Ardha Halāsana

Namaste…

ardhahalasanPada postingan kali ini saya akan berbagi cerita tentang Ardha Halāsana, salah satu praktek Yoga Āsana.

Dalam bahasa Sansekerta, Ardha berarti setengah, dan Hala berarti bajak. Pada posisi final pada postur ini, tubuh menyerupai bentuk setengah bajak.

Teknik āsana ini sebagai berikut:

 

  1. Tidur dengan muka punggung atau muka menghadap ke atas, tangan disamping badan dan telapak tangan menghadap ke bawah atau lantai.
  1.  
  2. Luruskan kaki dengan saling menempel dan jari kaki menghadap ke atas.
  3. Tarik nafas, tekan telapak tangan ke lantai, jangan menekuk lutut dan atau mengangkat tangan, tetapi angkat kedua kaki pelan-pelan sehingga membentuk sudut 30 derajat, kemudian 60 derajat dan sampai membentuk sudut 90 derajat.
  4. Pastikan bernafas dengan normal dan sempurna.
  5. Fokuskan perhatian pada jempol kaki
  6. Pertahankan posisi ini sampai merasa nyaman ketika menahan nafas.
  7. Keluarkan nafas, tekan telapak tangan pada lantai lagi, dan pastikan tidak menekuk lutut. Turunkan kedua kaki secara pelan-pelan, tahan selama 5 detik masing-masing ketika kaki membentuk sudut 60 derajat, 30 derajat dari lantai.
  8. Terakhir, turunkan kaki sampai menyentuh lantai dan rileks.

Keuntungan dari melakukan āsana ini adalah:

  1. Memperkuat otot-otot perut dan meringankan sembelit.
  2. Dengan melakukan rutin akan membakar kelebihan lemak pada paha,pinggang dan perut.
  3. Meningkatkan sirkulasi darah
  4. Mengencangkan otot punggung
  5. Membuat otot disekitar perut menjadi elastis.

Kontra-indikasi dan yang patut diperhatikan dari āsana ini adalah:

  1. Pertahankan pungung tetap menempel pada lantai sedekat mungkin
  2. Kaki tidak boleh bergetar/berguncang ketika melakukan āsana ini
  3. Wanita yang sedang menstruasi dan dalam masa kehamilan lebih dari 3 bulan tidak boleh melakukan āsana ini
  4. Jika anda menderita sakit punggung atau bahu yang parah, jantungan, tekanan darah tinggi dan otot lemah, anda sebaiknya tidak melakukan āsana ini atau minta bimbingan dari guru yoga yang berpengalaman.

Bagian tubuh yang menjadi perhatian dalam āsana ini adalah paha, lipatan paha, perut, dan tulang punggung.

Selamat mencoba.

 

Comments