Cara Memilih Mesin Cuci Sesuai dengan Selera dan Budget yang Dimiliki

Gambar
Di jaman modern ini setiap orang memiliki kesibukan yang cukup padat sehingga tidak memiliki waktu yang cukup untuk melakukan kegiatan dasar rumah tangga, misalnya mencuci. Dengan kehadiran mesin cuci tentu hal ini sangat membantu dan meringankan beban khususnya beban ibu-ibu rumah tangga dalam mencuci. Tahu mesin cuci kan?

Keahlian Yang Wajib Dimiliki Oleh Manusia yang Bernama Pria

Setiap orang tentu memiliki hobi dan bakat yang berbeda-beda. Karena bakat yang berbeda-beda ini, maka keahliannya pun berbeda-beda. Hal ini karena aktifitas yang dilakukan pasti lebih banyak yang berkaitan dengan hobi dan bakatnya tersebut.

Minimal seorang pria harus memiliki dua atau tiga keahlian yang bermanfaat untuk kehidupan berumah tangga. Paling tidak jangan sampai kalah ahli dari istri (jika sudah menikah ya) ataupun oleh pacar (jika masih pacaran). 
Pada postingan saya mencoba merangkum beberapa keahlian yang perlu dimiliki orang teman-teman sesama pria seperti saya. Memang tidak ada yang mewajibkan seorang pria memiliki banyak keahlian, namun menurut saya seorang pria harus selalu berusaha bisa melakukan berbagai pekerjaan yang bisa mendukung kehidupan sehari-hari atau kehidupan berumah tangga. 
Saya pernah ketemu sebuah keluarga yang kondisinya terbalik. Sang istri memiliki keahlian yang lebih banyak dari sang suami. Jadi sang istri lebih bisa mengerjakan pekerjaan yang semestinya dikerjakan oleh sang suami. 
Jadi mau tidak mau sang suami jadi bulan-bulanan sang istri. Harus menerima omelan sang istri karena tidak bisa mengerjakan pekerjaan yang seharusnya dikerjakan oleh pria. Namun apalah daya, karena itulah faktanya. 
Di sini saya coba untuk merangkum beberapa keahlian dasar yang wajib dikuasai oleh setiap pria. Mengapa? Menurut saya, malu rasanya jika istri kita lebih bisa mengerjakan perkerjaan yang seharusnya dikerjakan oleh pria. 

Potong memotong

Kalau memotong tanpa perhitungan tentu semua orang bisa ya. Namun memotong dengan perhitungan tidak semua pria bisa melakukannya. Maksudnya di sini potong-memotong dengan perhitungan adalah memotong suatu benda dengan presisi yang pas atau simetris. 
Misalnya jika diminta membuat meja oleh sang istri, ya paling tidak bisa membuat meja sederhana. Jadi harus bisa memakai alat-alat seperti gergaji, palu, golok, pisau dan alat-alat potong lainnya.

Kupas mengupas

Kalau sebagai seorang pria tidak bisa mengupas kelapa tentu saja sangat aneh ya (menurut saya). Kalau mengupas buah-buahan yang kecil tentu semua orang bisa ya. 
Mengupas kelapa adalah sebuah keahlian yang wajib anda miliki, apalagi jika anda tinggal di desa. Terlebih lagi jika anda orang Bali. Orang Bali dalam setiap kegiatan keagamaan selalu menggunakan kelapa. 
Mengupas kelapa ada dua jenis ya. Pertama mengupas kelapa hanya memisahkan serabut dan batok kelapa. Kedua mengupas kelapa yaitu memisahkan isi kelapa dari dalam batoknya. Nah mulai sekarang anda harus belajar cara mengupas kelapa ya.
Satu lagi keahlian mengupas yang wajib adalah mengupas durian. Durian adalah buah yang harus dikupas dengan keahlian yang khusus.   

