Ini Air Terjun Juga, Namanya Curup Kereta


Halo teman-teman, Sudah membaca postingan saya tentang Curup Gangsa kan? Kalau belum jangan lupa dibaca ya setelah membaca postingan ini. Curup Gangsa dan Curup Kereta sama-sama air terjun, sama-sama ada di Way Kanan. Jadi sudah pasti sama-sama indah ya.

Curup Kereta adalah salah satu Air Terjun yang juga berada di Way Kanan selain Curup Gangsa dan Air Terjun Putri Malu. Nah kebetulan beberapa hari setelah mengunjungi Curup Gangsa saya mempunyai waktu untuk mengunjungi Curup Kereta. Oleh karena itu ingin saya ceritakan di sini. Sebenarnya saya sudah buat vlognya juga sih, silakan di tonton di akhir tulisan ini, atau setelah membaca tulisan ini, silakan mampir ke channel saya yaitu Sumertawan.

Pertama...Lokasi

Curup Kereta berada di Desa Rambang Jaya, Kecamatan Blambangan Umpu, Kabupaten Way Kanan, Lampung. Jadi kalau teman-teman dari luar Lampung dan kebetulan punya kesempatan untuk main ke Lampung, jangan lupa untuk mampir ke Way Kanan ya, sempatkan jalan-jalan ke beberapa air terjun yang ada di Way Kanan.

Kedua...Caranya ke Curup Kereta

Untuk sampai ke Curup Kereta sangatlah mudah. Curup Kereta berada lebih dekat dibandingkan dengan Curup Gangsa jika teman-teman dari arah perempatan simpang empat di Jalan Lintas Sumatra atau dari arah Kota Kabupaten Way Kanan.

Yang penting selama perjalanan teman-teman harus perhatian terhadap penunjuk arah yang ada. Jika datang dari arah kota kabupaten atau simpang empat, maka pertigaan ke arah curup kereta ada di sebelah kanan. O ya, jika saya tidak salah ingat, papan penunjuk arahnya juga di sebelah kanan jalan kok.

Sebaliknya jika teman-teman datang dari arah Kasui, maka pertigaan berada di sebelah kiri jalan. Jadi jangan lupa perhatian dengan papan penunjuk arah ya.


Ketiga...Kondisi jalan

Kondisi jalan menuju Curup Kereta cukup bagus kok, ya walaupun tidak mulus sekali. Di beberapa bagian memang ada yang rusak, namun masih layak untuk dilewati.

Saat saya kesana menggunakan motor matic dan lancar-lancar saja. Apalagi kalau menggunakan motor yang lebih bagus dari matik atau mungkin mobil, tentu sangat nyaman ya.

Saat mulai masuk ke wilayah air terjun, jalanan masuk ke dalam kebun dan agak sempit namun jalannya mulus. Karena masuk perkebunan ya pasti sejuk ya.

Keempat...Suasanan

Well... begitu memasuki perkebunan menuju curup kereta maka akan mulai merasakan sejuknya alam di sekitar Curup Kereta. Apalagi setelah sampai ya.

Begitu sampai maka akan disambut dengan lingkungan yang dihias dengan berbagai gantungan-gantungan berwarna-warni. Lingkungan juga bersih. Ada beberapa bangunan warung yang berdiri dan tertata rapi.

Saat saya kesana hanya ada satu warung yang buka. Mungkin karena bukan hari libur ya. Saya kesana hari Jumat.

Untuk masuk ke air terjunnya tidak bayar alias gratis namun parkirnya bayar sepuluh ribu rupiah. Ini adalah ketiga kalinya saya membayar parkir motor sepuluh ribu rupiah di Way Kanan.

Untuk mencapai air terjunnya, pengunjung harus menuruni tangga yang berundak-undak. Banyak juga terdapat titik-titik untuk selfi.

Juga ada beberapa paviliun dan kursi untuk duduk santai. Juga ada jembatan untuk menyeberang ke tepi sungai satunya.

Teman-teman yang suka bermaib air juga bisa mandi di sini. Bahkan bisa menaiki undak-undak air terjun karena air terjun ini bentuknya melebar, bukan meninggi.

Ok, jadi tunggu apalagi, ayo main ke Curup Gangsa. Biar lebih yakin, tonton vlog saya di Curup Kereta di bawah ini.







Comments