Tips Advance Resume Download IDM


Semua netter sudah tahu IDM bukan? Jika untuk urusan download file dalam jumlah besar, IDM adalah solusinya, apalagi jika file tersebut bisa diresume, maka otomatis download akan semakin cepat. Banyak sekali keuntungan-keuntungan yang didapatkan dengan mendownload file menggunakan IDM.

Namun permasalahannya, walaupun file download tersebut bisa diresume, terkadang error juga saat diresume. Pada IDM keluar penrnyataan bahwa link dowloadnya tidak valid. Kasus seperti ini biasanya disebabkan oleh banyak hal diantaranya adalah karena kita mendownload melalui akun gratis, bisa juga karena koneke internet tidka stabil dan saat pertengahan download koneksi internet putus nyambung. Sehingga menyebabkan link download tidak valid.

Hal ini seperti ini terkadang membuat kesal. Misalnya kita download file sebesar 4 giga, pada saat proses 99 persen, proses download gagal karena link tidak valid karena gangguan koneksi internet. Tentu sangat menjengkelkan.

Nah saat ini, jika anda menghadapi kasus seperti di atas, anda tidak perlu panic atau emosi. Aca trik yang ampuh untuk mengatasi hal tersebut. Berikut ini saya sajikan triknya:

Misalkan kasus yang anda alami seperti contoh di atas. Maka yang harus dilakukan adalah:
1.    Klik cancel pada halaman download IDM
Klik Cancel pada jendela ini
Jika muncul jendela seperti ini, klik Ok saja, maka akan langsung jendela konfirmasi

2.    Pada antarmuka IDM, klik kanan pada daftar download yang ingin diresum
Klik kanan pada file download yang akan diresume, pilih Refresh download address
3.    Setelah muncul jendela konfirmasi, pilih ok, kemudian klik menu stop waiting, maka otomatis anda akan diarahkan halaman download baru, sama seperti halaman download anda sebelumnya. 
Klik Ok

Klik stop waiting
4.    Setelah anda memilih menu download dan muncul jendela download file info, anda blok dan copy link pada kolom URL.
Copy link pada kolom URL

5.    Klik kanan lagi pada nama file download yang akan diresume dan pilih Properties. Paste link yang di copy tadi pada jendela properties di kolom address. Kemudian klik Ok. 

Properties

6.  Terakhir, klik tombol resume. Maka download akan berlanjut tanpa harus mengulang dari awal. 

Demikian tips singkat meresume download pada IDM, semoga bermanfaat.

Comments