Cara Memilih Mesin Cuci Sesuai dengan Selera dan Budget yang Dimiliki

Gambar
Di jaman modern ini setiap orang memiliki kesibukan yang cukup padat sehingga tidak memiliki waktu yang cukup untuk melakukan kegiatan dasar rumah tangga, misalnya mencuci. Dengan kehadiran mesin cuci tentu hal ini sangat membantu dan meringankan beban khususnya beban ibu-ibu rumah tangga dalam mencuci. Tahu mesin cuci kan?

Vāta Doṣa (3)

Pada postingan kali ini akan kembali dilanjutkan pembahasan tentang vāta doṣa. Kali ini adalah tentang sub-tipe dari vāta.
Vāta memiliki lima sub-tipe yang disebut dengan vāta doṣa bheda. Adapun kelima sub-tipe ini adalah Prāna, Udāna, Vyāna, Samāna, dan Apāna.
VATA 3
Baiklah langsung saja kita bahas detailnya satu per satu ya…biar singkat kata singkat cerita, yang penting paham ya. Senyum
1. PRĀNA VĀTA
Lokasi atau area dari prāna adalah di murdhaga atau di area kepala. Area pergerakan dari prāna adalah dari ura (dada) menuju kantha (tenggorokan).
Prāna mempunyai tugas untuk mensuport atau mendukung aktifitas buddhi (kecerdasan), hṛdaya (dalam konteks ini hṛdaya artinya otak), indriya, citta (pikiran), dan druk (mata). Prāna melakukan fungsinya sebagai:Sthivanam (mengatur ludah/air liur), Ksavathu (bersin), Udgara (bersendawa), Nisvasa (menarik nafas), Annapravēśa (menelan makanan).
2. UDĀNA VĀTA
Lokasi dari udāna adalah pada Ura (dada). Area pergerakan dari udāna adalah dari nāsa (hidung) menuju ke nābhi (pusar) melalui gala (tenggorokan).
Fungsi dari udāna adalah vākpravṛtti (menghasilkan suara), prayatna (mengatur antusiasme), ūrja (mengatur energi), bala (mengatur kekuatan), varṇa (warna kulit), dan smṛti (mengatur memori/ingatan).
3. VYĀNA VĀTA
Lokasi dari vyāna adalah di hṛdaya (jantung). Pergerakan dari vyāna adalah bergerak di seluruh tubuh (dehachari). Vyāna didefinisikan juga dengan Krutsna Dehachari Mahajavah yang artinya bergerak dengan sangat cepat di seluruh tubuh.
Fungsi dari vyāna adalah untuk mengontrol:gati (gerakan, semua gerakan dikontrol oleh vyāna), apakshepana (membawa bagian tubuh mendekat), utkshepana (gerakan menjauhkan bagian tubuh), nimesha (membuka kelopak mata), unmesha (menutup kelopak mata)
4. SAMĀNA VĀTA
Lokasi dari samāna adalah dekat dengan agni (agni sameepastha). Yang dimaksud dengan agni disini adalah sistem pencerna makanan.
Arena pergerakan dari samāna adalah bergerak pada koṣṭha (saluran pencernaan) dan pada sakha (bagian-bagian penting lain dari tubuh).
Fungsi dari samāna adalah annamghrinati (menerima makanan), pachati (mencerna makanan), vivichayati (memisahkan antara sari makanan dan sisa pencernaan, memilah yang bagus dan jelek),
munchayati (menyerap sari makanan dan membuang yang tidak dibutuhkan).
5. APĀNA VĀTA
Lokasi dari apāna adalah di apāna (panggul). Area pergerakan dari apāna adalah pada basti (kantung kemih), medha (kelamin), uru (paha), dan vankshana (selangkangan).
Fungsi dari apāna adalah niscrama (pengeluaran) dari sukra, arthava, urine, feces, dan janin.
Bagaimana, sampai disini paham ya? kalau sudah paham, ditunggu tulisan selanjutnya…
bersambung…





















Komentar

Postingan populer dari blog ini