Cara Travelling Murah dari Jogja Ke Lampung ala Saya

Gambar dari puspajayatransport.com

Hayo ngaku, siapa yang ga suka travelling? Sepertinya semua suka ya? Saya juga suka. Okay...jadi pada postingan kali ini saya akan berbagi tips cara bepergian dari Jogja ke Lampung. Tips ini berdasarkan pengalaman saya bepergian ke Lampung.

Murah atau mahalnya bepergian tergantung selera orang ya. Jadi tulisan ini mungkin tepatnya untuk orang yang dompetnya "cekak" ya, he he.

Bepergian ke Lampung dari Jogja bisa menggunakan berbagai mode transportasi. Bisa melalui bus, pesawat, dan kereta. Tentu saja pilihan mode transportasi ini bisa ditentukan seberapa penting aktivitas di tempat tujuan.

Jika memiliki aktivitas yang urgen, maka pesawat adalah pilihan yag tepat. Jika suka agak ribet sedikit, kereta bisa menjadi pilihan. Jika tidak begitu urgen maka bus adalah pilihan.

Untuk pilihan travelling murah, maka bus adalah pilihan yang tepat, namun kompensasinya adalah waktu yaitu membutuhkan waktu yang lebih lama.

Nah bagaimana caranya bepergian dengan bus dari Jogja ke Lampung?

Sebenarnya banyak sekali bus malam yang mengisi rute Jogja Lampung. Ada Puspa Jaya, Rosalia, ALS, dan bus-bus lainya. Namun bagi saya pribadi hanya memiliki pengalaman di bus Puspa Jaya dan Rosalia Indah.

Bagaimana cara beli tiketnya?

Untuk mendapatkan tiket Puspajaya dan Rosalia Indah tidaklah sulit. Tiket bisa dibeli langsung di Pool atau kantor masing-masing dan bisa juga dibeli di agen-agen tiket bus malam.

Saya sendiri pada travelling terakhir ini membeli tiket bus Puspajaya di agen tiket bus di Gamping, Sleman. Tiket Rosalia Indah dan bus-bus lainnya juga bisa dibeli di sana. Sangat mudah bukan?

gambar dari rosalia-indah.co.id

Harga tiket

Khusus harga tiket Puspajaya dan Rosalia Indah sangat bersaing, hanya memiliki selisih lima ribu rupiah saja. Misalnya saya bandingkan dengan harga tiket pada rute tujuan saya. Saya bepergian dari Yogyakarta ke Baradatu.

Harga tiket Rosalia dari Yogyakarta ke Baradatu adalah Rp. 405 ribu. Harga tiket Puspa Jaya dari Yogyakarta ke Bandar Lampung Rp. 360 ribu ditambah dengan harga bus dari Bandar Lampung ke Baradatu Rp 50 ribu. Jadi Puspa Jaya lebih mahal 5 ribu rupiah.

Fasilitas

Dengan hanya empat ratus ribuan, fasilitas apa yang didapat? Di Puspa Jaya penumpang mendapatkan fasilitas selimut, bantal, ruang untuk kaki yang luas dan sandaran kaki pada kursi. O ya, AC-nya super dingin ya. Soal makanan, hanya mendapatkan snack saja yang berisi dua roti dan satu air mineral gelas. Tidak ada fasilitas makan di dalam perjalanan.

Lain halnya dengan Rosalia Indah. Fasilitas di dalam bus hanya selimut saja, ruang kaki agak sempit dan tidak ada sandaran kaki dan bantal. Mengenai makanan, penumpang mendapat kupon makan untuk tiga kali makan di tempat pemberhentian bus.

Bus mana yang cocok untuk anda? Tergantung selera dan pertimbangan lainnya ya. Jika mengutamakan fasilitas makanan, maka baiknya pilih Rosalia Indah. Jika mengutamakan ruang yang lebih luas saat duduk, maka pilih Puspa Jaya.

Hanya saja untuk bus Puspa Jaya hanya sampai di Bandar Lampung saja. Jadi dari Bandar Lampung ke Baradatu harus menggunakan bus kecil, yang otomatis dengan fasilitas seadanya, misalnya tempat duduk yang sempit.

Untuk mendapatkan bus dari Pool Puspa Jaya ke Baradatu tidak perlu bingung ya, cukup meminta bantuan kepada petugas Pool saja. Petugas Pool akan mencarikan anda bus dan biasanya sudah pasti dapat. Bahkan jika anda beruntung bus akan masuk ke dalam pool untuk menjemput anda.

Namun jika lagi kurang beruntung, maka mau tidak mau anda harus berjalan keluar pool kurang lebih 100 meter. Namun tidak perlu khawatir juga, karena barang bawaan anda akan dibawakan oleh petugas pool seperti pengalaman saya bulan Januari kemarin.

Kenyamanan

Untuk kenyamanan di dalam bus saya rasa tidak ada perbedaan yang signifikan ya. Jika dilihat dari segi kenyamanan saat di dalam bus, bus Puspa Jaya lebih nyaman menurut saya,  karena memiliki ruang untuk kaki yang lebih luas dan memiliki sandaran kaki di kursinya. Desain di dalam bus juga sudah lebih bagus karena ruang antara sopir dan penumpang sudah ada pembatas.

Intinya dua bus ini recommended banget lah untuk travelling dari Jogja ke Lampung ataupun sebaliknya. Namun untuk bus-bus lain bukan berarti tidak bagus ya. Saya tidak bisa berbicara tentang bus-bus lainnya karena belum pernah mencicipi bus lainnya untuk travelling Jogja-Lampung maupun Lampung-Jogja.


Comments