Mouse Wire vs Wireless untuk Gaming

Wireless mouse. Gambar dari razerzone.com

Beberapa hari terakhir ini saya sedang mencoba memenuhi hasrat saya untuk memiliki mouse yang sedikit berbeda dari sebelumnya. Saya ingin sekali memiliki mouse wireless. Saya ingin mencoba menggunakan mouse wireless untuk gaming. Bahkan siang tadi saya sudah sempat ke salah satu toko asesoris komputer untuk membeli mouse. Namun setelah beberapa saat diliputi kebingungan dalam menentukan pilihan, akhirnya saya putuskan mmenunda membeli mouse wireless.


Setelah saya browsing beberapa saat mencari info tentang mouse, baik wireless maupun yang wire, saya mendapatkan beberapa informasi yang bermanfaat. Nah akan saya bagikan pada tulisan ini, semoga informasi ini juga bermafaat bagi teman-teman pengunjung blog saya ini.

Keuntungan dari menggunakan mouse wireless yaitu tidak ada istilah kabel-kabel yang berserakan, menyangkut atau mengganggu, sangat nyaman digunakan saat memakai monitor yang guuuede karena bisa mengoperasikan pc dari jauh, dan yang jelas lebih eksklusif dibandingkan menggunakan mouse yang memakai kabel.

Sedangkan keuntungan menggunakan mouse yang berkabel adalah tidak ada istilah delay pada saat mengoperasikan, mouse lebih ringan karena tidak memakai baterai, tidak akan rewel karena masalah sinyal (bentrok sinyal wifi), tidak perlu mengganti baterai karena tidak memakai baterai, dan yang jelas harganya jauh lebih murah.

Saat bermain game tentu saja agan sangat merugikan jika misalnya terjadi delay sinyal pada waktu klak klik. Apalagi sebagian besar game membutuhkan gerakan mouse yang cepat. Oleh karena itu bisa dikatakan bahwa mouse kabel tetap lebih baik daripada mouse tanpa kabel. Mouse wireless lebih cocok digunakan untuk menjalan komputer dengan aktifitas standar.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih mouse, khususnya mouse untuk main game antara lain: Cek langsung mouse dengan tangan sendiri. Pastikan mouse tersebut sesuai atau tidak dengan tangan anda. Yang paling penting dalam membeli mouse adalah sesuai di tangan, bukan pada speknya. Jika sudah sesuai di tangan baru kemudian cek fitur dan lain-lainnya. Ketahui apakah anda butuh atau tidak akan fitur-fitur yang dibawa mouse tersebut.

Dalam mengecek mouse anda perlu mengetahui cara memegang mouse tersebut. Secara umum ada dua cara memegang mouse. Pertama, claw grip, yaitu memegang mouse dengan menjepit mouse dengan jari atau ujung jari. Kedua, palm grip, yaitu memegang mouse dengan seluruh telapak tangan menempel pada mouse.

Mouse tipe claw grip dan palm grip berbeda. Jadi hal ini perlu sangat diperhatikan agar sesuai dengan tipe grip tangan kita. Jika ini tidak diperhatikan bisa jadi mouse yang dibeli tidak nyaman dipakai, sekalipun harga mouse tersebut super mahal.

Bagaimana, sudah ada gambaran bukan saat akan membeli mouse? Jika anda membeli mouse untuk gaming, sebaiknya pilih mouse dengan kabel. Jika mouse untuk keperluan standar dan bukan untuk game, maka mouse wireless patut anda coba. Sebagai gambaran, mouse wireless juga cocok bagi anda yang suka bepergian. Karena anda tidak akan ribet membawanya dan tidak akan direpotkan oleh kabel menjuntai.  

Comments