Cara Memilih Mesin Cuci Sesuai dengan Selera dan Budget yang Dimiliki

Gambar
Di jaman modern ini setiap orang memiliki kesibukan yang cukup padat sehingga tidak memiliki waktu yang cukup untuk melakukan kegiatan dasar rumah tangga, misalnya mencuci. Dengan kehadiran mesin cuci tentu hal ini sangat membantu dan meringankan beban khususnya beban ibu-ibu rumah tangga dalam mencuci. Tahu mesin cuci kan?

Rambut Rontok? Yuk Ketahui Penyebabnya dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi (sidomi.com)

Oke...
Menindak lanjuti pernyataan saya pada postingan sebelumnya yaitu bahwa saya akan menulis tentang rambut rontok, maka sekarang saya membuat postingan tentang rambut rontok. Saya yakin tidak hanya satu atau dua orang saja yang mengalami rambut rontok ya, tapi banyak orang. Termasuk saya.


Rambut rontok bahkan menjadi masalah yang sangat serius pada beberapa orang karena jika kondisinya sangat parah bisa membuat kebotakan. Bagi kaum pria mungkin tidak terlalu menjadi masalah ya, tetapi bagi kaum perempuan tentu akan menjadi masalah. Tidak lucu bukan jika kamu cantik tapi kamu botak karena rambut rontok. Nah oleh karena itu yuk ketahui penyebab rambut rontok dan bagaimana cara mengatasinya. Karena jujur saja, bagi saya rambut rontok cukup menjadi masalah, karena jika kepala saya botak karena rambut rontok, gantengnya saya akan luntur.

Penyebab Rambut Rontok
Rambut rontok disebabkan oleh banyak hal. Nah saya akan mencoba untuk berbagi beberapa penyebabnya.

1. Faktor Genetik
Walaupun biasanya rambut rontok mulai muncul pada usia 50 sampai 60 tahun, namun karena faktor gen atau faktor keturunan, rambut rontok juga bisa muncul pada usia muda.

2. Usia
Seiring dengan bertambahnya usia, maka pertumbuhan rambut jadi melambat. Hal ini dikarenakan mulai berkurangnya pigmen rambut dan akhirnya rambut menjadi menipis dan menjadi abu-abu. Anda tentu tidak asing lagi bukan jika bertemu orang tua yang rambutnya menjadi tipis.

3. Kekurangan Nutrisi
Jika asupan nutrisi di dalam tubuh anda tidak mencukupi, maka bisa jadi itu adalah penyebab dari rambut rontok yang anda alami. Salah satun contohnya adalah vitamin D. Rambut rontok adalah salah satu tanda bahwa anda kekurangan vitamin D.

Kekurangan protein dan mineral juga demikian. Misalnya kurangnya asupan zat amino acid, atau zat tembaga, maka rambut rontok adalah salah satu sebabnya. Oleh karena itu perhatikan dengan baik asupan nutrisi pada tubuh anda.

4. Hormon yang tidak seimbang
Tidak seimbangnya hormon juga merupakan penyebab rambut rontok. Misalnya permasalahan pada kelenjar tiroid, kehamilan, dan pemakaian pill sebagai kontraseptik.

5. Stress tingkat tinggi
Jika anda mengalami rambut rontok dan pada saat yang bersamaan ada sedang dalam masalah yang cukup membuat anda stress, maka bisa jadi rambut rontok anda karena anda mengalami stress yang cukup serius. Jadi cobalah menyelesaikan masalah dengan kepala dingin.

6. Diet ketat
Diet yang sangat ketat bisa membuat rambut anda rontok. Mengapa demikian? Dengan diet yang sangat ketat bisa jadi mengurangi kalsium di dalam tubuh anda. Dengan berkurangnya protein, mineral dan vitamin ke akar rambut, maka menyebabkan rambut rontok.

Nah itu beberapa penyebab dari rambut rontok. Bagaimana cara mengatasinya?

Cara Mengatasi Rambut Rontok
Banyak sekali cara untuk mengatasi dan mengobati rambut rontok. Namun pada tulisan ini saya akan berbagi cara yang saya pakai untuk mengatasi rambut rontok.

Dalam hal ini saya menggunakan minyak Bhringgaraja. Bhringgaraja adalah tanaman obat yang sangat bermanfaat dalam mengatasi masalah pada rambut. Nama botaninya adalah Eclipta alba, dari famili Asteraceae. Mengenai Eclipta alba akan saya coba jabarkan pada postingan lainnya ya. Rencananya akan saya tulis di Ayuraushadha, blog yang saya khususkan untuk membahas tentang kesehatan.
Bringgaraja (wikimedia.org)

Di dalam metode pengobatan Ayurveda, Eclipta alba banyak digunakan untuk perawatan rambut rontok, penyakit hati, sakit kulit, dan penyakit-penyakit lainnya. Eclipta alba memiliki rasa pahit dan pedas.

Harga minyak ini bisa dikatakan sangat mahal. Saya membelinya di sini (India) Seharga 350 Rupee, sekitar 70 ribu rupiah.

Pemakaian minyak ini sangat sederhana, yaitu cukup gunakan minyak ini secara rutin 3-4 kali seminggu. Jadi minyak ini dioleskan di kelapa 30 menit atau 1 jam sebelum mandi. Sembari mengoleskan minyak, disertai dengan memberikan pijatan-pijatan pada kepala. Dengan pijatan akan membantu mempercepat kulit kepala menyerap minyak. Idealnya minyak ini dipakai pada pagi atau sore hari.

Itu mengenai metode yang saya gunakan. Saya belum bisa menceritakan bagaimana hasilnya, karena saat ini proses sedang berjalan. Jika sudah ada hasilnya tulisan ini akan saya update.

Oke, segitu dulu sharingnya...ditunggu updatenya ya. :-)

Komentar

Postingan populer dari blog ini