Cara Memilih Mesin Cuci Sesuai dengan Selera dan Budget yang Dimiliki

Gambar
Di jaman modern ini setiap orang memiliki kesibukan yang cukup padat sehingga tidak memiliki waktu yang cukup untuk melakukan kegiatan dasar rumah tangga, misalnya mencuci. Dengan kehadiran mesin cuci tentu hal ini sangat membantu dan meringankan beban khususnya beban ibu-ibu rumah tangga dalam mencuci. Tahu mesin cuci kan?

Membangun Reputasi Jual Beli Online, susahkah?

Saat ini bisnis online jadi tren anak muda. saya sendiri sudah menggeluti jual beli online kurang lebih dari setahun yang lalu. Cukup menyenangkan karena kita tidak perlu memiliki toko nyata untuk memulai bisnis online. Cukup dengan bermodalkan komputer dan koneksi internet serta niat untuk melakukan transaksi. Kalau sudah niat dan ditambah dengan keyakinan yang kuat, maka apa yang anda jual pasti akan laku. Mengapa saya berani mengatakan demikian, karena saya sudah mengalami sendiri. Tapi jangan lupa doa…..karena kesuksesan hidup tidak bisa terlepas dari yang namanya doa.

Untuk eksis dalam jual beli online yang harus dilakukan sama dengan di dunia nyata, yaitu membangun reputasi. Reputasi sangat penting karena itu akan menentukan juga dari kesuksesan anda bertransaksi dengan pembeli. Malahan hukum yang berlaku di dunia maya soal reputasi bisa lebih sadis dari dunia nyata. Jika di dunia nyata anda menipu salah seorang pembeli anda, mungkin hanya orang-orang 1 kota, atau mungkin 1 desa saja yang tahu, tapi kalau di dunia maya, dalam sekejap bisa orang 1 Indonesia akan tahu dan mengecam anda sebagai penipu, bahkan bisa jadi orang seluruh dunia akan tahu. Oleh karena itu, jangan sekali-kali anda menipu dalam melakukan bisnis, baik itu online maupun offline. Karena hukum karma bekerja dalam hidup ini.

Jadi pada tahap awal anda melakukan bisnis online, bangunlah reputasi sebaik mungkin, berikan pelayanan yang baik dan lebih kepada pembeli anda. Jangan takut rugi dalam berbisnis hanya karena memberikan pelayana yang terbaik pada pembeli atau pelanggan. Dibalik kerugian itu ada kesuksesan yang menanti (ini saya memotivasi diri sendiri sebenarnya hehehe).

Untuk memulai jual beli online, apa yang harus dijual? banyak hal yang bisa dijual, namun sebaiknya memulai sesuatu yang berkaitan dengan hobi anda. Di dunia maya, Baik barang baru maupun barang seken memiliki peluang yang sama untuk laku. Bahkan barang yang sudah mati (elektronik/komputer) pun bisa laku. Menyenangkan bukan? Mengapa saya bisa bilang demikian? karena saya sudah mengalaminya.

Jual beli online sangat menyenangkan. Kita bisa mengenal banyak orang dengan berbagai karakter dan dari berbagai daerah. Apalagi jika lebih banyak bertransaksi dengan orang satu daerah, maka anda akan semakin punya banyak teman di kota anda. Jika pembeli anda adalah orang satu kota dan masih terjangkau jaraknya dari tempat tinggal, jangan sungkan-sungkan untuk mengantar barang dagangan anda, itung-itung aja untuk sekalin silaturahmi dan jalan-jalan, jadi anda juga akan semakin hafal dengan kota anda.Saya juga melakukan hal seperti ini. sekali lagi apa yang dilakukan ini adalah dalam proses membangun reputasi ya.

Jika pembelinya datang langsung ketempat anda, apalagi dari jauh, jangan berat hati untuk menyuguhkan minuman ringan, walaupun sekedar hanya air putih. Sebelum melakukan proses transaksi ajak dulu ngobrol sambil menikmati minumannya, atau mungkin sambil anda menjelaskan tentang barang yang dijual. Jangan pelit terhadap tips-tips memilih barang dan mengets barang kepada pembeli. Dengan cara demikian pembeli akan terkesan dengan sambutan anda sebagai penjual. Ini dilakukan juga untuk membangun reputasi ya... Bukan hal yang mustahil karena pembeli puas dengan sambutan dan layanan anda, ia akan datang lagi untuk membeli suatu saat nanti, atau bisa saja ia akan mereferensikan anda kepada teman-temannya. Sangat menyenangkan….

Jadi bisa disimpulkan bahwa membangun reputasi itu tidaklah sulit kalau dari sudut pandang saya, namun mempertahankannya mungkin akan lebih sulit. Jadi mulailah dari sekarang. Karena sekecil apapun hal yang anda lakukan akan besar hasilnya jika dilakukan dengan penuh ketulusan.

Apa yang saya tulis di atas adalah apa yang sudah pernah saya lakukan. jadi saya rasa perlu saya bagikan kepada pembaca sekalian, agar mungkin jika ada baiknya bisa dimanfaatkan dan diterapkan.

Mengapa saya menulis ini…karena berbagi itu indah….hehehee….salam sukses. Selamat membaca ya. kalau mau komentar….dipersilahkan….

Komentar

Postingan populer dari blog ini