Cara Memilih Mesin Cuci Sesuai dengan Selera dan Budget yang Dimiliki

Gambar
Di jaman modern ini setiap orang memiliki kesibukan yang cukup padat sehingga tidak memiliki waktu yang cukup untuk melakukan kegiatan dasar rumah tangga, misalnya mencuci. Dengan kehadiran mesin cuci tentu hal ini sangat membantu dan meringankan beban khususnya beban ibu-ibu rumah tangga dalam mencuci. Tahu mesin cuci kan?

Upgrade Prosesor Acer Aspire 4736Z

Laptop telanjang
Jika sudah hobi maka apapun akan dilakukan untuk memnuhi hobi tersebut. Tidak hanya anda namun juga termasuk saya. Jika anda pemakai Acer Aspire 4726Z maka lanjutkan membaca sampai selesai. Jika laptop anda selain laptop ini, anda boleh berhenti samapi disini saja, dan jika anda lanjut membaca sampai selesai saya sangat berterimakasih.


Nah berkaitan dengan hobi, maka beberapa bulan yang lalu saya melakukan upgrade prosesor laptop jadul yang saya miliki. Kebetulan laptop jadul saya adalah Acer Aspire 4736Z.

Sebelumnya laptop ini hanya membawa spesifikasi yang terbatas. Adapun Spesifikasinya adalah:
Layar LED 16:9 14 inchi
Prosesor Intel Pentium T4500 2.3 Ghz 800 Mhz FSB
VGA Intel GMA 4500M
2GB RAM
640 GB HDD
Baterai 6 Cell
DVD Multi
Wifi
Bluetooth, de el el.

Nah itulah sekilas spesifikasi Acer 4736Z yang saya miliki. Kerusakan pertama yang saya alami adalah hardisknya jebol karena kecerobohan saya. Kerusakan hardisk dikarenakan saya mengendarai motor  dengan agak ngawur. Tanpa memperdulikan kondisi jalan saya asal terobos saja, sehingga laptop yang menggantung di punggung saya saat itu kerap kali terbentur ke punggung. Sampai akhirnya OS memberikan notifikasi bahwa ada masalah pada hardisk.

Kerusakan kedua adalah pada keyboard. Kerusakan ini tidak tahu juga apa penyebabnya. Namun yang jelas setelah dipakai oleh teman saya dengan agak brutal, yaitu mengetik denganmenekan tombol keyboard dengan tekanan-tekanan yang cukup keras, maka keesokan harinya keyboard menjadi error.Setelah coba diperbaiki beberapa kali namun gagal, maka mau tida mau harus dibelikan penggantinya.

Kerusakan selanjutnya adalah webcam dan mikrofon. Entah dari mana, tidak ada hujan tidak ada angin tiba-tiba saja webcam menghasilkan gambar yang amburadul. Begitu juga dengan mikrofon tidak bisa dipakai untuk merekam suara,  karena menghasilkan noise yang cukup tinggi. Kedua kerusakan ini sampai saat ini masih bertahan. Ini dikarenakan agak susah mencari modul camera dan mikrofon intuk laptop jadul ini.

Kembali ke masalah prosesor, jadi sebelum mengganti prosesor sekitar bulan Oktober 2016 lalu, saya sudah membeli prosesor pengganti setahun sebelumnya. Mengapa sampai 1 tahun? Karena tidak punya cukup waktu untuk melakukan penggantian.

Nah bagaimana saya mengganti prosesor laptop jadul ini, silahkan tonton langsung saja di video di bawah ini. Kebetulan saat bongkar-bongkar saya sempatkan untuk merekam videonya.


O ya tambahan lagi. Laptop ini sudah mengalami drop baterai juga. Sudah lama sekali. Saat itu sebagai cadangan saya membeli baterai baru seharga 240 ribu rupiah jika tidak salah ingat. Kemudian setahun selanjutnya saya membeli cell baterai saja.

Jadi baterai asli bawaan laptop saya refill dengan cell baterai yang baru. Jadi bisa dikatakan saat ini laptop saya memiliki 2 baterai. Mengapa harus punya dobel baterai? Karena di tempat saya tinggal sekarang, listrik byarpet adalah kendala utama. Jadi punya baterai extra untuk laptop sangat-sangat membantu sekali.

