Tips Transaksi Online ala Jogjaspirit jika Anda Buyer

Berbelanja online sedang jadi tren ya saat ini. Di sini juga peluang penipuan sangat besar. Bahkan sudah banyak yang tertipu dalam transaksi online. Kalau saya sih belum pernah tertipu belanja online, tapi tertipu karena COD malahan sudah pernah. Pada tulisan ini saya akan berbagi sedikit tips-tips berbelanja online.

Pertama, Sebelum memutuskan untuk membeli barang yang dijual seller, sebaiknya anda cari tahu sebanyak mungkin informasi tentang seller, ada banyak cara mencari tahunya, yang paling ampuh adalah bertanya dengan “om google”. Cari sebanyak mungkin review tentang seller tersebut. Jika banyak sekali review yang berkonotasi negatif dan keluahan-keluhan terhadap seller karena penipuan atau karena lainnya, sebaiknya urungkan niat anda untuk berbelanja dari seller. Kata kunci pencarian tentang review seller bisa dengan banyak indikator, bisa dari nama, nomor hp, alamat, jenis barang yang dijual, nomor rekening bank, dan lain sebagainya.

Kedua, Jika sudah mendapat informasi review tentang seller, saatnya anda memutuskan untuk bertransaksi. Jika review positif maka anda bisa lanjutkan transaksi, jika negatif, sebaiknya jangan. Namun keputusan ini kembali kepada diri anda. Enath itu positif atau negatif, jika anda ngebet ingin membeli barang yang dijual seller, sebaiknya berhati-hati.

Ketiga, Jika sudah positif ingin transaksi, sebaiknya gunakan rekber (rekening bersama). Dengan rekber, transaksi anda sangat aman. Tugas anda adalah mencari rekber yang terpercaya. Karena ada juga rekber yang menipu. Jika seller menawarkan rekber langganannya, sebaiknya jangan langsung diterima, namun baiknya anda teliti dulu. Takutnya seller dan rekber ada kongkalikong. Sebisa mungkin anda yang mencari rekber atau rekber langganan anda.

Keempat, Jika sudah positif menggunakan rekber, dan misalkan barang sudah dikirim, sebaiknya anda konfirmasi pembayaran kepada rekber setelah barang anda terima dan sudah anda tes dan lihat secara teliti, apakah barang yang dikirim sesuai dengan pesanan anda.

Demikian sedikit tips berbelanja online ala jogjaspirit, semoga bermanfaat.  

Comments