Pompa Air Gravitasi

Beberapa bulan terakhir ini saya sedang mencari-cari informasi tentang memasang pompa air di sumur tetapi tanpa menggunakan tenaga listrik untuk menarik airnya ke atas. Memang banyak tulisan-tulisan yang membahas tentang pompa air tanpa menggunakan listrik ini, namun dalam tulisan-tulisan tersebut tidak dijelaskan mengenai perbandingan atau rumus yang harus digunakan dalam membuat perbandingan kedalaman sumur, panjang pipa, dan besar tabung dan lainnya.

Pompa ini disebut dengan pompa gravitasi, yaitu dengan memanfaatka gaya gravitasi untuk menaikkan air dari sumur ke permukaan. Jadi sama sekali tidak menggunakan tenaga listrik.
Menurut tulisan-tulisan yang saya baca melalui hasil pencarian google, perlengkapan yang dibutuhkan dalam membuat pompa ini adalah:

1. pipa paralon, sambungan pipa, kran air, lem pipa, dan klep.
2. tabung yang akan digunakan sebagai pancingan.
3. peralatan pendukung lainnya.

Cara merangkainya adalah pipa yang akan dipakai untuk menyedot air dihubungkan ke tabung pancingan. Pipa intake masuk melalui bagian atas tabung dan di bagian bawah tabung dibuat pipa keluar yang diisi dengan kran. Pada proses pemasangan pipa dan tabung ini pastikan bahwa tidak ada lubang sekecil apapun apalagi bocor. Lubang yang sangat kecilpun akan membuat kita pusing karena sudah pasti akan ada udara yang masuk ke dalam tabung. Tabung dan pipa harus dibuat menjadi hampa.

Jika sudah pasti tabung dan pipa terhubung dan rapat maka selanjutnya adalah mengisi tabung dengan air sampai penuh melalui lubang pancingan yang dibuat. Jika tabung sudah penuh maka tutup lubang pancingan tadi rapat-rapat. Selanjutnya adalah coba membuka kran air yang sudah terpadang di bawah tabung, maka air akan keluar. Tunggu beberapa saat dengan perkiraan air yang keluar sudah sebanyak isi tabung. Jika air sudah keluar sampai beberapa waktu, maka pompa gravitasi yang dibuat sudah bekerja dengan baik. Namun sebaliknya, jika air berhenti keluar maka pompa air yang dibuat belum sempurna. Kemungkinan ada lubang yang belum tertutup dengan sempurna.   

Saya ingin mengaplikasikan pompa seperti ini pada sumur di rumah. Sumur yang ada di rumah saya adalah sumur dengan kedalaman sekitar 10-15 meter.  Kendala yang saya hadapi adalah dengan kedalaman sumur seperti yang saya tuliskan, saya belum tahu perkiraan ukuran tabung yang harus digunakan dan ukuran pipa yang harus digunakan.

Jika pembaca pembaca ada yang memiliki pengalaman dalam pompa ini, mohon tinggalkan komentarnya.

Comments

  1. AnonymousJuly 24, 2014

    Gak ono video tah bro???

    ReplyDelete
  2. videone coba cari di youtube bro. saya kebetulan belum ketemu videonya. :-)

    ReplyDelete
  3. Menurut saya, ide "Pompa Air Gravitasi" anda mustahil diterapkan untuk sumur pada umumnya bro ,..

    kecuali permukaan air lebih tinggi dari ujung pipa outputnya
    misalnya posisi sumurnya berada di bukit untuk mengaliri rumah yang lebih rendah posisinya dari bukit (seperti menguras/mengisap bensin motor dengan selang melalui mulut tangki) , gunakan pompa siphon atau sistem pancingan seperti diatas pasti berhasil .

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ujung outputnya lebih panjang dari input mungkin bisa mas. saya belum sempat coba. penasaran pengen coba

      Delete

Post a Comment