Jadi spek laptop saya saat ini adalah:
Layar LED 16:9 14 inchi
Prosesor Intel Pentium T6670 2.2 Ghz 800 Mhz FSB
VGA Intel GMA 4500M
8 GB RAM
1 TB HDD
Baterai 6 Cell dobel
DVD Multi
Wifi
Bluetooth, de el el.

Sayangnya adalah VGA laptop ini tidak bisa di upgrade. Jadi VGA masih bertahan di GMA 4500M 64 MB. Kedepannya ada rencana untuk membeli docking VGA eksternal sehingga bisa digunakan untuk main game yang membutuhkan spek VGA tinggi.


Semoga laptop jadul tercinta panjang umur. Jika anda memiliki laptop yang sama dengan saya...berarti kita saudara jauh ya...hehe.

Komentar

  1. prosesor diganti bedanya apa om? bisa beli dimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya untuk tingkatkan performa aja mas. Bisa beli online di kaskus. dulu saya beli di kaskus mas

      Hapus
  2. Dari awal DDR2 apa DDR3 bos, saya baca ramnya 8gb

    BalasHapus
  3. Wah kebetulan saya masih punya lappy tua ini, beneran ngangkat ram 8gb kah min? Pasang 2x 4gb berarti ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya beneran mas, iya 2x4 Gb.

      Hapus
    2. Kalo boleh tau pake brand apa min? Sama pake speed ram brp?

      Hapus
    3. Wah saya cek pake cpu z ternyata slot ram saya pake ddr2, sadnya ga bisa up ke 8gb :''

      Hapus
    4. Wah baru tahu saya kalau model laptop sama tapi slot ramnya beda.

      Hapus
    5. Nah makanya itu om wkwkwk, saya mentok up ke 4gb aja, terus ada niat mau up procie juga ke intel core 2 duo T9600 bisa kan ya? Saya liat di cpu-upgrade ditulisnya socketnya sama jadi harusnya sih bisa 😂

      Hapus
    6. seharusnya bisa sih. tapi mungkin butuh update bios, di forum barat saya baca ada yang upgrade ke seri T9000an ke atas, ga bisa katanya. procie ga terbaca. tapi kalau sudah punya prosesonya langsung di coba saja.

      Hapus
    7. Hallo kak apakah udah bisa upgrade prosesorny yg T9600 saya mau coba upgrade soalny, mohon bantu jawab

      Hapus
    8. Saya tidak ada upgrade lagi. Dicoba saja sendiri, ini mesti trial and error.

      Hapus
  4. Mas apa bisa Upgrade ke core 2 duo untuk processor nya ?

    BalasHapus
  5. Bro klo 4736G bisa upgrade jadi core i3 kah yg aslinya coretwoduo

    BalasHapus
  6. mas sy mau ganti processor laptop tipe 4736 tp sy nga tau caranya utk beli yg sesuai mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya dulu belinya di kaskus mas. jadi coba aja cek di market place seperti tokopedia dan bukalapak atau kaskus. masukkan kata kuncinya prosesor untuk acer aspire 4736. tanya detail kepada sellernya tentang prosesornya. gitu aja sih.

      Hapus
  7. Klo saya ugrade ke core 2 duo t5870 apa klo paling mentok core 2 duo tipe apa mas
    vga nya yg jadi masalah g bisa nambah

    BalasHapus
    Balasan
    1. vga sepertinya tidak bisa nambah, karena vganya shared memory. kalau mentoknya tipe apa sy kurang tahu juga, tapi bisa dicoba sampai T9900.

      Hapus
  8. Placa Mãe para Notebook Acer 4736 LA-5271P DDR3


    Placa Mãe para Notebook Acer 4736 LA-5271P DDR3

    https://tecseteletronica.loja2.com.br/9648399-Placa-Mae-para-Notebook-Acer-4736-LA-5271P-DDR3

    BalasHapus
  9. Slot SD bisa kah pakai adapter kemudian diisi micro SD?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini