Cara Memilih Mesin Cuci Sesuai dengan Selera dan Budget yang Dimiliki

Gambar
Di jaman modern ini setiap orang memiliki kesibukan yang cukup padat sehingga tidak memiliki waktu yang cukup untuk melakukan kegiatan dasar rumah tangga, misalnya mencuci. Dengan kehadiran mesin cuci tentu hal ini sangat membantu dan meringankan beban khususnya beban ibu-ibu rumah tangga dalam mencuci. Tahu mesin cuci kan?

Merestorasi Nokia E63


Image from google

Apakah teman-teman pernah memiliki hp nokia? Ya nokia, merek telepon genggam yang dulu menjadi rajanya handphone di Indonesia, bahkan di seluruh dunia mungkin.


Kalau sudah membahas soal handphone maka tidak bisa terlepas dari yang namanya nokia, merek yang sudah melekat di seluruh kepala para pengguna handphone.

Saya adalah salah satu pengguna nokia. Handphone nokia yang terakhir saya miliki adalah nokia e63. Handphone ini dulu pada saat awal-awal keluarnya harganya sampai 3 jutaan katanya.

Saya bilang katanya karena saya sendiri tidak tahu. Karena nokia e63 yang saya miliki adalah handphone bekas yang saya beli hanya dengan uang 350 ribu rupiah. Sangat jauh sekali bukan dari harga aslinya.

Handphone nokia e63 yang saya beli saat awal-awal saya menekuni jual beli online ini masih ada sampai saat ini dan masih berfungsi dengan normal. Sudah saya restorasi lagi karena sebelumnya 4 tahun terakhir ini tidak dipakai sama sekali.

Saya merestorasi handphone ini karena kondisinya sudah sangat rusak, mulai dari keyboardnya yang sudah banyak yang hilang tombol-tombolnya sampai speakernya yang sudah tidak berfungsi lagi.

Jadi agar tidak diam percuma dan menjadi tambah rusak karena tidak terpakai, maka saya putuskan untuk restorasi.

Saya merestorasi handphone ini di India. Di sini sangat susah sekali mendapatkan housing atau kerangka handphone ini di sini. Ada beberapa penjual yang punya namun harganya sangat mahal.

Akhirnya pilihan saya jatuh pada penjual di aliexpress. Artinya membelinya dari china. Saya membeli kerangka nokia e63 ini seharga sekitar 60 ribu rupiah dan saya membeli 2 buah.

Setelah menunggu selama 2 minggu akhirnya pesanan saya sampai dan sesuai dengan apa yang saya pesan.

Maka mulailah saya merestorasi. Mengganti kerangka lama dengan kerangka baru. Tidaklah susah mengganti kerangka ini, yang penting punya satu set obeng yang digunakan untuk servis alat-alat elektronik. Kebetulan saya selalu siap dengan obeng set seperti ini. Jadi restorasi berjalan lancar.

Dengan restorasi seperti ini nokia e63 yang semula tidak terawat dan terlihat jadul menjadi baru lagi. O ya sebelum restorasi saya sudah belikan baterai juga. Untung baterai cadangannya ada di toko handphone di India, harganya sekitar 70 ribu rupiah.

Nah teman-teman, jika ingin melihat bagaimana saya merestorasi nokia e63, berikut ini adalah videonya.



Komentar

Postingan populer dari blog ini