Kruta Sauca Vidhi, Danta Dhavana, dan Jihva Nilekana

Pada tulisan sebelumnya tentang svastavrtta sudah saya sajikan tahapan awal pada aktifitas dinacharya, yaitu brahma muhurta. Nah pada tulisan ini akan saya lanjutkan menyajikan tahapan selanjutnya, yaitu yang akan saya sajikan pada tulisan ini adalah kruta sauca vidhi, danta dhavana, dan jihva nilekana.

Kruta Sauca Vidhi

Kruta sauca vidhi adalah tahapan selanjutnya yang harus dilakukan setelah kita bangun pada waktu brahma muhurta. Aktifitas yang dilakukan pada tahapan kruta sauca vidhi adalah:
a) Buang air kecil
b) Buang air besar
c) Mencuci muka
d) Cuci tangan dan kaki


Danta Dhavana

Setelah mengerjakan tahapan kruta sauca vidhi, aktifitas yang dilakukan pada selanjutnya adalah membersihkan gigi. Gigi harus dibersihkan dengan bahan yang memiliki rasa pahit, pedas, dan sepet. Misalnya dengan menggunakan ranting pohon nim. Membersihkan gigi harus hati-hati agar tidak menyebabkan luka pada gusi. Masing-masing gigi dibersihkan satu persatu dan membersihkan gigi dilakukan 2 kali setiap anda membersihkan gigi.
Membersihkan gigi dengan menggunakan bahan yang memiliki rasa pahit, pedas, dan sepet karena rasa-rasa tersebut akan menurukan kapha di dalam mulut. Pada saat tidur secara otomatis kapha akan membasahi mulut.
Manfaat yang didapat dari membersihkan gigi secara rutin adalah untuk menghilangkan bau mulut, menghilangkan lapisan kotoran pada gigi, menghilangkan kapha pada mulut, memberikan rasa segar pada mulut sehingga bisa mengecap makanan dengan baik dan membuat pikiran menjadi segar dan jernih.
Danta dhavana tidak boleh dilakukan dalam keadaan memiliki gangguan pencernaan, muntah-muntah, gangguan pernafasan, batuk, penyakit pada wajah, sedang haus, sariawan, gangguan pada jantung, gangguan pada mata, gangguan pada kepala, gangguan pada telinga.
 

Jihva NIlekana

Setelah membersihkan gigi selanjutnya adalah membersihkan lidah yang disebut dengan jihva nilekana. Membersihkan lidah ini menggunakan pembersih lidah yang terbuat dari logam tembaga, kuningan, dan jika memungkinkan menggunakan emas. Namun dengan alat sederhana juga bisa yaitu dengan menggunakan lidi kelapa. Lidi tersebut ditipiskan agar bisa lentur dan bisa ditekuk.
Manfaat membersihkan lidah adalah menghilangkan bau tak sedap pada mulut, bisa merasakan makanan dengan baik, dan membuat lidah terasa ringan dan segar.
Sementara sampai di sini dulu sajiannya, tahapan-tahapan aktiftas lainnya akan saya sajikan pada posting yang lain. Selamat membaca.
 

Comments