Cara Memilih Mesin Cuci Sesuai dengan Selera dan Budget yang Dimiliki

Gambar
Di jaman modern ini setiap orang memiliki kesibukan yang cukup padat sehingga tidak memiliki waktu yang cukup untuk melakukan kegiatan dasar rumah tangga, misalnya mencuci. Dengan kehadiran mesin cuci tentu hal ini sangat membantu dan meringankan beban khususnya beban ibu-ibu rumah tangga dalam mencuci. Tahu mesin cuci kan?

9 Aktifitas Positif Selama PSBB

Image from https://www.twinkl.co.in/


Sampai hari ini pandemik Corona atau COVID-19 masih terus berlanjut. Indonesia sedang memasuki masa PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar. Beberapa propinsi sudah mengajukan untuk menerapkan PSBB bahkan Jakarta sudah mengajukan dan sudah disetujui oleh Kemenkes dan mulai efektif tanggal 10 April 2020. Itu adalah yang terjadi di Indonesia.


Di India saat ini lokdown sedang berlangsung sampai tanggal 14 April 2020. India memberlakukan lockdown selama 21 hari untuk seluruh India. Saat tulisan ini dibuat lockdown di India tersisa enam hari lagi.

Karena saya tinggal di India maka saya terdampak lockdown. Jadi untuk mengatasi mengisi waktu selama lockdown saya melakukan beberapa aktifitas positif yang bermanfaat untuk kesehatan fisik dan mental.

Nah pada tulisan ini saya akan membagikan beberapa aktifitas yang bisa anda lakukan agar waktu anda tidak terbuang percuma saat berada di rumah.

Olahraga Pagi

Dengan tinggal di rumah bukan berarti anda harus bangun siang karena tidak berangkat bekerja. Sebaiknya tetap bangun pagi awal. Lakukan olahraga pagi. Banyak olahraga pagi yang bisa dilakukan setelah bangun tidur. Anda bisa melakukan Yoga, senam tabata, senam Zumba ataupun senam lainnya, bahkan anda bisa melakukan jogging di halaman rumah (jika rumahnya punya halaman ya).

Membersihkan Halaman Rumah

Dengan tetap bangun tidur lebih awal, setelah berolahraga tentu akan sempat untuk bersih-bersih rumah. Jangan lupa untuk membersihkan halaman rumah sambal berjemur di pagi hari. Cabuti rumput-rumut kecil yang tumbuh di halaman rumah anda. Bisa juga dengan menambah koleksi tanaman bunga di rumah anda.

Sarapan bersama keluarga

Jika sebelumnya anda mungkin selalu sarapan sendiri-sendiri karena sibuk dengan pekerjaaan, maka saat PSBB ini anda memiliki waktu yang cukup untuk sarapan bersama dengan seluruh anggota keluarga. Namun harus tetap lakukan physical distancing ya. Dengan sarapan bersama keluarga tentu kehidupan keluarga anda akan semakin harmonis ya.

Membantu anak belajar

Jika anda masih mempunyai anak usia sekolah, maka sudah kewajiban anda untuk membantu proses belajar anak-anak anda, atau paling tidak mengawasi mereka saat belajar. Namun jika anda belum menikah atau seorang mahasiswa maka belajarlah sendiri. Jangan sampai PSBB membuat performa kuliah anda menurun.

Membaca buku pelajaran

Jika anda masih menempuh pendidikan maka ini adalah hal yang wajib. Bagaimana anda bisa mengahadapi ujian jika anda tidak membaca buku pelajaran. Bahkan dengan tinggal dirumah anda memiliki banyak waktu untuk membaca, betul tidak? Jadi poin ini berlaku untuk siswa dan mahasiswa. Belajar ya.

Membaca kitab suci dan buku motivasi

Sempatkan untuk membaca kitab suci agama dan buku-buku motivasi untuk memberi asupan gizi bagi kesehatan mental anda. Jangan hanya fisik saja yang sehat, namun mental juga harus sehat. Anda harus selalu berfikir positif agar tetap sehat.  

Menulis

Tidak semua orang suka menulis. Mungkin anda juga termasuk orang yang tidak suka menulis, namun tidak ada salahnya mencoba untuk mulai menulis. Asal tulis saja dulu, tidak harus selalu bagus dan benar. Tuliskan lagi apa yang sudah and abaca sebelumnya atau tuliskan ide-ide yang anda miliki.

Jika sudah tumbuh rasa percaya diri dengan kemampuan menulis anda, tidak ada salahnya memulai untuk membuat blog yang berisi tentang ide-ide yang sudah anda tuliskan. Tahukah anda, bahwa blog yang anda tulis bisa menghasilkan uang suatu saat nanti jika dikelola dengan baik.

Memasak Makanan Kesukaan

Apakah anda suka memasak alias hobi memasak? Maka dengan pemberlakukan PSBB anda tidak perlu khawatir. Luangkan waktu anda di rumah untuk memasak makanan kesukaan anda. Anda bisa juga berkreasi dengan mencoba menu-menu masakan baru. Jika anda mahir masak beberapa menu yang unik bukan tidak mungkin itu bisa menjadi salah satu usaha anda kedepannya. Bisa saja setelah pandemik corona berakhir anda membuka usaha makanan.

Tahukah anda bahwa banyak usaha-usaha yang digeluti orang-orang adalah karena hobi yang mereka miliki? Jika anda tahu, maka bagus, ini adalah langkah awal yang bagus.

Membuat Kerajinan Tangan

Apakah anda orang yang kreatif? Jika iya, maka sekali lagi jangan bingung, anda bisa mengisi waktu anda di rumah dengan membuat suatu kerajinan yang baru. Apapun itu yang penting sesuatu karya anda, yang penting jangan membuat masalah ya, hehe.

Misalnya kerajinan yang bisa anda buat adalah masker. Anda bisa mencoba membuat masker, ya paling tidak masker yang bisa dipakai oleh anda dan anggota keluarga lainnya, kan? Daripada membeli masker mahal-mahal, akan lebih baik anda membuatnya sendiri.

Membuat masker tidak harus punya mesin jahit. Kalau anda adalah orang yang kreatif, dengan jahit tangan saja anda bisa menghasilkan masker. Saya sendiri membuat masker dengan jahit tangan. Saya membuat masker dari saputangan yang kebetulan saya punya lebih, saya buat dengan model masker medis. Saya juga membuat masker dari kantong belanja kain.

Kantong belanja kain ini bahannya mirip dengan bahan yang digunakan untuk membuat masker medis.

Nah teman-teman pembaca sekalian itulah beberapa aktifitas positif yang bisa anda lakukan di rumah untuk mengisi waktu PSBB yang diterapkan pemerintah. Mungkin tidak semua wilayah menerapkan ini, namun dalam kondisi pandemik ini anda harus lebih banyak dirumah bukan? Jadi, ayo isi waktu anda dengan hal-hal yang positif. Jangan hanya rebahan saja.

Komentar

Postingan populer dari blog ini