Cara Memilih Mesin Cuci Sesuai dengan Selera dan Budget yang Dimiliki

Gambar
Di jaman modern ini setiap orang memiliki kesibukan yang cukup padat sehingga tidak memiliki waktu yang cukup untuk melakukan kegiatan dasar rumah tangga, misalnya mencuci. Dengan kehadiran mesin cuci tentu hal ini sangat membantu dan meringankan beban khususnya beban ibu-ibu rumah tangga dalam mencuci. Tahu mesin cuci kan?

Kebiasaan Mandi Orang India

Berbicara tentang mandi ataupun tentang aktifitas keseharian lainnya seperti tidak ada habisnya. Nah teman-teman pada postingan kali ini saya akan membahas tentang kebiasaan mandi orang India.


Selama hampir 6 tahun tinggal di India, satu hal yang membuat saya agak heran adalah tentang kebiasaan mandi orang India. Maksudnya gimana? Jadi begini--orang India mandi hanya sekali sehari. 


Tentu apa yang saya katakan ini tidak bisa mungkin menggambarkan orang India secara keseluruhan. Namun selama hampir enam tahun tinggal dengan orang India dalam bangunan yang sama dengan jumlah orang yang sampai 50 orang, saya rasa cukuplah untuk menjadi sample nya. 


Tulisan ini juga terinspirasi dari ejekan-ejekan saya dan teman-teman saya saat kami berangkat kerja, yaitu ejekan agar tidak lupa mandi.


Seperti yang saya katakan di atas bahwa teman-teman saya sebagian besar hanya mandi sekali dalam sehari. Jadi begini, jika mereka sudah mandi saat pagi, maka sore hari mereka tidak akan mandi. Begitu juga sebaliknya. 


Bahkan walaupun sebenarnya sore hari sudah keringetan karena selepas bermain, ya tetap saja tidak akan mandi karena paginya sudah mandi. Makanya saya sampai hari ini hafal dengan bau badan teman-teman saya di sini. Ha ha ha.


Saya sering sekali bertanya kepada teman-teman di sini, mengapa mandi hanya sekali. Bahkan sering juga saya membandingkan dengan kebiasaan teman-teman di sini yang berasal dari daerah yang lain. 


Kebiasaan mandi hanya sekali ini tidak hanya bagi teman-teman saya di hostel cowok ya, namun juga sama bagi teman-teman saya di hostel cewek. Artinya kebiasaan mandi hanya sehari bukan hanya kebiasaan anak cowok, tetapi juga anak cewek.


Apakah ini adalah hal yang jorok? Tidak juga. Bagi kita yang terbiasa mandi dua kali sehari tentu ini terlihat jorok ya. Namun bagi yang terbiasa mandi hanya sehari tentu bukan hal yang jorok. 


Setelah saya amati dan sering bertanya kepada teman-teman di sini, saya mendapat kesimpulan bahwa mandi hanya sekali dalam sehari ini karena faktor air.



Jadi teman-teman saya di sini terbiasa mandi dengan air hangat. Begitu tidak ada air hangat maka sudah pasti mereka akan berpikir dua kali untuk mandi. Jika tidak ada air hangat dipastikan hanya akan mandi jika benar-benar kepepet. Bahkan jika kepepet pun belum tentu juga mandi. Hehe. Lucu memang, namun itu adalah faktanya.


Jadi saya paham juga mengapa di rumah-rumah orang India dilingkungan tempat tinggal saya rata-rata memiliki pemanas air tenaga matahari di atap rumahnya. Bahkan di hostel saya juga memiliki pemanas air tenaga matahari. O ya selama hampir 6 tahun ini, dari awal sampai saat ini saya tinggal di hostel.


Bagaimana jika tidak menggunakan pemanas air tenaga matahari? Kalau di keluarga yang mampu biasanya akan menggunakan pemanas air tenaga listrik. Pilihan lainnya adalah pemanas air tenaga listrik yang portable, yaitu coil. Pilihan lainnya adalah panaskan air di kompor hehe. 


Namun karena saya tinggal di hostel jadi pilihan pertama dan ketiga yang umum sebenarnya. Jadi di hostel saya ada pemanas air tenaga matahari dan beberapa dari penghuni hostel memiliki coil untuk memanaskan air sebelum mandi. 


Mengenai kebiasaan mandi ini, bahkan sampai saat ini selalu kami jadikan bahan guyonan diantara kami, maksud saya kami di hostel dan teman-teman yang sudah dekat ya pertemanannya. Jadi bagi mereka bukan hal yang tabu lagi jika kami saling ejek mengenai dunia permandian. 


Saya memiliki pertanyaan pamungkas ketika bertemu dengan teman-teman di sini, yaitu pertanyaan sudah mandi apa belum. Terlihat tidak sopan memang, namun kalau sama teman tentu tidak jadi masalah ya. 



O ya satu lagi, mengenai kebiasaan mandi ini bahkan saya sampai terang-terangan memberikan peringatan kepada salah satu teman saya. 


Jadi kepada dia saya peringatkan agar mandi sebelum datang ke kamar saya. Karena jujur saya tidak tahan mencium bau badannya. Jadi jika dia ke kamar saya, saat di pergi bau badannya akan berbekas di kamar saya paling tidak setengah sampai satu jam. Hehe


Jadi gimana caranya mereka nyaman beraktivitas pagi hari jika tidak mandi? Ya nyaman-nyaman saja karena mereka sudah terbiasa. Biasanya jika tidak mandi mereka hanya akan gosok gigi, cuci muka saja sebelum memulai hari. O ya termasuk ke toilet ya hehe.


Begitu juga sore hari, jika tidak mandi mereka hanya akan cuci muka, cuci kaki saja. Iya segitu saja.


Jadi...jika teman-teman punya kesempatan ke India dan bergaul dengan masyarakat umum, maksudnya tidak tinggal di hotel, maka jangan heran dengan kebiasaan seperti ini. 


O ya tulisan ini tidak bermaksud menjelek-jelekkan orang India ya, karena mungkin saja orang India di belahan negara India lainnya memiliki kebiasaan yang sebaliknya. Setiap orang tentu memiliki kebiasaan yang berbeda-beda ya. Tidak hanya India, termasuk juga Indonesia dan negara-negara lainnya. 


*gambar ilustrasi dari google.

Komentar

Postingan populer dari blog ini