Aṣṭāñga Āyurveda

Namaste…
Pada postingan kali ini saya akan berbagi cerita tentang cabang-cabang āyurveda.
Āyurveda memiliki delapan cabang yang disebut dengan Aṣṭāñga Āyurveda. Kedelapan cabang ini dijelaskan dalam sloka 1.5 Astanga Hrudaya.
kāyabālagrahordhvangga śalyadamṣṭrājarāvṛṣān 5
aṣṭāvanggāni tasyāhu ścikitsā yeṣu samśritā
Arti dari sloka di atas adalah:
Kāya, Bāla, Graha, Ūrdhvāñga, Śalya, Damṣṭrā, Jarā, dan Vṛṣā adalah delapan cabang (dari Āyurveda), tempat dari treatmen (penyakit) dideskripsikan.
Pada sloka tersebut sudah dijabarkan kedelapan cabang dari Āyurveda. Berikut akan coba saya jabarkan secara singkat tentang kedelapan cabang tersebut:
1. Kāyacikitsā, adalah cabang dari Āyurveda yang fokus pada treatmen terhadap penyakit yang muncul dari gangguan aktivitas pencernaan.
2. Bālacikitsā, adalah cabang dari Āyurveda yang fokus pada treatmen terhadap penyakit yang diderita oleh anak-anak atau disebut juga dalah istilah medis dengan Paediatrics.
3. Grahacikitsā, adalah cabang dari Āyurveda yang fokus pada treatmen terhadap penyakit yang muncul akibat gangguan roh jahat, organisme phatogenic, dan bahasan utamanya adalah tentang penyakit mental atau psikiatri.
4. Ūrdhvāñgacikitsā, adalah cabang dari Āyurveda yang fokus pada treatmen terhadap penyakit pada bagian kepala termasuk penyakit mata (ophthalmology), telinga (otology), hidung (rhinology), tenggorokan (laryngology), dan gigi (dentistry).
5. Śalyacikitsā, adalah cabang dari Āyurveda yang fokus pada treatmen yang menggunakan pisau atau operasi. Śalyacikitsā juga disebut dengan Śastracikitsā.
6. Damṣṭrācikitsā, adalah cabang dari Āyurveda yang fokus pada treatmen pada penyakit yang disebabkan oleh racun (toxicology).
7. Jarācikitsā, adalah cabang dari Āyurveda yang fokus pada treatmen penyakit karena usia tua (gerientology), disebut juga dengan Rasāyanacikitsā.
8. Vṛṣācikitsā, adalah cabang dari Āyurveda yang fokus pada penyakit seksual seperti impoten, mandul, dsb.
Itulah kedelapan cabang dari Āyurveda yang disebut dengan Aṣṭāñga Āyurveda. Semoga bisa menjadi gambaran mengenai apa yang akan dipelajari jika akan memperdalam ilmu Āyurveda.

















Comments