Cara Memilih Mesin Cuci Sesuai dengan Selera dan Budget yang Dimiliki

Gambar
Di jaman modern ini setiap orang memiliki kesibukan yang cukup padat sehingga tidak memiliki waktu yang cukup untuk melakukan kegiatan dasar rumah tangga, misalnya mencuci. Dengan kehadiran mesin cuci tentu hal ini sangat membantu dan meringankan beban khususnya beban ibu-ibu rumah tangga dalam mencuci. Tahu mesin cuci kan?

Merefil Baterai Laptop Ternyata Gampang, Acer 4736Z

Baterai setelah berhasil dibuka

Sudah dari sekitar 6 bulan yang lalu saya berkeinginan untuk merefil baterai laptop saya. Kebetulan baterai laptop yang saya pakai sudah soak, jadi Cuma bertahan 11 menit saja jika dipakai. Walapun saya punya baterai cadangan, namun karena rasa penasaran yang tinggi, tetap saja saya ingin merefil baterai laptop yang soak.


Bahkan saya sempat searching online di toko-toko di India, namun karena harganya baterai lumayan mahal jadi saya urungkan niat saya untuk merefil laptop saya di India. Sampai akhirnya saya pulang ke Indonesia dan membeli baterai refill di Indonesia. Baterai yang saya beli Hame 18650 masing-masing harganya Rp. 21000.  Baterai ini saya bawa ke India dan sampai di India setelah 1 bulan sayapun merefil baerai laptop.
Papan sirkuit baterai

Cara merefilnya ternyata sangat mudah, saya mengikuti panduan dari forum di kaskus. Karena baru pertama kami saya membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membuka bungkus baterai. Karena dalam proses membuka harus menggunakan cutter untuk merenggangkan lem yang merekatkan di sambungan baterai.

Membedah sambungan baterai juga harus hati-hati agar tidak melukai papan sirkuit baterai. Sampai-sampai saya menggunakan potongan-potongan botol sprite untuk mengganjal sambungan bungkus baterai yang sudah saya bedah.

Setelah beberapa waktu akhirnya berhasil juga. Di dalamnya berjejer 6 buah baterai Sanyo 18650. Sempat putus asa melihatnya karena baterai ini ternyata di las titik pada sambungannya.
Baterai saling terhubung dengan las titik

Karena modal nekat akhirnya saya coba untuk mencongkel sambungan las. Ternyata berhasil. Bateraipun saya lepas satu per satu. Setelah semua baterai saya lepas, termasuk dari sensor yang menempel pada bodi baterai, baterai baru yang sudah saya siapkan saya rangkai seperti sediakala mengikuti sususan baterai Sanyo.

Pada proses ini juga membutuhkan waktu yang cukup lama karena saya terkendala bagaimana caranya menghubungkan semua baterai sedangkan saya tidak ada perlengkapan untuk las titik, ditambah lagi salah satu lempengan kabel yang lenghubungkan baterai ada yang patah.
Sensor menempel pada bodi baterai

Setelah berfikir sejenak akhirnya saya rekatkan lempengan tersebut dengan menggunakan double tape tebal dan lakban. Kemudian saya pasang pada pembungkusnya. Sampai tahap ini gagal karena setelah saya coba pasang pada laptop dan di cas, indikator cas tidak menyala. Saya sempat berasumsi bahwa mungkin papan sirkuitnya rusak karena saya bongkar. Putus asa lagi.
Baterai pengganti

Bertapa sejenak untuk menenangkan pikiran dan mencari solusi. Akhirnya semangat datang lagi, datang pada kesimpulan mungkin merekatkan baterainya kurang rekat. Jadi baterai saya bongkar lagi. Saya rekatkan ulang dengan lakban sekuat mungkin. Bukan hanya dengan tangan saja saya merekatkannya, termasuk kaki saya turut membantu menahan tekanan dari tangan saya dalam merekatkan baterai.

Setelah berkomat-kamit sejenak, rangkain baterai saya masukkan ke dalam pembungkusnya. Setelah tertutup rapat dan yakin baterai pasti bisa menyala, maka saya pasang baterai pada laptop. Saya pasang charger laptop, dan....taraaaaa....berhasil. Indikator cas menyala. Saya berhasil merefil baterai laptop.
Ini adalah yang mengganti baterai. Jangan ditiru tanpa memakai baju ya. 

Tahapan selanjutnya adalah melakukan kalibari pada baterai. Karena secara default laptop akan mendeteksi baterai seperti kondisi sebelumnya, yatu kondisi dengan kapasitas baterai yang rendah. Untuk cara kalibrasi bisa tanya mbah google ya. Banyak kok yang menulis tentang cara kalibrasi.


Sampai saat ini dari hasil kalibrasi beberapa kali, wear level yang sebelumnya 99% turun menjadi 79%. Berdasarkan hasil ujicoba, baterai dengan kondisi 6 persen bertahan sekitar 3 jam. Begitulah ceritanya, semoga bisa menjadi motivasi buat anda yang ingin merefil baterai laptopnya sendiri. Lebih detail tentang cara merefil bisa kunjungi kaskus.com. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini