Cara Memilih Mesin Cuci Sesuai dengan Selera dan Budget yang Dimiliki

Gambar
Di jaman modern ini setiap orang memiliki kesibukan yang cukup padat sehingga tidak memiliki waktu yang cukup untuk melakukan kegiatan dasar rumah tangga, misalnya mencuci. Dengan kehadiran mesin cuci tentu hal ini sangat membantu dan meringankan beban khususnya beban ibu-ibu rumah tangga dalam mencuci. Tahu mesin cuci kan?

Bagaimana Merawat PC/Komputer Anda Agar Awet dan Selalu Sehat

Apakah anda memiliki PC dirumah? Jika ya…maka anda wajib membaca tulisan ini.
Biasanya orang kebanyakan dalam menggunakan PC hanya cukup menggunakannya saja, jarang yang perduli untuk merawatnya seperti motornya misalnya. Padahal komputer atau PC juga sama dengan motor, butuh perawatan agar tetap awet dan performanya maksimal. Bagaimana caranya?
Fisik
Fisik komputer berlu juga dijaga kebersihannya sama halnya dengan motor atau badan anda sendiri. Oleh karena itu anda wajib melakukan pengecekan secara rutin terhadap fisik komputer anda. Mengapa? karena walaupun mesin komputer berada di dalam kasing, tetap saja debu bisa masuk dan menempel pada heatsink, motherboard, vga dan lainnya. Debu biasanya masuk melalui lubang-lubany yang ada pada kasing, atau melalui sedotan kipas yang menipukan udara ke dalam kasing.
Oleh karena itu secara rutin anda harus mengecek jeroan  komputer anda  dan membersihkannya jika ada banyak debu yang menempel. Apa saja yang perlu di cek?
1. Kipas, anda perlu memastikan bahwa kipas dan heatsink prosesor tidak penuh dengan debu. Jika berdebu, ada bisa membersihkannya dengan kuas.
2. Vga, anda juga harus perhatikan kipas vga apakah masih berputar dan bersih? biasanya kipas vga kalau lama tidak dibersihkan maka akan ditumpuki debu dan tidak berputar lagi.
3. Motherboard, biasanya motherboard tidak akan ditempeli debu tebal, hanya tipis-tipis saja, namun tetap saja perlu dibersihkan.
4. Power Supply, anda juga harius mengecek kipas power supply untuk memastikan kipasnya bersih. biasanya kipas power supply yang paling banyak debunya. Anda bisa membuka power supply dan membersihkan kipasnya dengan kuas.
Jika anda membersihkan jeroan komputer anda dengan kuas, maka anda memerlukan kehati-hatian yang ekstra dalam melakukannya. anda perlu berhati-hati agar saat membersihkan tidak menyenggol elco-elco atau komponen board lainnya yang bisa menyebabkan motherboard anda rusak.
Kalau menurut hemat saya, jika anda punya waktu senggang, sebaiknya anda bawa pc anda yang berdebu ke bengkel motor terdekat di lingkungan anda. Anda bisa menyemprot pc anda dengan kompresor di bengkel untuk membersihkan debu-debu. Saya sudah sering melakukan hal ini, Biasanya sebulan sekali saya melakukan ini karena komputer saya menggunakan kasing terbuka (tidak memakai penutup samping). Namun sebelum menyemprot dengan kompresor, anda harus mencoba angin yang dikeluarkan kompresor tersebut dengan menyemprotkan ke tangan atau kaki anda untuk memastikan angin yang dikeluarkan tidak disertai dengan air. Karena kompresor dengan sendirinya akan membentuk uap air yang mengendap di dasar tabungnya. Jika sudah yakin, anda bisa menyemprot komputer anda, termasuk power supply-nya.
Biasanya, setelah dibersihkan…suhu pada komputer anda akan turun minimal 2 derajat dari suhu sebelumnya…karena komputer anda bersih dan tidak ada debu yang menghalangi sirkulasi udara di dalam komputer anda, khusunya udara pada heatsink prosesor.
Demikian tips-tips dari saya, semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini