Cara Memilih Mesin Cuci Sesuai dengan Selera dan Budget yang Dimiliki

Gambar
Di jaman modern ini setiap orang memiliki kesibukan yang cukup padat sehingga tidak memiliki waktu yang cukup untuk melakukan kegiatan dasar rumah tangga, misalnya mencuci. Dengan kehadiran mesin cuci tentu hal ini sangat membantu dan meringankan beban khususnya beban ibu-ibu rumah tangga dalam mencuci. Tahu mesin cuci kan?

Apa yang Istimewa dari Kuliah Kedokteran Ayurveda?


Entah apa istilah yang harus dipakai, agak bingung juga. Harus pakai istilah istimewa atau derita? Entahlah...apapun itu akan coba saya gambarkan di sini, silahkan anda menyimpulkan.


Jadi Ayurveda adalah sebuah ilmu pengobatan tradisional India, yang saat ini sedang terus berkembang bahkan bersaing dengan ilmu pengobatan tradisional lainnya, seperti pengobatan Cina misalnya. Ayurveda sendiri sudah ada sejak jaman Veda.

Bagaimana sih istimewanya mempelajari Ayurveda?

Mengapa saya memakai kata istimewa? Karena menurut saya memiliki pengetahuan tentang ilmu pengobatan Ayurved adalah sesuatu yang istimewa.
Apa yang membuatnya menjadi istimewa?

Oke akan coba saya jabarkan.

1. Harus bisa bahasa Sansekerta
Untuk menempuh pendidikan Ayurveda maka wajib bagi siswa untuk mengerti bahasa sansekerta, minimal membaca dan menulis.

Jika bisa berbicara dalam bahasa sansekerta maka akan lebih bagus lagi. Oleh karena itu pada tahun pertama kuliah Ayurveda, mata kuliah Bahasa Sansekerta adalah matakuliah wajib.

Mengapa demikian? Karena semua teks Ayurveda ditulis dengan bahasa Sansekerta. Walaupun banyak juga yang sudah ditulis dalam bahasa Inggris, namun bisa membaca teks aslinya akan jauh lebih baik karena bisa memahami maksud dari isi teks lebih mendalam dan menghindari kesalahan terjemahan pada teks berbahasa Inggris.

2. Berkutat dengan sloka
Ini sudah pasti, karena teks Ayurveda, yang disebut dengan Samhita ditulis dalam bentuk sloka-sloka.

Jadi selain membaca dan menulis ulang sloka-sloka yang dipelajari, siswa juga diwajibkan untuk hafal sloka-sloka yang penting. Jika hafal seluruh slok di Samhita tentu saja akan lebih baik.

Namun yang lebih penting adalah paham dengan maksud yang dijelaskan pada Samhita.

3. Berkutat dengan nama-nama tanaman
Nah ini juga sangat penting yang mungkin tidak ditemukan pada ilmu kedeokteran modern.

Khususnya pada tahun kedua, mata kuliah yang disebut dengan Dravya Guna adalah salah satu mata kuliah inti.

Pada mata kuliah ini siswa harus mempelajari dan menghafal nama-nama tanaman obat, baik nama Sansekerta-nya maupun nama binomial-nya serta sinonimnya.

Di dalam silabus ada sekitar 223 nama tanaman yang harus dipelajari. Bukan hanya namanya, juga termasuk fungsi dan manfaatnya untuk kesehatan.

4. Berkutat dengan berbagai mineral
Nah ini juga tidak kalah pentingnya. Ini juga dipelajari pada tahun kedua. Siswa belajar mengenai manfaat beberapa mineral sebagai obat. Diantaranya besi, merkuri, perak, emas, tembaga, bahkan sampai pada kerak telur pun dipelajari.

5. Berkutat dengan kebun obat
Karena mempelajari tanaman herbal maka sudah pasti berkutat dengan kebun tanaman obat.

Jadi tanaman-tanaman herbal yang dipelajari juga ada di kebun, sehingga sangat membantu proses pembelajaran.

6. Mempelajari dua bidang ilmu pengobatan
Nah ini yang penting. Walaupun sekolahnya ilmu pengobatan Ayurveda, namun kami juga mempelajari pengobatan modern, atau kalau di sini disebut dengan Alopathi.

Jadi bisa dikatakan sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui.

Apa gelar yang didapat setelah lulus?
Gelar untuk dokter Ayurveda adalah BAMS (Bachelor of Ayurvedic Medicine and Surgery). Dalam istilah Sansekerta, dokter disebut dengan Vaidya atau Vaidya acharya.

Menurut saya itu adalah suatu keistimewaan, bagaimana menurut anda?

Saya membuat tulisan tentang ayurveda di sini Ayurveda Indonesia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini