Cara Memilih Mesin Cuci Sesuai dengan Selera dan Budget yang Dimiliki

Gambar
Di jaman modern ini setiap orang memiliki kesibukan yang cukup padat sehingga tidak memiliki waktu yang cukup untuk melakukan kegiatan dasar rumah tangga, misalnya mencuci. Dengan kehadiran mesin cuci tentu hal ini sangat membantu dan meringankan beban khususnya beban ibu-ibu rumah tangga dalam mencuci. Tahu mesin cuci kan?

Update dan Downgrade Bios AMI

Saya menggunakan mainboard ECS yang menggunakan bios AMI. Tulisan ini saya buat berdasarkan pengalaman saya melakukan update dan downgrade bios AMI pada mainboard yang saya miliki. Keinginan melakukan update bios karena maslah yang saya hadapi pada mainboard saya adalah, slot sata yang terdapat pada mainboard ECS tidak bisa berfungsi secara optimal. Jadi, dari 4 slot saya, hanya 2 yang bisa digunakan, jika saya pilih untuk menggunakan semuanya , maka akan terjadi bluescreen pada saat booting komputer. Perkiraan saya yang pertama adalah karena biosnya perlu di update, namun ternyata tidak.
Flash bios ini saya lakukan melalui Windows, bukan melalui DOS. Memang kebetuan bios AMI menyediakan fitur flash melalui windows. Yang dilakukan dalam update bios AMI ini adalah:
1. Download update bios dari website resmi mainboard yang dimiliki, dalam konteks ini karena saya menggunakan ECS maka saya mendowload bios dari website ECS. Biasanya dalam file yang di download sudah termasuk update bios, AFUWIN dan AFUDOS. AFUWIN adalah tool yang digunakan untuk melakukan update via windows, dan AFUDOS adalah tool yang digunakan untuk melakukan update via dos. Update via windows lebih meudah dilakukan daripada update via DOS.
2. Setelah itu pastikan bahwa listrik dalam kondisi stabil, karena saat update bios tidak bolh terjadi gangguan apapun, namun bagi yang sudah menggunakan UPS ini tidak jadi masalah, karena update bios pada dasarnya tidak terlalu lama.
3. Menggunakan AFUWIN tidaklah sulit, namun ada baiknya membaca manual AFUWIN terlebih dahulu. Manual biasanya bisa di download dari website resmi motherboard yang digunakan.
4. Begitu juga saat melakukan downgrade bios, pastikan bahwa bios yang didownload adalah versi bios yang lebih kecil dari bios yang digunakan saat ini.
5. Proses downgrade sama dengan update, karena tool yang digunakan sama. Saat update maupun downgrade via windows, komputer restart dengan sendirinya, jadi pastikan saat update bios tidak melakukan pekerjaan apapun selain update atau downgrade bios.
Demikianlah sedikit pengalaman saya dalam update dan downgrade bios, semoga bermanfaat.
Technorati Tags: ,,,,

Komentar

Postingan populer dari blog ini