Cara Memilih Mesin Cuci Sesuai dengan Selera dan Budget yang Dimiliki

Gambar
Di jaman modern ini setiap orang memiliki kesibukan yang cukup padat sehingga tidak memiliki waktu yang cukup untuk melakukan kegiatan dasar rumah tangga, misalnya mencuci. Dengan kehadiran mesin cuci tentu hal ini sangat membantu dan meringankan beban khususnya beban ibu-ibu rumah tangga dalam mencuci. Tahu mesin cuci kan?

Astanga Yoga | Pranayama (3)

Pranayama terdiri dari kata Prana + Ayama yang berarti pernafasan + keseimbangan, yaitu menyeimbangkan pernafasan (keluar masuknya nafas).

Pranayama adalah bagian penting lainnya dari Astanga Yoga. Prana mengacu pada kekuatan hidup atau energi yang ada dimana-mana dan dimanifestasikan di dalam pribadi kita masing-masing melalui nafas. Ayama berarti “meregangkan atau memperluas”. Prana keluar dari tubuh, dan pranayama melatih kita untuk mengatur dan prana langsung memberikan manfaat untuk mengoptimalkan fisik dan mental. Bagaimanapun juga bernafas adalah kehidupan.

Anda dapat berbulan-bulan tanpa makanan, berhari-hari tanpa air, namun hanya sebentar bisa bertahan tanpa bernafas. Bernafas mempengaruhi semua tindakan kita dan dan juga pikiran kita. Menguasai nafas anda merupakan sebuah langkah penting dalam menguasai diri anda sendiri.

Pranayama dikonotasikan sebagai nafas yang panjang dan bagaimana mengontrolnya. Kontrol ini mencakup semua fungsi dari pernafasan, yang disebut dengan:

a. Menghirup udara, yang disebut dengan puraka

b. Mengeluarkan udara, yang disebut dengan rechaka

c. Menahan nafas, yang disebut dengan kumbhaka

Dalam teks Hatha Yoga, kumbhaka juga digunakan dalam pengertian umum yang mencakup ketiga proses pernafasan yaitu menghirup, menahan, dan mengeluarkan nafas. Kumbha artinya kendi, tempat air, atau piala. Sebuah tempat air dapat dikosongkan dari udara dan diisi penuh dengan air, atau tempat tersebut bisa dikosongkan dari air dan diisi penuh dengan udara. Demikian juga, ada dua bagian dari kumbhaka yang disebut (1) ketika nafas ditahan setelah menarik nafas dalam-dalam (paru-paru penuh terisi penuh udara), dan (2) ketika nafas ditahan setelah mengeluarkan nafas dalam-dalam (paru-paru menjadi kosong dari segala macam udara). Namun yang pertama dari kedua kumbhaka ini adalah, ketika nafas ditahan setelah menghirup udara dalam-dalam, sebelum dikeluarkan, disebut dengan antara kumbhaka. Kedua, ketika nafas ditahan setelah mengeluarkan udara dalam-dalam, sebelum mulai menghirup udara lagi disebut dengan bahya kumbhaka. Antara artinya dalam atau bagian dalam, sedangkan bahya artinya luar atau bagian luar. Oleh karena itu, kumbhaka adalah interval atau waktu jeda antara menghirup dan mengeluarkan udara dalam-dalam atau antara mengeluarkan dan menghirup udara dalam-dalam. Pada kedua kumbhaka ini (antara dan bahya), nafas di tahan dan terkendali.

Pranayama adalah ilmu pernafasan. Ini adalah sebuah roda besar, dimana kehidupan berputar. “Seperti harimau, singa dan gajah dijinakkan dengan pelan-pelan dan hati-hati, begitu juga dengan prana yang harus dikendalikan dengan pelan-pelan dalam gradasi sesuai dengan kapasitas dan keterbatasan fisik seseorang. Jika tidak, maka bisa membunuh orang yang melakukannya”; demikian peringatan dari Harha Yoga Pradipika.

Prana di dalam tubuh dari individu (jivatma) adalah bagian dari nafas kosmik dari Roh yang Utama (Paramatma). Diperlukan sebuah usaha untuk menyelaraskan nafas individu (panda-prana) dengan nafas kosmik (brahmanda-prana) melalui praktek Pranayama.

 

 

Postingan Terkait:

Astanga Yoga (1)

Astanga Yoga | Asana (2)

Komentar

Postingan populer dari blog ini