Cara Memilih Mesin Cuci Sesuai dengan Selera dan Budget yang Dimiliki

Gambar
Di jaman modern ini setiap orang memiliki kesibukan yang cukup padat sehingga tidak memiliki waktu yang cukup untuk melakukan kegiatan dasar rumah tangga, misalnya mencuci. Dengan kehadiran mesin cuci tentu hal ini sangat membantu dan meringankan beban khususnya beban ibu-ibu rumah tangga dalam mencuci. Tahu mesin cuci kan?

Review Mikrofone Boya By M1

Image from amazon.com
Dalam hal merekam audio tentu kita menginginkan kualitas suara yang sangat bagus. Oleh karena itu wajib memiliki mikrofone yang kualitasnya bagus juga. Dalam hal kualitas suara, Rode tentu tidak asing di telinga kita, khususnya bagi youtuber.


Nah yang menjadi isu adalah rode merupakan mikrofone yang boleh dibilang mahal. Bagi youtuber yang kantongnya pas-pasan tentu akan susah mendapatkan mikrofone ini. Ya contohnya seperti saya ini.

Salah satu alternatif untuk merekam suara bagus dengan harga mikrofone yang jauh dibawah harga rode adalah Boya By M1. Tahu kan itu mic yang mana? Harus tahu dong!!!!

Saya membeli mic ini di bukalapak dengan harga 185 ribu sudah termasuk ongkir ya. Sebelum membeli saya sudah pernah memakai mic ini saat saya di India. Karena alasan inilah saya memutuskan menggunakan mic ini.

Lapel Mic dengan Power

Boya By M1 adalah mic lapel yang memiliki slot baterai untuk memberi power. Saya tidak begitu ahli sebenarnya soal dunia audio, namun dari yang saya baca-baca, adanya baterai sebagai tambahan power pada saat merekam suara akan meminimalkan noise pada suara yang direkam.

Panjang Kabel 6 Meter

Sejauh ini sepertinya hanya Boya By M1 lapel mic yang memiliki panjang kabel 6 meter. Biasanya mic-mic lapel lainnya memiliki panjang hanya 1,5 meter saja.

Dengan kabel sepanjang ini memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan dengan mic lapel lainnya karena otomatis membuat kita bisa bergerak lebih fleksibel pada saat rekaman. Sudah pasti membuat kita lebih nyaman pada saat rekaman.

Mic ini tidak hanya untuk kamera saja, namun juga bisa dipakai untuk di hp dan laptop. Saya sudah tes penggunaan mic ini di laptop dan di hp.

Jika digunakan di laptop dan di hp mic ini tidak perlu menggunakan power tambahan, namun saat digunakan di kamera DSLR mic ini perlu menggunakan power. Oleh karena itu mic ini disertai dengan tombol on/off untuk merubah mode rekaman.

Permasalahan pada Android

Saat digunakan di android, Boya By M1 tidak mengalami masalah jika digunakan di aplikasi perekam suara saja, namun terjadi sedikit permasalahan jika digunakan pada perekaman video.

Boya By M1 tidak terdeteksi di aplikasi kamera standar bawaan android. Namun untuk mengatasi ini kita harus menggunakan aplikasi kamera lainnya yaitu Open Camera.

Pada aplikasi Open Camera, terdapat menu pengaturan perekaman audio yang berisi menu untuk mengatur mic yang digunakan, yaitu mic eksternal.

Saya juga sempat bingung dulu waktu pertama kali memakai Boya By M1 karena waktu pemakaian awal langsung digunakan di hp android. Namun sekarang masalah tersebut sudah teratasi dengan menggunakan Open Camera.

Suara yang Jernih dan Crispi

Suara yang dihasilkan oleh Boya By M1 sangat bagus menurut saya, menurut ukuran telinga orang awam he he he. Hasil rekaman suara saya jernih dan agak-agak ngebas gitu. Intinya puas lah dengan hasil audio dari mic ini.

Mmmm...apalagi ya yang mau saya ceritakan soal mic ini. Segitu saja dulu, belum lama pakai mic ini soalnya. Lain kali diceritakan lagi jika ada kesan lainnya.

Intinya cocok ga sih mic ini untuk youtuber?

Cocok banget, apalagi yang bujet mepet. Saya jamin puas kalau teman-teman memakai mic ini. Sampai ketemu di postingen berikutnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini