Buat Bukumu menjadi Buku Digital dengan Scan Tailor

image from scantailor.org

Hai...sudah lama sekali ya saya tidak posting. Nah kali ini saya akan membahas salah satu aplikasi favorit yang saya gunakan untuk mengkonversi buku-buku saya menjadi PDF, sehingga memudahkan saya membawa buku di dalam hp dan tidak perlu lagi membawa buku fisik. Aplikasi ini adalah Scan tailor. Sebenarnya udah lama sekali saya memakai aplikasi ini, namun baru kali ini sempat membahasnya.


Saat jaman serba canggih seperti sekarang ini, maka kita juga harus ikut trend ya. Jika urusan buku, maka e-book menjadi trend saat ini. Bagi anda yang suka membaca, maka wajib untuk tahu ini.
Jika anda kenal dengan amazon.com, maka istilah e-book sudah tidak asing lagi. Bahkan di google juga sudah banyak sekali e-book yang dijual. Jika anda yang belum tahu, coba saja cek di smartphone anda, biasanya di android aplikasi google book adalah aplikasi bundling.

Ah bicaranya terlalu ngelantur ya. Balik lagi ke Scan tailor.

Jadi Scan Tailor adalah aplikasi yang berfungsi untuk membantu anda jika ingin merubah buku fisik menjadi e-book dalam bentuk PDF. Scan Tailor adalah aplikasi gratis dan opensource. Jadi jiga anda puas dengan aplikasi ini anda bisa mendonasikan sedikit uang kepada pengembangnya. Jika tidak mau donasi juga tidak apa-apa.

Bagaimana caranya merubah buku fisik menjadi PDF? Apa saja yang dibutuhkan?
Kedua, anda membutuhkan kamera untuk mengambil foto dari halaman per halaman dari buku yang ingin anda rubah menjadi e-book. Tidak harus kamera bagus atau DSLR, kamera pocket sudah sangat cukup. Bahkan kamera hp juga bisa kok.

Lho...kalau kamera hp juga bisa, mengapa harus pakai Scan Tailor, bahkan di android juga banyak aplikasi scanner? Iya memang benar. Namun menurut pengalaman saya, aplikasi scanner pada android tidak memiliki fitur untuk merapikan tulisan yang tidak rapi.

Scan Tailor memiliki menu yang sangat sederhana dan mudah digunakan. Tampilan antarmuka aplikasi ini seperti gambar di bawah ini. 
tampilan scan tailor
 Bagaimana sangat sederhana sekali bukan? Untuk memulai bekerja dengan aplikasi ini maka dimulai dari New Project. Jika anda klik New Project, maka anda akan diarahkan untuk memasukkan file foto yang akan dirapikan dengan aplikasi ini. 

Kolom Input Directory adalah untuk memasukkan folder tempat anda menyimpan koleksi foto yang akan dirapikan. Kolom Output Directory adalah folder untuk termpat anda menyimpan hasil akhir dari foto yang sudah dirapikan, Jika anda sudah memilih folder asal dari foto, makas emua foto akan muncul di kolom File In Project

Di halaman editing terdapat 6 menu yang akan anda gunakan untuk editing. Menu Fix Orientation adalah menu default yang menjadi posisi awal dari foto yang akan diedit. 
Fix Orientation

Menu Split Page berguna untuk membagi foto menjadi dua bagian. Misalnya foto buku yang diambil adalah 2 halaman sekaligus, maka menu ini berfungsi untuk memecah dua halaman tersebut.
Split Page

Menu Deskew berfungsi untuk merapikan simetri dari foto dengan mengatur rotasi dari foto. 
Deskew

Menu Select Content berfungsi untuk mengatur seberapa luas arena yang boleh dicrop oleh aplikasi. 
Select Content

Menu Margin berfungsi untuk mengatur margin yang ingin ditambahkan di luar arena foto. 

Terakhir adalah Output, dimana anda bisa melihat hasil akhir dan review dari pengaturan sebelumnya.

Nah itulah sekilas mengenai aplikasi Scan Tailor. Biar lebih jelas lagi bagaimana cara pakainya, lihat video di bawah ini.


    

Comments