75 ya.


Ok kembali lagi ke topik. Jadi setelah saya coba ingat-ingat ternyata upacara bendera yang dilakukan di India dalam memperingati hari kemerdekaan maupun hari pentingnya seperti memperingati hari republik atau yang disebut dengan republik day itu berbeda dengan seperti upacara bendera di negara kita, Indonesia. Ya memang setiap negara memiliki cara-cara sendiri dalam melakukan upacara bendera.


Upacara di institusi masing masing

Jadi dalam memperingati hari kemerdekaan ini, sama seperti kita di Indonesia, di India juga ada upacara bendera. Jadi upacara bendera dilakukan di semua institusi pemerintahan dan juga institusi-institusi lainnya termasuk institusi pendidikan. 


Berdasarkan pengalaman saya, di Indonesia dalam memperingati hari kemerdekaan maka upacara bendera akan dilakukan secara bersama-sama misalnya di lapangan kecamatan, kabupaten, propinsi, dan di istana negara. 


Berbeda dengan Indonesia, upacara bendera sebagian besar dilakukan di Institusi masing-masing. Misalnya seperti di kampus saya. Walaupun di alun-alun kota dilakukan upacara bendera yang notabene-nya sangat dekat dengan kampus, namun di kampus saya melakukan upacara sendiri yang dihadiri oleh petinggi kampus, dosen-dosen dan mahasiswa.


Cara pengibaran bendera

Pengibaran bendera di India tidak dilakukan seperti apa yang biasanya kita lihat di Indonesia. Di Indonesia tentu kita sudah biasa melihat bahwa pengibaran bendera dilakukan minimal oleh tiga petugas pengibar bendera. Jika dilakukan di tingkat kecamatan, kabupaten, propinsi bahwa di tingkat nasional dilakukan oleh paskibra.


Jadi pengibaran bendera seperti ini: sebelum upacara bendera, petugas akan mengikat bendera di tali yang ada di tiang bendera. Bendera akan dilipat sedemikian rupa dan di dalamnya akan diselipkan bunga. Bendera dalam kondisi terlipat akan diderek ke puncak tiang bendera. Jadi bendera sudah diposisikan di tiang bendera sebelum upacara bendera dimulai. 


Pada saat upacara bendera tidak ada petugas khusus yang bertugas mengibarkan bendera. Jadi yang mengibarkan bendera adalah orang yang spesifik ditunjuk oleh pembawa acara, bisa itu tamu spesial atau siapapun. Namun biasanya adalah petinggi istitusi tempat upacara dilakukan. Jika upacara di tingkat state dilakukan oleh chief minister dari state tersebut.


Jadi orang yang ditunjuk untuk mengibarkan bendera ini akan maju kedepan dengan seorang pendamping. Jadi yang dia lakukan untuk mengibarkan bendera adalah hanya dengan menarik tali yang mengikat bendera yang sudah ada di puncak tiang bendera. Jadi bendera sudah diikat sedemikian rupa agar saat ditarik talinya maka bendera akan berkibar. Seiring dengan berkibarnya bendera, maka bunga yang ada dilipatan bendera akan berjatuhan.


Setelah pengibaran bendera, biasanya sambil hormat ke bendera maka dinyanyikan lagu kebangsaan India, yaitu Jana Gana Mana. Saat lagu selesai dinyanyikan, maka hormat juga selesai.


Biasanya upacara bendera juga diisi dengan sambutan-sambutan dari beberapa orang. Khusus di kampus saya misalnya, sambutan-sambutan biasanya dilakukan oleh petinggi kampus dan beberapa orang yang berkenan untuk memberi sambutan, termasuk oleh mahasiswa.


O ya, tidak juga ketinggalan menyanyikan lagu Vande Mataram ya, yang merupakan salah satu lagu kebangsaan India. Bahkan jika ada peserta upacara yang ingin menyumbang lagu juga dipersilahkan, biasanya lagu-lagu perjuangan.


Upacara bendera selalu diakhiri dengan bagi-bagi permen ya. Ya bagi-bagi permen ini sebagai bentuk berbagi kebahagiaan.  


Satu hal yang unik juga, dalam merayakan hari kemerdekaan ini, di aula depan kampus saya biasanya hanya dihias dengan pohon pisang dan daun mangga. Mengapa pohon pisang dan daun mangga?


Nah ini saya belum dapat jawabannya. Jadi tidak bisa saya ceritakan dalam tulisan ini. Saya cari informasinya dulu.


Jadi kesimpulannya adalah upacara bendera di India khususnya di institusi-institusi dilakukan dengan cara yang sederhana dan penuh kekeluargaan.



Komentar

Postingan populer dari blog ini