Cara Memilih Mesin Cuci Sesuai dengan Selera dan Budget yang Dimiliki

Gambar
Di jaman modern ini setiap orang memiliki kesibukan yang cukup padat sehingga tidak memiliki waktu yang cukup untuk melakukan kegiatan dasar rumah tangga, misalnya mencuci. Dengan kehadiran mesin cuci tentu hal ini sangat membantu dan meringankan beban khususnya beban ibu-ibu rumah tangga dalam mencuci. Tahu mesin cuci kan?

Masih Seputar Kuliah Ayurveda, Ini Tentang Tahun Ke-3

Kelas Klinikal di Yenapoya University

Well... masih lanjut menulis tentang pengalaman kuliah kedokteran Ayurveda di India. Nah postingan kali ini tentang bagaimana perkuliahan di tahun ketiga. Jadi kalau baru pertama kali mampir ke blog saya ini silahkan baca dulu Pengalaman Kuliah Ayurveda Tahun Pertama dan Pengalaman Kuliah Ayurveda Tahun Kedua.



Perkuliahan Ayurveda tahun ketiga tidak kalah beratnya dari tahun pertama dan tahun ketiga. Namun seperti istilah mengatakan "tidak ada yang tidak mungkin", jadi apapun beratnya perkuliahan yang ada kalau dijalani dengan serius pasti terasa gampang, iya tidak?

Lima Mata Kuliah

Jika pada tahun kedua hanya ada empat mata kuliah yang dipelajari, pada tahun ketiga ini kembali ke lima mata kuliah seperti halnya dengan tahun pertama.

Mata kuliah yang dipelajari di tahun ketiga ini adalah Roga Nidana, Svasthavritta, Prasuti Tantra evam Stri Roga, Balaroga, dan Caraka Samhita Uttarardha. Wah nama-namanya kok asing, apa itu? Oke, jangan khawatir, akan saya jelaskan disini.

Oke, mari mulai satu persatu.

Roga Nidana adalah mata kuliah yang mengajarkan tentang bagaimana mendiagnosa penyakit. Jadi pada mata kuliah ini kami diajarkan bagimana mendiagnosa penyakit berdasarkan metode Ayurveda dan metode ilmu kedokteran modern. Kami belajar mengenai berbagai penyebab (nidana), gejala awal, tanda dan gejala akhir dari suatu penyakit.

Jadi pada tahun ketiga ini kami mulai bersentuhan dengan pasien, yaitu belajar melakukan case taking, kemudian mencoba mendiagnosa penyakit yang diderita pasien berdasarkan data yang sudha dikumpulkan dari case taking. 

Jadi kegiatan belajar mengajar berlangsung di kelas, rumah sakit dan di lab. Kalau di kelas sudah pasti kelas teori ya, kalau dirumah sakit untuk berinteraksi dengan pasien, sedangkan di lab kami belajar untuk melakukan tes urin, cek golongan darah, cek hemoglobin, dan berbagai tes lainnya yang menggunakan media laboratori.

Svasthavritta adalah mata kuliah yang mengajarkan tentang bagaimana cara hidup sehat sehari-hari, tentang berbagai penyakit yang umum diderita masyarakat, tentang pencegahan datangnya penyakit, yoga, dan naturopati.

Diajarkan juga tentang berbagai program pemerintah India dan PBB dalam menanggulangi penyakit, baik itu program-program oleh pemerintah India sendiri maupun program-program yang bekerjasama dengan PBB lewat WHO.

Kami juga memiliki kelas yoga. Jadi dalam seminggu 2 samapi 4 kali kami akan mendapat kelas yoga.

Prasutri Tantra evam Stri Roga  adalah mata kuliah yang mengajarkan tentang ilmu kebidanan dan imu mengenai berbagai penyakit pada wanita, baik itu dari konsep Ayurveda maupun konsep modern.

Jadi kami belajar konsep fisiologi tubuh wanita, konsep menstruasi, konsep kehamilan, sampai dengan bagaimana bayi terlahir.

Begitu juga dengan berbagai penyakit yang diderita oleh wanita baik itu penyakit karena faktor internal maupun eksternal.

Balaroga adalah mata kuliah yang mengajarkan tentang bagaimana tumbuh kembang seorang bayi dari bayi tersebut lahir sampai dengan tumbuh dewasa.

Jadi kami belajar juga tentang bagaimana cara merawat bayi mulai dari baru lahir sampai dengan bayi tumbuh besar. Tidak tertinggal juga pelajaran mengenai berbagai penyakit yang bisa menyerang bayi dan cara menanganinya.

Caraka Samhita Uttarardha adalah mata kuliah lanjutan dari mata Caraka Samhita Pradhanardha yang dipelajari di tahun kedua. Jika pada tahun kedua kami mempelajari tentang konsep dasar Ayurveda berdasarkan Caraka Samhita, termasuk juga cara mendiagnosa berbagai penyakit berdasarkan Caraka, maka pada tahun ketiga kami diajarkan lebih lanjut mengenai berbagai pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengobati penyakit tersebut.

Mengenai Caraka Samhita akan saya ulas pada tulisan lain.

Aktivitas yang Sama

Aktifitas perkuliahan di tahun ketiga ini kurang lebih sama dengan tahun-tahun sebelumnya, yaitu pagi hari dimulai jam 9:15 pagi, istirahat siang jam 12:35 siang, lanjut perkuliahan jam 14:00 siang dan selesai jam 17:20 sore.

Jadi jadwal perkuliahan memang sangat padat. Karena perkuliahan yang padat ini, ada beberapa mahasiswa yang kadang-kadang bolos pada sesi perkuliahan siang.

Karena jadwal padat ini memang membuat kebosanan kepada mahasiswa. Namun jika dijalani dengan happy dan santai tentu saja tetap menyenangkan.

Sesi perkuliahan yoga dan kelas klinikal adalah sesi yang ditunggu-tunggu oleh mahasiswa, karena pada sesi ini mahasiswa bisa lebih bebas dan tidak terkekang duduk di dalam kelas. Sesi yoga biasanya dilakukan di Seminar Hall dan kelas klinikal sudah pasti di rumah sakit dong.

Okay, segitu dulu cerita tentang tahun ketiga ini, bagaimana dengan perkuliahan kedokteran di kampus kamu?

Komentar

Postingan populer dari blog ini