Sehat Menurut Ayurveda

Pada postingan sebelumnya tentang Āyurveda saya sudah menulis sedikit tentang sejarah Āyurveda, Panca Mahabhuta dan beberapa hal lainnya. Pada postingan ini saya akan memulai lagi bahasan mengenai Āyurveda.
Saya tidak bermaksud menggurui pembaca semua tentang apa yang saya tulis pada blog saya ini, saya hanya ingin berbagi tentang apa yang sudah saya pelajari dan sedikit saya ketahui. Semoga apa yang saya tulis ini bermanfaat bagi pembaca.
Pada tulisan-tulisan sebelumnya mengenai Āyurveda saya tidak menyertakan doa pada awal tulisan, nah mulai dari tulisan ini, akan saya sertakan doa pada awal tulisan-tulisan saya yang berkaitan dengan Āyurveda. Baiklah, tanpa perlu banyak basa-basi, kita mulai saja.
Om sarasvati namastubhyam varade kamarupiṇi
Vidyārambam kariṣyāmi siddhirbhavatu me sadā
Om sarasvati, hormat hamba kepada-Mu, pemberi anugrah, pemberi bentuk keinginan, Hamba akan memulai belajar, semoga keberhasilan selalu menjadi milik hamba.
Pada tulisan ini kita mulai dari faktor yang menyebabkan kita sehat dan sakit. Kita sehat dan sakit dipengaruhi oleh dua hal yaitu faktor internal dan faktor eksternal.
Faktor internal yang dimaksud disini adalah doṣa dan duṣya. Doṣa adalah kumpulan dari guna (sifat-sifat) dari elemen di dalam tubuh. Duṣya adalah dhatu yang dipengaruhi oleh doṣa. Kedua hal ini akan saya coba bahas pada tulisan yang lain.
Selanjutnya yang dimaksud dengan faktor eksternal adalah makanan dan aktifitas. Kita akan sehat jika kita memakan makanan yang sehat dan layak makan. Kita akan sakit jika kita memakan makanan yang tidak sehat dan tidak layak makan. Makan berlebihan juga bisa menyebabkan kita sakit, makan kurang juga bisa menyebabkan kita sakit. Telat makan juga akan menyebabkan kita sakit. Oleh karena itu kita dianjurkan untuk selalu memakan makanan yang sehat, tidak makan berlebihan dan makan tepat waktu sesuai dengan jam tubuh untuk menjaga kesehatan tetap terjaga.
Dalam beraktifitas sering kali kita tidak berhati-hati sehingga menyebabkan celaka, atau mungkin kita beraktifitas berlebihan dari kemampuan tubuh. Jika kita misalnya mengalami kecelakaan saat beraktifitas sudah tentu kita akan sakit. Begitu juga jika kita beraktifitas melebihi kemampuan tubuh, maka bisa menyebabkan kita sakit karena tubuh bekerja diluar kemampuannya. Oleh karena itu sebaiknya kita berhati-hati dalam menjalankan aktifitas keseharian dan melakukan pekerjaan sesuai dengan kemampuan tubuh.
Setelah mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan kita sehat atau sakit, mari kita ketahui apakah sehat itu?
Dalam sudut pandang Āyurveda, pada Susruta Samhita Sutrasthana 15.41, sehat didefinisikan sebagai:
a. Doṣa-doṣa di dalam tubuh dalam kondisi seimbang
b. Agni di dalam tubung bekerja dengan baik
c. Dhatu-dhatu di dalam tubuh aktif bekerja saling terkait dalam memberikan nutrisi pada tubuh. Dhatu adalah jaringan di dalam tubuh. Ada 7 dhatu yaitu Rasa, Rakta, Mamsa, Meda, Asti, Majja, dan Sukra. Akan dibahas pada tulisan tersendiri.
d. Mala-mala dikeluarkan atau dieliminasi secara alami dari dalam tubuh. Mala adalah kotoran yang ada di dalam tubuh. Ada 3 mala yaitu mutra (air kencing), sakrut (feces), dan sveda (keringat). Akan dibahas pada tulisan tersendiri.
e. Atma, Indriya, dan Manas dalam kondisi bahagia atau tidak memiliki beban.
Sedangkan dalam Caraka Samhita Sutrasthana 9.4 disebutkan bahwa sakit adalah ketidakseimbangan dan sehat adalah keseimbangan.
Beberapa ciri-ciri bahwa kita sehat adalah:
a. Nafsu makan yang bagus
b. Sistem pencernaan yang bagus
c. Tanpa ada masalah dalam eliminasi udara dari dalam tubuh
d. Tanpa ada masalah dalam eliminasi urin dari dalam tubuh
e. Tanpa ada masalah dalam eliminasi feces
f. Tubuh terasa ringan
g. Panca indra bekerja normal
h. Kondiri tidur nyaman/tanpa ada gangguan
i. Tubuh terasa kuat/tenaga normal
j. Warna kulit normal
k. Berumur panjang
l. Pikiran rileks/ tanpa beban
m. Agni dalam tubuh seimbang
Demikian sedikit ulasan tentang sakit dan sehat, semoga bermanfaat.
Salam sehat.


































Comments