Cara Memilih Mesin Cuci Sesuai dengan Selera dan Budget yang Dimiliki

Gambar
Di jaman modern ini setiap orang memiliki kesibukan yang cukup padat sehingga tidak memiliki waktu yang cukup untuk melakukan kegiatan dasar rumah tangga, misalnya mencuci. Dengan kehadiran mesin cuci tentu hal ini sangat membantu dan meringankan beban khususnya beban ibu-ibu rumah tangga dalam mencuci. Tahu mesin cuci kan?

Cara Nge-Vlog Dengan Kamera HP tahun 2020


Sekarang ini hp-hp atau handphone atau ponsel sudah dilengkapi dengan kamera yang lebih dari satu ya. Teman-teman tentu sudah tahu, hp-hp keluaran terbaru dilengkapi dengan minimal 3 kamera. Ini diawali dari setahun atau dua tahun lalu saat hp dilengkapi dengan dua kamera.

Tentu hal ini harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya ya. dimana saat ini juga semua orang kecanduan youtube (menurut saya), karena saya adalah salah satu pecandu youtube, mulai dari video-video pengetahuan sampai video-video hiburan.

Belum lagi anak-anak muda, termasuk artis-artis juga berlomba-lomba jadi youtuber. Pokoknya kalau punya channel youtube, maka sudah bisa dikatakan youtuber, walaupun subscribernya hitungan jari.

Membuat vlog atau video youtube lainnya tidak harus dengan kamera bagus ya. Jadi jangan memaksakan diri untuk mempunyai kamera dulu baru semangat membuat video youtube atau nge-vlog.

Gunakan apa yang sudah teman-teman miliki. Saaya yakin teman-teman memiliki hp android sekarang, baik android keluaran baru maupun keluaran lama.

Jika hp android teman-teman keluaran terbaru, saya yakin spesifikasinya tidak main-main, ya, paling tidak sudah memiliki kamera yang berlipat-lipat dan memory minimal 4 giga. Bahkan jika memiliki hp keluaran lama juga tidak masalah. Asalkan ada kameranya, maka sudah bisa dipakai untuk merekam video atau ngevlog.

Bagaimana caranya nge-vlog dengan hp?

Ah tidak susah kok, sangat gampang sekali ya teman-teman. Tidak membaca tulisan ini juga saya yakin teman-teman sudah tahu. Teman-teman yang mengetikkan kata kunci vlog dengan hp, membuat vlog dengan hp, vlog dengan kamera hp, atau perlengkapan vlog dengan hp, saya yakin sedang membangun rasa percaya diri dalam vlogging ataupun sedang memulai channel youtube. Intinya kalau teman-teman punya hp android, maka teman-teman tahu juga dong mencet tombol record di aplikasi kamera hp yang dimiliki.

Jadi bagaimana caranya?

Pertama, caranya adalah teman-teman harus memiliki rasa percaya diri untuk berbicara di depan kamera. Ada orang yang langsung percaya diri, ada juga yang butuh waktu untuk menumbuhkan rasa percaya dirinya berbicara di depan kamera, baik kamera pada umummnya atau kamera hp. Kuncinya adalah sering-sering aja berbicara di depan kamera, maka pasti dengan sendirinya rasa percaya diri itu akan tumbuh.

Kedua, jika sudah terbiasa berbicara di depan kamera, maka pastikan pada saat berbicara di depan kamera khususnya kamera hp—pandangan kamu mengarah ke lensa kamera, bukan ke layar hp. Banyak saya lihat di youtube, khususnya youtuber pemula ya, mereka ngomong tp matanya lebih banyak mengarah ke layar hp, bukan ke kamera hp. Bahkan saya juga masih sering melakukan hal yang sama. Ini karena kita terpancing untuk melihat diri kita di layar. Jadi biasakan saat bicara depan kamera, khususnya saat kamera mengarah ke kita maka mata diarahkan ke lensa kamera, bukan ke layar hp, karena itu akan memberikan kesan kita melakukan kontak 4 mata dengan penonton.

Ketiga, pastikan saat ngoceh di depan kamera, apalagi untuk youtube—posisi hp dipegang dengan posisi lanscape ya, bukan portrait. Jika teman-teman buat video atau streaming untuk instagram maka wajar-wajar saja jika posisi hp portrait. Lanscape maksudnya posisi hp tertidur, portrait artinya posisi hp berdiri. Lihat gambar di bawah ini ya. Mengapa begitu? Karena sudah aturan standar bahwa posisi video adalah lanscape. Ok.

