Cara Memilih Mesin Cuci Sesuai dengan Selera dan Budget yang Dimiliki

Gambar
Di jaman modern ini setiap orang memiliki kesibukan yang cukup padat sehingga tidak memiliki waktu yang cukup untuk melakukan kegiatan dasar rumah tangga, misalnya mencuci. Dengan kehadiran mesin cuci tentu hal ini sangat membantu dan meringankan beban khususnya beban ibu-ibu rumah tangga dalam mencuci. Tahu mesin cuci kan?

Begini Instalasi Listrik di India….

Bingung nih saya mau nulis apa…nah berhubung bingung saya coba nulis tentang bagaimana sistem instalasi listrik di India, khususnya di tempat saya tinggal.
Saya tidak tahu cara instalasinya ini lebih canggih atau lebih kuno dari cara instalasi listrik di Indonesia, karena sebagian besar instalasi kabelnya bukan di dalam tembok, tapi di luar tembok. Biar lebih jelas, lihat penampakannya aja langsung ya.
 
IMG_0706
Nah seperti gambar di atas, saklar untuk beberapa lampu terpusat menjadi satu dan penempatan blok saklar ini menonjol di dinding, jadi bukan dibenamkan di dinding. Khusus saklar yang di samping terminal colokan itu adalah saklar untuk terminal itu sendiri. Jadi terminal itu tidak akan berfungsi jika saklarnya tidak pada kondisi “on”. Lumayan keren menurut saya….
IMG_0707
Nah…seperti yang saya ceritakan di atas, masalah kabel. jadi kabelnya tidak terbenam di dinding seperti kebanyakan kita temui di Indonesia. Instalasi kabel di sini di luar dinding dengan penggunakan paralon sebagai jalur dan pelindung kabel. Gambar kedua adalah penampakannya. Kalo menurut saya cara ini adalah cara instalasi kabel di desa saya waktu listrik pertama kali masuk ke desa saya. hehe. Ya lebih rapilah daripada kabel tidak dikasi paralon.
IMG_0709
Nah…di sini, di setiap kamar dipasangi lampu berwarna, dengan dudukan seperti gambar di atas. Di Indonesia sepertinya tidak ada duduka lampu seperti ini. Unik juga menurut saya. ya ga?
IMG_0710 
Nah…gambar terakhir ini yang sangat bertolak belakang dengan Indonesia. Kalau di Indonesia lagi gencar-gencarnya lampu hemat energi, sedikit demi sedikit orang berpindah ke lampu hemat energi. Kalau di sini, setiap ruangan menggunakan lampu 40 watt seperti gambar di atas. Bisa dibayangkan bagaimana borosnya penggunaan listrik di sini.  Sangat wajar bila listrik di sini byar-pet, hampir sama dengan kondisi listrik di beberapa daerah di Indonesia.
Itulah sedikit info tentang India…semoga bisa info bermanfaat.
Salam listrik.



Komentar

  1. hahha,, selamat,,,,,,,, bener2 maunya buang banyak energi,, tp orangnya g ada yg rajin,, hohho

    BalasHapus
  2. halo...ini emang keren kelihatannya..,namun menurut saya ini tidak rapi kelihatanyan,seperti selang air..namun bisa dicontoh,jika kita tidak punya rumah yg berdiding batu bata ato batako,kita bisa pake cara ini..thanks uadah berbagi info...salam yani jogja..

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo juga. memang untuk rumah moderen tidak cocok instalasi listrik seperti ini. karena rumah moderen instalasi listrik biasanya sudah terbenam di tembok. ini cocoknya untuk rumah sederhana. terimakasih sudah mampir.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini