Sumur Bor Ala Tronton India

Ini truk yang gendong generator

Mencoba lagi membuat blognya bernafas ya.
Kemarin siang di depan hostel kampus ada aktifitas yang sedikit asing, yaitu dua buah truk tronton sedang teriak-teriak membuat suasana sangat berisik. Semua orang bertanya-tanya, ada apa gerangan? Ngapain dua tronton tersebut sangat berisik? Setelah didekati ternyata mereka sedang membuat sumur. Tepatnya mereka sedang membuat sumur bor.


Saya sempat kagum juga, karena boleh dibilang tempat kami adalah di kota kecil, atau bisa dibilang di kampung, namun untuk urusan membuat sumur bor ternyata canggih juga.

Jadi dua tronton ini memiliki tugas masing-masing. Truk yang pertama yang di punggungnya berisi generator besar, bertugas memberikan tenaga listrik kepada truk yang kedua. Truk yang di punggungnya menggendong mesin bor bertugas mengebor tanah.  Jadi generator di truk pertama adalah sumber tenaga mesin bor di truk yang kedua.

Cara kerjanya? Sudah seperti cara kerja robot, karena dioperasikan oleh satu orang saja yang menggerakkan tuas-tuas untuk proses pengeboran. Mesin bor juga mengambil sendiri mata tabung lengan bornya untuk mengebor semakin dalam. Karena lengan bornya sudah tersusun rapi di punggung truk tempat si mesin bor duduk.

Hanya saja ketika akan memasukkan pipa ke dalam lobang hasil pengeboran harus dibantu manusia, karena pipa baja yang di pasang berada diluar truk, dan juga sambungannya harus di las.

Ini truk yang gendong mesin bor
Bagi saya sangat canggih sekali hal itu. Karena waktu saya di Jogja, pernah melihat orang buat sumur bor, alatnya sangat berbeda. Bukan dengan truk tronton, tapi dengan mesin diesel kecil, dan itupun menggerakkan bor dilakukan dengan katrol secara manual. Sedangkan truk tronton di sini menggerakan bor dengan katrol bertenaga listrik dan hidrolik juga.


Selengkapnya, lihat nih penampakannya di atas. Mereka hanya butuh setengah hari saja untuk membuat sumur bor….ya boleh dibilang satu hari lah.

Comments