Keempat, pegang kamera dengan stabil. Mengapa harus stabil? Karena jika kamera tidak dipegang dengan tidak stabil atau goyang-goyang maka video yang dihasilkan juga akan goyang-goyang. Kecuali mungkin jika hp kamu memiliki teknologi stabilisasi yang canggih ya, hpnya digerakkan bagaimanapun mungkin hasil videonya tetap stabil.

Kalau video yang direkam hasilnya goyang-goyang, maka akan membuat orang yang menonton tidak nyaman. Selain itu jika ingin menyetabilkannya saat editing juga mau tidak mau membuang waktu ya. Hasil stabilisasinya juga belum tentu membuat video 100% stabil.

Kelima, pastikan audio atau suara yang terekam jelas ya. Jadi ini adalah dunia audio-visual. Dari penulisan istilahnya saja kata audio duluan, jadi audio adalah yang utama. Suara adalah yang utama. Orang biasanya lebih senang menonton video dengan audio yang jelas dengan gambar yang lebih jelek dari pada audio yang jelek tapi gambarnya bagus.

Lagipula sia-sia juga kan membuat video jika suaranya ga jelas, pesan yang ingin disampaikan tidak sampai kepada penonton dan pendengar. Sejauh ini paham kan? Wah saya sudah seperti akhlinya saja ya. Ya anggap saja begitu.

Nah itu adalah hal yang dasar untuk membuat vlog dengan kamera hp. Jadi asumsikan hanya modal hp saja, termasuk editingnya juga di hp.

Jika ingin hasil yang lebih baik dan lebih fleksibel, ada beberapa asesoris/perlengkapan vlog dengan hp tambahan yang perlu dimiliki. Berikut ini perlengkapan/asesoris vlog dengan hp yang perlu dimiliki.

Satu, tripod. Usahakan untuk memiliki tripod agar lebih fleksibel saat mereka vlognya, khususnya vlog-vlog tentang tutorial kecantikan ya. Kan susah kalau membuat vlog make up wajah satu tangan pegang kamera, satu tangan merias wajah. Bukannya menjadi cantik, malah amburadul hasilnya.

Beli saja vlog yang murah, banyak sekali ya sekarang tripod yang murah. Ingat, tidak harus mahal untuk membuat video, yang penting keahliannya bagus. Tripod bisa pilih tripod standar ataupun gorilapod, tergantung selera ya.

Dua, mic eksternal. Nah jika kamu ingin audio dari vlognya berkualitas, pertimbangkan memiliki mic eksternal. Untuk awal-awal beli saja mic lapel ya. Banyak juga mic lapel yang murah kok. Namun kembali lagi, masalah mic eksternal tergantung selera ya.

Tiga, penerangan. Namanya video ya, pasti berkaitan dengan cahaya. Jadi saat merekam video vlog pastikan rekamannya di tempat yang memiliki cahaya yang cukup. Kan tidak ada gunanya membuat vlog jika di tempat gelap, tidak ada aktivitas yang bisa terlihat.

Jika terkendala dengan cahaya, khususnya rekaman di malam hari atau kekurangan cahaya, pertimbangkan untuk membeli pencahayaan tambahan. Ada banyak kok produk-produk lampu portable yang khsusus dibuat untuk membuat video, bahkan ada yang khusus dibuat untuk vlogging dengan hp. Namun jika terkendala keuangan, pakai lampu neon atau led rumahan juga cukup ya. gunakan daya kreatifitas kamu untuk survive di dunia youtube. Jika masih terkendapa juga, ya cukup rekam vlog di luar rumah dan saat siang hari saja, hehe. Atau kalau mau di dalam rumah, pastikan di dekat sumber cahaya alami, misalnya pintu dan jendela.

Empat, gimbal. Jika punya uang lebih, pertimbangkan untuk membeli gimbal khusus untuk hp ya. Jadi saat merekam vlognya sambil jalan, video hasil rekaman tetap stabil. Biasanya jika rekam vlog dengan hp sambil jalan maka video yang dihasilkan akan tidak stabil.

Nah itulah cara ngevlog dengan kamera hp ya teman-teman. Termasuk perlengkapan vlognya juga sudah saya bahas. Semoga postingan ini bermanfaat.


Komentar

  1. Bisa dicoba nih , jgan lupa kunjung balik sob

    BalasHapus
    Balasan
    1. uda mampir ke blog sampean mas, tp kok cuma foto aja, ga ada tulisannya.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini