Cara Memilih Mesin Cuci Sesuai dengan Selera dan Budget yang Dimiliki

Gambar
Di jaman modern ini setiap orang memiliki kesibukan yang cukup padat sehingga tidak memiliki waktu yang cukup untuk melakukan kegiatan dasar rumah tangga, misalnya mencuci. Dengan kehadiran mesin cuci tentu hal ini sangat membantu dan meringankan beban khususnya beban ibu-ibu rumah tangga dalam mencuci. Tahu mesin cuci kan?

Hemat Listrik…..Kenapa Tidak!

Di rumahs aya menggunakan listrik dengan daya 450 watt. selama ini kebutuhan listrik di rumah saya boleh dibilang cukup besar, sampai-samapi saya harus memasang jalur tambahan dari tetangga khusus untuk listrik komputer. Jadi permasalahan yang saya hadapi sebelumnya adalah setiap saya menyalakan komputer baik siang ataupun malam selalu aja meteran listrik “jeglek”.  Asumsi litrik di rumah saya tidak kuat untuk menyalakan komputer, karena komputer saya pakai monitor crt dan tarikan psu komputer saya cukup tinggi.  Namun akhirnya saya mulai menerapkan strategi berhemat. Monitor saya ganti dengan LED, dan untuk mengatasi tarikan psu yang tinggi saya tambahkan inverator pada UPS.

Ternyata masih suka jeglek juga walaupun sudah melakukan penghematan pada komputer. Setelah saya telusuri ternyata pemanas air juga penyebab meteran jeglek, khususnya saat saya mengambil air panas, maka secara otomatis pemanas air memanaskan air kembali, saat proses memanaskan inilah mengkonsumsi listrik yang cukup tinggi. Akhirnya sampai saat ini pemanas air tidak digunakan.

Nah agar berhemat lagi, beberapa lamu saya ganti dengan yang watt-nya lebih kecil. Lampu dapur yang semula 15watt saya ganti dengan neon 8 watt, lampu kamar yang semula 25watt saya ganti dengan 8 watt juga. dan lampu lainya saya ganti dengan yang watt-nya lebih kecil. akhirnya sampai saat ini listrik dirumah saya tidak pernah “jegek” lagi, dan sambungan listrik dari tetangga sudah saya.

Tips agar bisa hemat listrik adalah:

1. hindari menggunakan lampu pijar, atau paling tidak diminimalkan

2. gunakan saja lampu neon, jika memiliki dana lebih gunakan lampu led

3. matikan lampu atau peralatan elektronik jika tidak terpakai

4. cabut charger hp jika sudah tidak terpakai

5. jangan membiarkan tv dan dvd player dalam kondisi stanby, jika tidak dipakai cabut colokan listriknya

6. intinya, jika bisa hemat listrik, maka uang anda bisa anda gunakan untuk keperluan lainnya.

Bagaimana? mudah bukan? mari mulai sekarang budayakan berhemat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini