Membuat Database dan Tabel pada PostgreSQL

Hallo…Salam sukses…

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kembali mengenai database PostgreSQL. Pada tulisan sebelumnya saya sudah berbagi tentang bagaimana membuat menambahkan user baru pada PostgreSQL. Pada tulisan ini saya akan sharing bagaimana membuat database dan tabel di PostgreSQL. Ok..to the point aja ya:

1. Jalankan terlebih dahulu aplikasi PostgreSQL anda.

2. Kemudian klik dobel ada PostgreSQL untuk masuk ke dalam database anda. Masukkan password pada jendela yang muncul.

3. Klik kanan pada Databases, kemudian pilih New Database. Tampilannya tampak seperti ilustrasi di bawah ini.

4. Pada Properties, isi name misalnya dengan db_belajar. Pada owner pilih nama user yang akan dijadikan parent dari database ini, misalnya admin. Kemudian klik Ok.

DATABASE 1

5. Maka anda sudah memiliki database baru dengan nama db_belajar.

6. Selanjutnya adalah membuat tabel pada pada database db_belajar. Klik dobel pada database db_belajar yang sudah dibuat.

DATABASE 2

7. Klik dobel pada Schemas, klik public, kemudian klik kanan pada Tables dan pilih New Table. Maka akan muncul jendela untuk membuata tabel. Misalnya anda akan membuat tabel user dengan terdiri dari kolom id, nama, dan password. Ilustrasi seperti pada gambar di bawah ini.

DATABASE 3

8. Pada Properties New Table, name diisi dengan nama tabel yang akan dibuat, misalnya memakai nama tbuser, pada owner pilih nama user yang memiliki tabel, mislanya admin.

9. Pada Definition, Tablespace diisi dengan pg_default.

DATABASE 4

10. Nah untuk memasukkan kolom, klik pada Colums, kemudian klik Add, maka akan muncul jendela New Colum.

DATABASE 5

DATABASE 6

11. Pada jendela New Colum, Properties diisi dengan uid, Data type diisi dengan serial. kemudian pada Definition, centang pada NOT NULL, karena akan membuat primary key. Selanjutnya klik Ok. Maka kolom uid sudah terbentuk.

12. Hal yang sama dilakukan untuk membuat kolom nama dan password. Untuk kolom nama diisi dengan unama, dan kolom password diisi dengan upassword. Hanya saja perbedaanya pada Data type dan tidak mencentang NOT NULL. Kemudian klik Ok.

DATABASE 8

DATABASE 9

13. Selanjutnya adalah membuat primary key. Caranya adalah klik pada Constrain. Pilih Primary Key pada drop down di bawah dan klik Add.

DATABASE 10

14. Maka akan muncul jendela New Primary Key. Pada Properties diisi dengan pk_uid. Klik Definition dan pada Tablespace ini dengan pg_default. Klik Colum, pada drop down Colum pilih uid dan klik Add. Kemudian klik Ok dan Ok lagi.

DATABASE 11

DATABASE 12

DATABASE 13

Selamat, anda sudah berhasil membuat databse dan tabel dengan primary key di dalamnya. selamat belajar.

Comments