Cara Memilih Mesin Cuci Sesuai dengan Selera dan Budget yang Dimiliki

Gambar
Di jaman modern ini setiap orang memiliki kesibukan yang cukup padat sehingga tidak memiliki waktu yang cukup untuk melakukan kegiatan dasar rumah tangga, misalnya mencuci. Dengan kehadiran mesin cuci tentu hal ini sangat membantu dan meringankan beban khususnya beban ibu-ibu rumah tangga dalam mencuci. Tahu mesin cuci kan?

Cara Membersihkan Lensa Camcorder Panasonic HC-V180


Jika bergulat dengan dunia kamera, maka seseorang harus tahu juga mengenai seluk beluk kamera yang dimiliki. Mulai dari berbagai fitur yang ada di dalam kameranya sampai pada bagaimana merawat kamera tersebut. Salah satu masalah yang kerap singgah di kamera yaitu lensa jamuran, lensa kotor, lensa berembun, dan lain sebagainya.


Jika lensa kamera sudah disinggahi masalah tersebut, maka hasil tangkapan foto maupun video akan menjadi tidak bagus, baik berupa tidak fokus, ada efek noda di dalam foto dan video dan masalah-masalah lainnya.

Posisi baut pada Panasonic HC-V180

Nah oleh karena itu pada postingan kali ini saya akan membagikan pengalaman saya membersihkan lensa Camcorder Panasonic HC-V180. Kamera ini sudah saya pakai selama dua tahun. Saya akan membagikan bagaimana cara saya membersihkan lensa kamera ini.

Permasalahan yang saya alami ada kamera ini adalah di bagian dalam lensa ini terdapat noda berwarna putih, seperti telur semut, atau mungkin jamur ya. Saya katakan demikian karena noda ini berkembang, walaupun berkembangnya lambat.

Semula noda ini hanya ada satu saja. Kemudian beberapa waktu kemudian ada dua. Setelah sekian bulan saya diamkan ternyata bertambah menjadi tiga. Hal ini sangat mengganggu sekali pada saat saya merekam video, menyebabkan di video hasil rekaman terdapat lingkaran berwarna putih.

Jika noda ini ada pada permukaan lensa bagian luar tentu saja mudah untuk membersihkannya. Namun pada kasus yang saya alami noda lensa ini ada pada bagian dalam lensa. Jadi mau tidak mau membersihkannya harus dilakukan dengan membuka lensa tersebut.

Saya sempat berkutit berminggu-minggu, bisa dikatakan berbulan-bulan mencari solusi untuk masalah yang saya alami ini. Yang saya cari adalah servis manual panasonic HC-V180. Namun sampai saat ini saya tidak mendapatkan servis manual tersebut.

Karena tidak juga mendapatkan servis manual untuk membongkar Panasonic HC-V180, akhirnya saya nekat aja untuk langsung membongkar kamera ini secara otodidak. Nah langkah-langkah yang saya lakukan adalah:


  1. Mengamati seluruh bodi kamera untuk mengetahui posisi baut-baut yang mengunci kamera. Setelah saya amati, saya dapati ada tiga baut di bagian bawah kamera, satu baut di ujung strap bagian depan, dua baut di belakang kamera yaitu di tempat baterai dan dua baut di dekat engsel LCD kamera.
    Baut di bawah bodi
  2. Membuka semua baut-baut ini. Jadi semua baut yang terlihat, saya buka. Namun akhirnya saya dapat kesimpulan bahwa baut yang di bawah kamera tidak harus dibuka semua. Cukup buka dua baut saja.
    Baut di strap depan
  3. Setelah semua baut terlepas. Saya mulai mengangkat cover bagian atas kamera. Walaupun ini sangat gampang namun harus dilakukan dengan hati-hati. 
    Cover atas terlepas
  4. Kemudian saya melepas cover bagian samping, yang menjadi tempat menempelnya strap kamera. Dengan terbukanya kedua cover ini maka jeroan kamera sudah bisa terlihat.
    Lepas cover samping
  5. Di bagian bawah depan, terdapat satu baut yang juga harus dilepas agar bisa melepas cover lensa. Di bagian atas juga terdapat satu baut yang harus dilepas. Jadi kedua baut ini saya lepas.  
    Lepas baut bagian atas
  6. Pelan-pelan saya lepas cover lensa dengan cara dorong kedepan. O ya, pastikan juga sudah mencabut kabel mikrofon agar cover lensa bisa terlepas sempurna. 
    Lepas cover depan
  7. Jika dilakukan dengan benar, maka lensa kamera otomatis sudah bisa di akses. Selanjutnya adalah melepas lensa kamera. Lensa ini dikunci dengan tiga baut kecil. Jadi bautnya harus dilepas agar bisa dibersihkan lensa permukaan lensa bagian dalam.
    Lepas baut pengunci lensa
  8. Jika sudah terlepas, bersihkan lensa dengan cairan pembersih lensa, sama dengan cairan yang biasanya dipakai untuk membersihkan layar laptop ya. Jangan lupa gunakan blower juga, yang bentuknya seperti granat.
    Bersihkan lensa yang kotor
  9. Setelah yakin lensa sudah bersih dan kering, ya pasang kembali lensa seperti sediakala. Pasang kembali kabel mikrofon, cover lensa, dan cover body kamera. Jangan lupa baut-bautnya. Selesai.


Nah itulah yang saya lakukan untuk membersihkan lensa camcorder Panasonic HC-V180. Saat ini lensa kamera saya sudah bersih dan tidak ada lagi noda yang mengganggu.

Jika teman-teman memiliki permasalahan yang serupa, bisa ikuti cara ini, mudah kok untuk dilakukan. Videonya bisa di tonton di bawah ini. Selamat mencoba.


Komentar

Postingan populer dari blog ini