Cara Memilih Mesin Cuci Sesuai dengan Selera dan Budget yang Dimiliki

Gambar
Di jaman modern ini setiap orang memiliki kesibukan yang cukup padat sehingga tidak memiliki waktu yang cukup untuk melakukan kegiatan dasar rumah tangga, misalnya mencuci. Dengan kehadiran mesin cuci tentu hal ini sangat membantu dan meringankan beban khususnya beban ibu-ibu rumah tangga dalam mencuci. Tahu mesin cuci kan?

Parahnya Byar-Pet Listrik di India

Seberapa sering listrik padam di lingkungan anda dalam satu hari? Apakah lebih dari 3 kali atau kurang atau tidak pernah sama sekali? Jika dibawah 3 kali atau tidak pernah sama sekali, maka selamat anda termasuk beruntung.

Seingat saya listrik di Indonesia, khususnya di Jogja sangat jarang padam pada hari-hari normal. Listrik akan padam jika ada kejadian mendadak atau mungkin ada pemasangan baru.  Namun lain halnya di sini di India, khususnya di Koppa, dimana saya tinggal.

Di sini listrik bisa padam lebih dari dua puluh kali dalam sehari. Jangan kaget namun demikian lah faktanya. Memiliki genset ataupun memiliki instalasi panel surya sudah sangat wajar bagi warga di sini. Untuk pertokoan dan institusi pendidikan maka mereka akan menggunakan genset  yang ukuran besar dan bagi warga biasanya mereka menggunakan panel surya berukuran kecil dan genset kecil.

Hutan dan Berbukit
Koppa, kota kecil tempat saya tinggal berada sangat jauh di dari kota propinsi maupun kota kabupaten. Dari kota Karnataka untuk mencapai Koppa dibutuhkan waktu tempuh delapan jam dengan menumpang bus umum. Sedangkan dari Kota Kabupaten Chickmagalur ke Koppa membutuhkan waktu tempuh tiga jam.

Sepanjang jalur jalan yang juga sebagai jalur instalasi listrik adalah wilayah hutan dan perkebunan. Di sini selain persawahan juga ada perkebunan merica, teh, koppi dan palem. Selebihnya adalah hutan dengan pepohonan tinggi.

Berdasarkan penuturan dari teman saya hutan inilah yang menjadi salah satu penyebab mengapa listrik sering padam. Namun selain itu menurut pendapat saya sumber listrik sendiri belum mampu mencukupi kebutuhan listrik penggunanya.

Listrik di sini menggunakan tenaga air bendungan. Jika musim panas, maka pemadaman rutin selama satu jam setiap jam 7-8 malam atau jam 8-9 malam setiap hari. Selebihnya adalah listrik padam karena fator lainnya.

Jika ada angin kencang atau tanda-tanda hujan turun datang, maka sudah dipastikan listrik langsung padam. Bukan hanya satu atau dua jam namun bisa 24 jam, seperti yang terjadi sekitar 4 hari yang lalu, listrik padam dari jam 3 sore sampai keesokan harinya.

Begitu juga jika musim hujan tiba. Listrik bisa padam selama 2 sampai 3 hari. Hal ini dikarenakan faktor alam. Karena hujan di sini disertai dengan angin kencang dan biasanya banyak pohon-pohon yang tumbang. Pohon yang tumbang ini terkadang menimpa kabel listrik di pinggir jalan dan menutupi jalan.

Konsumsi Listrik yang Boros
Jika di Indonesia masyarakat sudah banyak beralih ke lampu neon yang hemat energi ataupun lampu led maka di sini sama sekali belum. Masyarakat di sini masih senang menggunakan lampu neon panjang yang menggunakan daya 40 watt dan menggunakan lampu bohlam pijar. Kedua lampu ini adalah penyebab borosnya penggunaan listrik.

Instalasi yang Asal Pasang
Pernah saya amati dengan mendetail bagaimana petugas listrik di sini menyambungkan listrik ke pelanggan di kabel utama. Saya sedikit heran karena caranya menyambungkan listrik sangat berbeda dengan di Indonesia. Jika di Indonesia sambungan kabel listrik di kabel utama akan tertutup rapi, namun lain halnya di sini.  Di sini untuk mensuplai listrik ke pelanggan hanya dililitkan begitu saja di kabel utama. Jadi kabel hanya melilit telanjang tanpa penutup. Tidak hanya di satu tempat, namun di semua tempat yang pernah saya amati.

Tidak hanya di Kota Kecil
O ya…listrik sering padam di tidak hanya di kota kecil tempat saya tinggal, namun juga termasuk di kota besar, seperti di Bangalore. Pernah saya sekali mengunjungi mall di Bangalore dan saat itu listrik padam 2 kali.

Contoh lainnya adalah ketika saya di Coimbatore, saat itu saya di salah satu rumah sakit tiba-tiba saja listrik padam. Namun di institusi-institusi besar seperti rumah sakit mereka melakukan penangan yang sangat cepat, karena mereka memiliki generator besar. Jadi di sini sudah merupakan kebutuhan bagi setiap institusi memiliki generator listrik sebagai cadangan.

Bagaimana dengan di tempat anda?



Komentar

Postingan populer dari blog ini