Kelistrikan

Ini terinspirasi dari beberapa teman saya yang tidak memiliki keahlian dasar dalam kelistrikan. Ya...yang paling dasar, yaitu menyambung kabel. Menyambung kabel adalah hal yang sangat sepele menurut saya, namun pada faktanya ada orang yang sama sekali tidak bisa menyambung kabel.
Jadi mulai dari sekarang jika anda tidak bisa menyambung kabel, ataupun hal yang berkaitan dengan kelistrikan misalnya pasang stop kontak, pasang lampu, sebaiknya segera belajar. Akan sangat memalukan jika hanya untuk menyambung kabel yang terputus anda harus mengundang tukang listrik untuk datang ke rumah anda.

Bertani dan Berkebun

Wah jika berkebun atau bertani saja anda tidak bisa, mungkin perlu dipertanyakan apa yang anda pelajari saat sekolah dari SD sampai SMA. Paling tidak anda seharusnya menguasai dasar-dasar bertani. Tidak susah bukan menanam bunga di dalam pot, polibag atau bahkan langsung di tanah. Hanya butuh modal anda tidak jijik bermain-main dengan tanah. 
Akan lebih keren lagi jika memiliki keahlian bertani dengan sistem hydroponic. Ini akan sangat bermanfaat sekali jika anda tinggal di kota dengan lahan yang sempit. Jadi bisa memanfaatkan semaksimal mungkin ruang yang ada. 

Konstruksi bangunan

Tidak perlu sangat ahli untuk yang ini. Cukup anda tahu cara mencampur pasir dan semen, tahu takaran yang tepat. Akan lebih bagus lagi jika bisa memasang pondasi bangunan dan memasang bata. 
Begitu juga dengan yang berkaitan dengan kayu dan bambu. Siapa tahu anda diminta membuat kandang ayam oleh istri anda. Jika anda bisa mengerjakannya sendiri, bukankah uang ongkos tukang kayu bisa anda gunakan untuk hal lainnya. 

Membuat mainan

Nah ini berkaitan dengan poin di atas. Jika anda memiliki dasar-dasar ilmu pertukangan, tentu saja anda bisa membuat mainan untuk anak-anak anda. Misalnya membuat rumah-rumahan, mobil-mobilan, dan lainnya. 
Dengan membuat mainan sendiri anda juga bisa mengajarkan anak-anak untuk berhemat dan kreatif. Lebih mendidik daripada membeli bukan?

Elektronik

Kalau ini tidak jauh-jauh dari kelistrikan. Paling tidak anda harus memiliki obeng, tang, dan tools lainnya. Sebisa mungkin coba perbaiki sendiri barang-barang elektronik yang anda miliki jika rusak seperti kipas angin misalnya. Apalagi jaman canggih seperti saat ini, semua bisa anda cari dulu panduannya di internet. Jika sudah mentok tidak ketemu solusinya, baru sebaiknya bawa barang yang rusak ke tukang servis yang berpengalaman.

Panjat pohon

Harus bisa nih, masa cuma bisa panjat tempat tidur saja. Lebih keren lagi kalau bisa memanjat pohon kelapa. Namun jangan dipaksakan, paling tidak anda bisa memanjat pohon rambutan atau pohon jambu yang tidak terlalu tinggi. 
Jadi ketika ada beberapa pohon di depan rumah yang perlu dirapikan rantingnya, anda bisa merapikannya sendiri. Jadi tidak perlu mengupah orang lain untuk merapikan ranting pohon.

Memasak

Nah ini yang paling wajib. Pria wajib bisa memasak. Bahkan bila perlu lebih ahli dari istri anda. Ya jika tidak ingin lebih ahli paling tidak anda harus tahu cara masak air dan masak indomie. Jika anda tidak bisa memasak sama sekali, apa yang akan anda lakukan saat anda ditinggal istri bepergian, atau saat istri sakit, atau alasan lainnya. 
Bisa saja anda bilang “ya beli saja”. Kalau tidak punya uang mau beli pakai apa? 

Nah kurang lebih itulah beberapa keahlian yang wajib dimiliki oleh seorang pria. Lebih banyak keahlian yang anda miliki akan lebih baik, artinya anda mampu mengatasi berbagai macam kondisi. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini