Cara Memilih Mesin Cuci Sesuai dengan Selera dan Budget yang Dimiliki

Gambar
Di jaman modern ini setiap orang memiliki kesibukan yang cukup padat sehingga tidak memiliki waktu yang cukup untuk melakukan kegiatan dasar rumah tangga, misalnya mencuci. Dengan kehadiran mesin cuci tentu hal ini sangat membantu dan meringankan beban khususnya beban ibu-ibu rumah tangga dalam mencuci. Tahu mesin cuci kan?

Memanfaat PSU Bekas yang Tidak Terpakai

Hallo….kali ini saya akan berbagi tentang salah satu ide bagaimana memanfaatkan PSU (power supply unit) PC yang sudah tidak terpakai. Ok, langsung saja kita bahas.
Berawal dari keterbatasan daya listrik di rumah kontrakan saya, akhirnya mencoba untuk mengakali, bagaimana caranya agar meteran listrik tidak “down” saat pemakaian listrik penuh.
Nah kebetulan di rumah ada PSU yang nganggur dan masih normal. Akhirnya saya manfaatkanlah PSU ini sebagai sumber daya penerangan di ruang arca dan, lampu belakang dan kamar mandi. Bagaimana caranya? Ok, begini caranya:
1. Pastikan bahwa PSU yang akan dipakai menyala normal.
2. Siapkan lampu yang akan digunakan. Lampu yang akan digunakan adalah lampu led yang biasanya dipakai sebagai asesoris motor. Lampu ini memakai arus DC, sangat pas dengan output yang dikeluarkan oleh PSU.
3. Siapkan kabel sesuai dengan kebutuhan.
Kalo semua persiapan sudah, saat dioprek.
1. Agar PSU bisa dinyalakan dengan saklar, maka harus diketahui bagian kabel yang berfungsi sebagai switch PSU. Kabel yang menjadi switch adalah kabel warna hijau dan salah satu kabel yang berwarna hitam. Lihat gambar di bawah. Yang diberi blok biru tersebut adalah kabel switch.
switch
2. Kedua kabel tersebut dihubungkan dengan saklar, agar lebih mudah menyalakan PSU. Saklar yang digunakan terserah anda, tapi saya memakai seperti gambar di bawah. Kabel hijau dihubungkan dengan merah, kabel hitam dengan hitam juga.
saklar gelantungan
3. Jika sudah, maka silahkan coba nyalakan PSU-nya. Jika sudah menyala, maka selanjutnya instalasi.Anda bebas mau instalasi dimana saja, asal berdekatan dengan terminal listrik, soalnya PSU ga bakalan bisa menyala tanpa listrik. Kalau saya, PSU saya letakkan di kamar ibu saya, dibawah rak buku.  Agar lebih rapi kabel saya bungkus dengan selotip hitam.
instalasi
4. Selanjutnya menghubungkan kabel lampu dengan PSU. Kabel PSU yang dipakai adalah kabel yang berwarna kuning dan hitam. Kenapa yang kuning, bukan yang merah dan hitam? Karena lampu led membutuhkan daya 12 volt dc. Kabel kuning dayanya 12 volt dc, kabel merah 3 volt, kabel hitam adalah kabel massa. Silahkan lihat gambar contohnya. Kabel yang paling bawah adalah kabel yang menuju ke lampu, kabel atas adalah kabel molex PSU.
pasangan kabel
5. Lampu led yang digunakan adalah seperti gambar di bawah. kenapa lampu itu yang digunakan, karena menurut saya itu yang lebih terang sinarnya. Selain itu kalau anda suka dengan warna lain ada beberapa macam warna, biru, merah, kuning, dan hijau. Sesuai dengan selera. Lampu ini bisa didapat di toko-toko elektronik, harganya 8000 atau 9000 rupiah.
instalasi2
diatas adalah lampu di kamar ibu, lumayan sebagai lampu tidur oprekan
lampu diluar
di atas adalah lampu di pojok dapur, lumayan terang daripada tidak sama sekali
6. Agar hasil penerangan lebih maksimal, dalam 1 ruangan sebaiknya diisi dengan beberapa lampu. Misalnya di kamar mandi saya isi 2 lampu, di wc saya isi 1 lampu, di pojok dapur luar saya isi lampu, di ruang arca saya isi 2 lampu. 
7. Terakhir…agar lebih sedikit keren, kipas PSU yang semula berwarna hitam saya ganti dengan kipas putih dengan led biru. Blink-blink dah jadinya.
kipas diganti
Pada gambar tampak semerawut ya? Memang semerawut, karena asal jadi. Namun anda bisa melakukan lebih baik, misalnya dengan memotong kabel-kabel PSU yang tidak terpakai. Anda juga bisa memasang saklar menempel pada bodi PSU, namun saya cari cepatnya saja.
Dengan cara di atas, tidak ada lagi cerita meteran listrik di rumah saya “jeglak-jeglek” karena kelebihan beban. Karena beberapa lampu neon fungsinya sudah diambil alih oleh lampu led dan PSU nganggur.
Ok…demikian sedikit cerita bagaimana memanfaatkan PSU nganggur.

Komentar

Postingan populer dari blog ini