Membuat PDF dari Kumpulan File Image

images2PDF 6

Membuat file pdf dari kumpulan foto tidaklah sulit, bahkan sangat mudah. Yang diperlukan adalah anda sudah memiliki aplikasinya. Pada postingan saya sebelumnya saya sudah menyajikan tentang Pdf Creator bukan?

 

Nah pada tulisan kali ini saya akan berbagi tips bagaimana membuat file pdf dari kumpulan foto, sehingga foto-foto ini tergabung menjadi satu dalam sebuah file pdf. Misalkan saja kasusnya adalah anda memiliki kumpulan foto halaman-halaman buku. Tentu sulit bukan jika kita ingin membaca isi dari halaman buku ini jika masih dalam format foto. Akan jauh lebih mudah jika membaca jika foto-foto ini digabungkan menjadi 1 file pdf, karena akan berbentuk seperti sebuah buku utuh.

Berikut ini caranya:

Jika PDF Creator sudah terinstal di komputer anda, jalankan aplikasi Images2PDF. Aplikasi inilah yang akan digunakan untuk mengubah file gambar menjadi PDF.

images2PDF

Selanjutnya buka File—Import mages. Bisa juga dengan shorcut Ctrl+I atau klik tombol seperti pada gambar di atas yang dilingkari merah. Maka akan muncul jendela pengaturan kertas.

images2PDF 2Atur papersize yng ingin digunakan. Pilihan yang ada adalah Original size, A1, A2, A3, A4, A5, A6, dan Letter. Ditentukan sesuai dengan keinginan anda. Kalau aya pribadi lebih senang menggunakan Original size. Kemudian klik tombol Import, maka anda akan diarahkan untuk memilih gambar yang akan dijadikan file PDF.

Setelah anda memilih gambarnya, tunggu beberapa saat sampai aplikasi meng-import gambarnya. Jika gambar sudah ter-import semua maka gambar akan berjejer rapi seperti contoh gambar di bawah ini.

Selanjutnya klik File—Export to pdf atau dengan shortcut Ctrl+E, atau bisa juga dengan klik tombol export seperti yang ditunjukkan tanda panah hitam pada gambar.

images2PDF 3

Sebelum mengeksport anda juga bisa mengatur posisi kertas dengan tombol yang ditunjuk dengan panah merah. Mengatur border dengan menekan tombol yang ditunjuk dengan panah hijau atau memotong gambar dengan tombol yang ditunjuk dengan panah abu-abu. Jika sudah yakin dengan semua pengaturannya, baru kemudian tekan tombol export.

Selanjutnya akan mucul jendela Export seperti gambar di bawah ini:

images2PDF 4

Pada menu Metadata ini ada beberapa kolom yang harus anda isi. Anda bisa mengisi semuanya atau salah satu saja. Kemudian pada menu Image compression anda bisa mengatur tingkat kompresi dari gambar yang akan dijadikan PDF.

images2PDF 5

Kemudian klik tombol titik-titik, seperti yang ditunjuk dengan panah untuk menyimpan file PDF tersebut. Terakhir klik Export dan tunggu sampai proses selesai. Jika sudah selesai maka file PDF akan terbuka secara otomatis.

Gimana, gampang bukan? Selamat mencoba.

Comments