Menggunakan Bonsai untuk Ciptakan Suana Sejuk di Rumah


Bonsai-bonsai yang dibawa dari Cilacap
Bonsai adalah tanaman yang diletakkan di atas pot kecil, dan biasanya tanaman itu dibentuk sedemikian rupa sesuai dengan keinginan pembuatnya. Biasanya bonsai akan dibentuk menjadi bentuk-bentuk unik dan indah agar sedap dipandang. Begitu pendapat saya. Saya tidak mencoba mencari referensi mengenai apa itu bonsai, oleh karena itu jika ada pengertian yang berbeda, dipersilahkan.


Bonsai menggunakan pot kecil sebagai media tanamnya. Sehingga mudah untuk dipindah-pindah. Tanaman yang dijadikan bonsai biasanya tanaman-tanaman yang memang merupakan kategori tanaman hias. Jadi bukan sembarang tanaman. Lagi pula, akan sangat ribet jika tanaman padi dijadikan bonsai. Betul tidak?
Bonsai Berry Super
Berkaitan dengan bonsai, kebetulan seminggu yang lalu saya bertemu dengan pedagang bonsai di Shopping, Taman Pintar, Jogja. Saat itu setelah saya selesai berkeliling mengitari toko-toko buku disana saya bertemu dengan bapak Anto, si penjual bonsai. 

Bapak Anto jauh-jauh dari Cilacap ke Jogja hanya untuk menjual bonsai. Beberapa bonsai yang ia bawa adalah bonsai Berry Super, bonsai Sri Rejeki, bonsai Penjalin, dan bonsai Loncar. Tentu saja ada bonsai-bonsai lain yang ia bawa, tetapi masih tersimpan di kardus besar yang ada di sampingnya. nama-nama yang saya sebutkan di atas adalah nama-nama bonsai yang dipajang. 
Bonsai Sri Rejeki
Bonsai-bonsai tersebut ia bawa dari cilacap dengan menumpang bus. Bonsai-bonsai tersebut dibuat oleh petani tanaman hias di Cilacap. Usut punya usut setelah bercerita panjang lebar bahwa bonsai-bonsai itu dibuat di tempatnya bekerja. Jadi pak Anto bekerja di bidang jasa pembuatan taman rumah. Biasanya ia ikut dengan bosnya untuk membuat taman-taman di rumah pemesan. Namun jika sedang tidak ada pekerjaan membuat taman, pak Anto dan teman-temannya akan berkeliling ke kota-kota lain untuk menawarkan bonsai. 

Bahkan kata beliau beberapa temannya menawarkan bonsai sampai ke luar pulau, salah satunya ke Sulawesi. Jika ke luar pulau biasanya mereka akan membawa bonsai sebanyak 1 truk.
Bonsai Penjalin
Bonsai-bonsai yang dibawa pak Anto harganya tidak terlalu mahal menurut saya. Paling murah harganya 40 ribu, itupun masih boleh nego. Kalau tidak salah paling mahal harganya cuma 75 ribu. 

Menurut cerita pak Anto, perawatan bonsai yang ia jual sangat mudah. Cukup bonsai diletakkan di atas piring atau tatakan lainnya dan hanya perlu disisram seminggu 2 kali saja. Bonsainya sudah diberi lapisan lumut pada bagin atas akarnya sehingga bisa menyerap dan menahan air lebih lama. 
Bonsai Loncar
Bonsai-bonsai ini sangat cocok sekali dipajang di sudut-sudut rungan agar ruangan benjadi sejuk. Bisa juga diletakkan di teras depan rumah. Bahkan bisa juga diletakkan di dalam kamar sehingga kamar bisa menjadi segar dan "go green".

Nah jika pembaca bertemu dengan bapak ini, jangan lupa beli minimal 1 bonsai ya, kasihan bapaknya jauh-jauh dari Cilacap untuk jualan bonsai. 

Comments