Memperingati Hari Raya Saraswati di India

Hari Raya Saraswati adalah hari raya peringatan turunnya Ilmu Pengetahuan atau yang disebut juga dengan Hari Pawedalan Sang Hyang Aji Saraswati. Hari Raya ini jatuh pada hari Saniscara Umanis Wuku Watugunung. Hari raya ini wajib dirayakan oleh umat Hindu, khususnya siswa-siswa dan para pengabdi di bidang pendidikan.
Karena kami kebetulan tinggal di India, kami bertanya kepada guru kami apakah di India merayakan Hari Raya Saraswati. Ternyata perayaan Hari Raya Saraswati di Indonesia dan di India berbeda waktu. Umat Hindu di India merayakan Hari Raya Saraswati pada saat Vasant Panchami, yang pada tahun 2013 ini jatuh pada tanggal 14 Februari.
Walaupun demikian, kami tetap merayakan Hari Raya Saraswati hari sabtu kemarin. Kami menyampaikan keinginan kami ini kepada guru kami, dan beliau dengan senang hari menyediakan segala kebutuhan untuk Pooja Saraswati. Pooja kami disini dipimpin oleh saudara Wayan Wyasa, dan kami yang lainnya ber-kidung agar Pooja menjadi lebih hidmat.
Kami melaksanakan Pooja Saraswati pagi hari sekitar jam 6.30. Walaupun dengan persiapan seadanya, namun Pooja yang kali lakukan lancar, bahkan guru kami hadir dalam Pooja tersebut. Berikut ini beberapa foto yang sempat diambil sebagai dokumentasi.
Menyalakan Jyotir sebelum Pooja dimulai
IMG_0800
Duduk bersama setelah Pooja
IMG_0821
Narsis bersama
IMG_0804
Dewi Saraswati
Demikian sedikit kabar dari India, tentang Pooja Saraswati yang kami lakukan disini.

Comments

  1. nice...LANJUTKAN BUNG...!!

    ReplyDelete
  2. Kegiatan yang luar biasa..... selamat merayakan Saraswati semoga Beliau menganugrahkan kecerdasan yang memungkinkan kita bisa mengerti tentang Beliau.. om tat sat..

    Salam Dari Yogya

    Gede dan Keluarga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Matur nuwun sudah mampir dan supportnya...

      Delete

Post a Comment