Sesi Yoga yang Terekam Selama di India

Yoga sudah tentu tidak bisa dipisahkan dari Ayurveda. Oleh karena itu, selama saya mengikuti kursus Ayurveda selama 6 bulan di India aktifitas keseharian tidak bisa lepas dari latihan yoga.
Sesi yoga kami lakukan di ruangan khusus yang memang diseting sebagai ruang yoga dan ruang meditasi. Pada ruangan inilah aktifitas belajar kami dimulai karena stiap pagi jam 7 pagi kami latihan yoga di ruangan ini. Sebelum melakukan sesi latihan yoga, kami juga melakukan ritual wajib setiap pagi yaitu sembahyang.
Kami melakukan latihan yoga setiap pagi dipandu oleh Dr. Varsa Santosh. Beliau adalah
direktur AVP Ayurveda Hospital dan sekaligus guru kami. Selain sebagai guru yoga beliau adalah salah satu guru yang memberikan materi Moolasidhanta. Beliau adalah orang yang sangat tegas dalam mengajar, namun dibalik ketegasannnya tersimpan kelembutan hati yang luar biasa dan jiwa spiritual beliau sangat tinggi. Terkadang jka beliau sibuk dan banyak urusan, kami melakukan yoga tanpa beliau. Bahkan menjelang kepulangan kami, sangat jarang sekali beliau memimpin sesi latihan yoga. Namun itu bukan masalah yang berarti karena kami sudah hafal semua pose yang beliau ajarkan.
Berikut saya sajikan beberapa rekaman yang bisa saya rekam pada saat latihan yoga bersama teman-teman. Keinginan untuk merekam ini timbul karena waktu kepulangan kami sudah dekat. Sebenarnya menyesal sekali tidak bisa merekam semua sesi, namun apalah daya, karena baru tersadar setelah waktu untuk mengakhiri kursus semakin dekat. Rekaman ini sekaligus sebagai memori bahwa kami pernah berada disana, menikmati rutinitas keseharian dengan diawali dengan latihan yoga, karena setiap pagi kami melakukan yoga walaupun itu hanya 2 orang yang bergabung.



Masih ada beberapa video rekaman latihan yoga yang kami lakukan, saya rasa akan lebih baik jika langsung buka channel saya di Youtube. Di sana anda akan menemukan beberapa video lainnya tentang yoga dan aktifitas lainnya.
Karena video direkam hanya dengan menggunakan kamera hp, jadi harap dimaklumi jika kualitas videonya kurang. Mohon doanya saja supaya saya bisa membeli handicam, sehingga saya bisa merekam aktifitas yoga saya di Indonesia dengan kualitas gambar yang lebih baik. Matur nuwun.

Comments