Tips Agar Tidak Tertipu dalam Transaksi Online

Beberapa hari yang lalu membaca berita kalau Pak Mentri Roy Suryo tertipu dalam transaksi online. Heran juga bacanya, apalagi ketipu sama ABG. Mungkin sudah takdir kali ya? hehe. Tapi berbicara soal ketipu, saya juga pernah tertipu. Padahal transaksinya dengan COD, bukan transaksi kirim barang. Sejak saat itu saya pelajari karakter penjual dan saya pelajari ciri-ciri penjual yang penipu dan yang bukan penipu.


Karena saat ini belanja online sudah jadi tren maka yang namanya penipuan memang tidak bisa dihindarkan. Sudah pasti ada orang-orang yang memanfaatkan suasana untuk meraup uang tanpa perlu kerja keras. Namun itu bukan alasan untuk takut berbelanja online. Saya sendiri walaupun pernah hampir tertipu dan sudah pernah tertipu saat transaksi COD tidak kapok untuk transaksi online. Bahkan beberapa bulan terakhir ini saya hampir 10 kali melakukan pembelian barang via online.

Sebagai seorang seller dan juga buyer saya akan coba memberikan tips agar anda terhindar dari penipuan dalam transaksi online. Namun sebelum itu saya akan coba bahas mengenai transaksinya Pak Mentri di olx.co.id, yang sebelumnya tokobagus. 

Olx.co.id merupakan website yang bagus dan efektif sebagai tempat jualan dan belanja. Namun menurut saya karena olx tidak menyertakan rekber di dalam websitenya untuk melakukan transaksi maka menyebabkan mudah sekali penipu melakukan penipuan. Kecuali memang buyer punya inisiatif untuk mengajak seller bertransaksi via rekber. Karena saat ini keberadaan rekber sangat membantu dalam keamanan belanja online. Jadi menurut saya, jika akan membeli barang yang diiklankan di olx.co.id, sebaiknya pembayaran dengan cod, mendatangi seller ke rumahnya.

Nah berikut beberapa tips dari saya agar aman dalam belanja online. Mungkin bahasan seperti ini sudah basi ya, sudah banyak juga yang menulis, namun tidak ada salahnya saya juga membahasnya, paling tidak mengingatkan kembali, karena ternyata masih ada juga yang tertipu dari berbelanja online.

Pilih Website
Memilih website tepat bertransaksi ini sangat penting. Saat ini sudah banyak website jual beli yang sudah menggunakan cara pembayaran yang aman. Contohnya adalah 2 website yang sering saya gunakan adalah bukalapak.com dan tokopedia.com. Cara transaksi kedua website ini adalah setelah buyer memilih barang yang diminati, buyer melakukan pembayaran via website tersebut, bukan dengan langsung transfer ke rekening seller. Seller hanya akan mendapatkan pembayaran jika barang yang dibeli sudah diterima oleh buyer. 

Pilih Seller
Memilih seller juga sangat penting. Seller yang jujur dan benar-benar menjual barang yang berkualitas maka akan memiliki feedback yang bagus. Olx.co.id tidak memiliki fitur feedback ini, jadi susah mengetahui yang mana seller yang bagus. Tokopedia dan bukalapak memiliki fitur ini.

Gunakan Rekber
Rekber adalah plihan yang tepat dalam transaksi online. Apalagi jika anda melakukan transaksi dalam jumlah besar. Jika anda bertransaksi di website yang tidak memiliki fasilitas rekber, tidak perlu bingung, karena sudah ada website rekber. Namun memilih website rekber juga harus hati-hati, karena ada di antaranya yang menipu juga. Lain halnya di kaskus, transaksi dengan rekber di kaskus saat ini sudah sangat terpercaya.

Dan selebihnya dari itu, percayalah dengan karma. Jika anda tertipu sejumlah uang, anggaplah anda sedang melakukan donasi, mungkin yang menipu lebih membutuhkan uang itu. Dan hukum karma akan bekerja, orang tersebut pasti akan kehilangan yang jauh lebih besar dari yang dia lakukan terhadap anda. 

  


Comments