Apa yang Bisa Kamu Lakukan dengan Smartphone Mahalmu?

Ada yang bisa menjawab tidak?

Punya smartphone mahal tentunya harus digunakan dengan maksimal untuk hidup yang lebih produktif. Kalau tidak bisa memaksimalkan smartphone mahalmu, mending dijual aja. Ya tidak? Masa smartphone mahal hanya untuk dipakai nelpon, sms, facebookan ga jelas (kecuali facebookan untuk promosi usaha ya), dan aktifitas lainnya yang kurang produktif.



Oke...saya akan membagikan beberapa tips memaksimalkan penggunaan telpon pintar yang kamu miliki. Jangan sampai telponnya pintar, kamunya tidak pintar, kan ga lucu. (lucu ding).

1. Membaca ebook
Bagi kamu yang suka membaca atau kamu yang punya niat untuk menjadi seorang kutu buku, maka ini patut dicoba. Bagaimana caranya. Di amazon.com dan di googleplay banyak dibagikan buku-buku gratis yang bisa kamu lahap setiap saat. Iya gratis. Lain ceritanya jika kamu mau membeli, tentu saya boleh, namun jika kamu ingin yang serba gratis maka download yang gratis adalah solusinya.

Kalau kamu ingin buku yang dari google, kamu tinggal buka saya playstore di telpon puintarmu. Di sana pada menu books kamu pilih saja buku-buku gratisnya, atau biar lebih cepat kamu ketik "free", maka semua buku yang gratis akan muncul.

Kamu pilih download, maka buku akan masuk ke dalam Library Play Books. Kalau Kamu belum punya Play Books, maka tokonya si Mbah Google akan memintamu untuk mendownloadnya. Setelah itu, siap-siap dah kamu membaca sepuasnya.

Begitu juga dengan di amazon, download saja aplikasi amazon kindle di playstore, dan nikmati buku-buku gratis yang ada di amazon kindle.

Kebanyakan bukunya memakaki bahasa Inggris. Iya, malah bagus kan, bisa menambah wawasanmu dalam mempelajari bahasa Inggris.

2. Fotografi
Jika kamu tidak punya uang untuk membeli kamera digital, namun kamu punya uang untuk beli telpon pintar mahal, maka ini patut kamu coba. Mulailah melakukan hobi fotografimu dengan telpon pintarmu. Dari pada hpnya hanya dipakai untuk selfi saya, mendingan kan di pakai memperdalam ilmu fotografi dengan smartphone. asik lhoo...

3. Blogging dan Vlog
Bagi kamu yang punya hobi menulis, ini wajib dilakukan. Enak lho blogging dengan smartphone. Saya sendiri sedang melakukan hal ini, beberapa postingan saya di blog ini saya lakukan dengan smartphone. Apalagi jika smarphone kamu berlayar 5 inci ke atas, maka akan lebih enak lagi.

Bahkan dengan blogging kamu juga bisa menghasilkan duit kan? Kenapa tidak dicoba?

4. Mencatat berbagai pengeluaran dan pemasukan
Jika kamu malas menulis pakai pena di kertas atau sering lupa menulis pengeluaranmu, namun kamu selalu ingat memegang smartphone mu, kenapa tidak tulis berbagai pengeluaran dan pemasukanmu di hp mu?

Banyak aplikasi note yang bisa kamu pasang di hp mu dan menuliskan berbagai hal di sana. Atau kamu bisa memakai aplikasi Ms Excel yang juga ada di playstore. Jika dengan Ms Excel, kamu bisa memakai fungsi penjumlahan, pengurangan, de el el.

5. Membuat ppt
Jika kamu orang yang sangat-sangat mobile dan malas membawa laptop kemana-mana, maka ini harus kamu coba. Kamu instal sja Ms Powerpoint di android kamu dan kamu bisa membuat ppt dimanapun kamu sempat.  Kamu juga tidak perlu membawa laptopmu yang berat itu. Kamu juga tidak perlu khawatir kalau ppt yang akan kamu presentasikan di hari esok tidak selesai.

6. Scanning buku kesayangan
Kembali lagi soal hobi membaca. Jika kamu punya buku kesayangan, namun merasa keberatan untuk membawanya kemanapun kamu pergi, kenapa tidak kamu scan saja dengan hp mu?

Download saja aplikasi scanner di hpmu, dan scan buku kesayanganmu, maka kamu tidak perlu membawa buku kesayanganmu kemana-mana, cukup membawa hp mu saja. Asik kan?

Masih banyak lagi aktifitas produktif yang bisa kamu lakukan dengan telpon pintarmu. Kenapa saya bagikan cuma 6, karena saya mood nulisnya berhenti samapi di angka 6. Lain kali saya lanjutkan ya.
Salam produktif.

Comments