PSU Seasonic SS400ET Mati Mendadak, Kenapa Ya?

Salam Blogger
Kali ini postingan saya akan melompat jauh ke hardware PC, yaitu tentang power supply Seasonic SS400ET. Jadi ceritanya begini:

Pada bulan Juli tahun 2013 lalu saya membeli PSU Seasonic SS400ET di DPJ. Saya memilih PSU ini dengan alasan PSU ini merek terkenal dan memberikan pure power. Selain itu berdasarkan kebutuhan, PSU ini sesuai dengan kebutuhan saya.

Namun sayang sekali sekitar Januari 2015 PSU ini tiba-tiba mati mendadak. Kebetulan saat PSU ini mati saya sedang berada di India, jadi saya tidak bisa menanganinya langsung. Berdasarkan informasi dari kakak saya, PSU ini tiba-tiba saja mati pada saat PC sedang dipakai dan setelah coba untuk tihidupkan lagi PC-nya, PC tidak mau menyala.


Karena kakak saya awam soal PC, maka ia mengundang tukang servis PC datang kerumah untuk mengecek kondisi PC dan memastikan bagian mana yang rusak. Jadi setelah di cek ternyata disimpulkan bahwa PSU lah yang menjadi sumber masalahnya.

Namun sayang sekali, saking  awamnya kakak saya tentang PC, spontan saja ia memerintahkan kepada tukang servis untuk membongkar dan memperbaiki PSU tersebut. Namun kakak saya juga meminta kepada tukang servis untuk menghubungi saya sebelum menyervis PSU tersebut.

Namun apa daya, kakak saya lupa bahwa PSU tersebut bergaransi 5 tahun. Padahal sebelum saya berangkat ke India sudah saya sampaikan bahwa PSU tersebut bergaransi 5 tahun, dan jika ada masalah pada PSU, cukup dibawa ke penjual saja, maka PSU akan di ganti baru.

Mungkin keberuntungan belum berpihak kepada PSU tersebut. Tukang servis langsung saja membongkar PSU tanpa menghubungi saya, seperti yang diminta oleh kakak saya sebelumnya. Saat saya berinisiatif menghubunginya setelah saya menghubungi kakak saya, ternyata PSU sudah dibongkar. Maka hanguslah garansi PSU tersebut. Pada saat itu saya sempat kesal juga, namun apa daya, itu sudah terjadi. Hehe.
Mau tidak mau kakak saya membeli PSU baru, Enlight. Saya hanya meminta kepada kakak untuk menyimpan PSU yang lama, karena saya akan mencoba memperbaikinya pada saat saya pulang nantinya.

Nah setelah saya pulang sekitar sebulan yang lalu, keesokan harinya saya langsung mengecek PSU tersebut. PSU tersebut pada saat dinyalakan kipasnya akan berputar sebentar, kemudian mati, hanya berputar beberapa detik saja.

Saya juga sempat menghubungi pihak DPJ, mencoba untuk mengklaim garansi, walaupun saya tahu bahwa itu tidak akan berhasil karena segel pada baut  PSU sudah rusak. Dan jawaban dari pihak DPJ pun demikian, bahwa garansi tidak dapat di klaim karena segel PSU sudah rusak.

Karena sudah terlanjur pernah dibongkar, maka beberapa kali saya sempatkan untuk mengotak atik PSU tersebut, mencoba untuk menjadi anak yang kreatif. Termasuk malam ini, saya coba cek lagi, namun apa daya, saya tidak memiliki keahlian di bidang elektronika. Jadi tidak membuahkan hasil.

Terakhir.... saya mau tanya, mungkin pembaca ada yang mengalami hal yang sama? Atau adalah yang tahu solusinya? Jika ingin menyervis PSU tersebut, dimana kira-kira tempat servis PSU yang terpercaya untuk memperbaiki PSU ini di Jogja?


Monggo, bagi yang tahu silahkan dikomentari.  

Comments